Mempersiapkan Anak Kembali Bersekolah Setelah Pengobatan Kanker




Bagi anak, sekolah tak hanya tempat belajar, namun juga bermain dan kesempatan untuk bertemu teman-temannya. Namun, arti sekolah tidak lagi seperti itu pada anak kanker. Anak yang terkena kanker kebanyakan kehilangan kesempatannya untuk bersekolah dan bermain. Ketika pengobatan sudah selesai dan kembali ke sekolah bisa menjadi tantangan baru atau bahkan dapat membuatnya lebih nyaman.


Tetapi, sebagai orangtua pasti Anda khawatir dengan kondisi anak yang baru saja melewati pengobatan. Jangan cemas, Anda dapat melakukan beberapa hal berikut untuk mempersiapkan si kecil kembali ke sekolah. Lalu bagaimana cara membantu anak kanker beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya?


Bagaimana membantu persiapkan anak kanker untuk kembali ke sekolah?


Pada awalnya mungkin akan terasa sangat sulit untuk melepas anak kembali melakukan aktivitasnya. Namun, Anda harus ingat bahwa anak Anda juga butuh untuk beraktivitas dan hidup normal kembali seperti anak seusianya. Kembali ke sekolah adalah langkah awal untuk si kecil mendapatkan hidup yang normal.


Wajar memang Anda akan merasa khawatir, takut si kecil menjadi kelelahan, tidak dapat mengikuti pelajaran, atau bahkan dikucilkan oleh teman-temannya. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantunya beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya. Apa saja?


1. Pastikan bahwa kondisi anak Anda dalam keadaan baik


Anak mungkin terlihat sehat dan siap untuk bersekolah lagi, namun sebelumnya Anda harus memastikan jika kondisi fisik anak memang mendukung. Anda dapat menanyakan pada dokter yang menangani si kecil terkait kondisi tubuhnya dan apakah boleh kembali sekolah. Selain itu, tanyakan juga kegiatan apa yang boleh dilakukan dan dihindari.


2. Komunikasikan pada pihak sekolah


Setelah memastikan kondisi tubuh si anak, hal penting yang harus dilakukan sebelum anak masuk sekolah adalah berkomunikasi dengan pihak sekolah. Tentunya, anak Anda memiliki kebutuhan khusus dan unik, berbeda dengan teman-temannya yang lain. Sehingga, Anda perlu memberitahu wali kelas bahkan guru-guru yang lainnya tentang beberapa hal seperti:



  • Tipe kanker yang diderita anak

  • Pengobatan apa saja yang dijalani dan jadwal pengobatannya (jika masih dalam masa pengobatan)

  • Pantangan apa saja yang harus dihindari anak selama di sekolah, seperti tidak boleh mengikuti pelajaran olahraga.

  • Risiko atau gangguan kesehatan apa saja yang mungkin terjadi ketika anak berada di sekolah, seperti gejala mual, muntah, atau demam. Lalu beritahukan pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika hal tersebut terjadi


Pastikan bahwa semua guru yang terlibat dan mengajar anak, mengetahui kondisi anak Anda. Sehingga, mereka dapat membantu si kecil ketika proses belajar berlangsung.



3. Motivasi anak Anda untuk kembali bersekolah


Tidak sedikit anak kanker takut untuk kembali masuk sekolah. Hal ini karena mereka malu, tidak percaya diri, dan merasa berbeda dengan teman-temannya yang lain. Mereka juga takut dengan reaksi teman-temannya ketika melihat fisik mereka.


Anda dapat memberinya dukungan dan pengertian bahwa pihak sekolah, entah itu guru atau teman-temannya akan membantu ia ketika menjalani proses belajar. Wajar bila pada awalnya anak Anda merasa tidak nyaman, oleh karena itu di hari-hari pertama, Anda dapat menemani dan menunggunya di sekolah.


4. Mencegah kemungkinan infeksi


Anak kanker sangat rentan terserang berbagai infeksi bakteri atau virus di sekitarnya. Karena itu, pastikan bila memang teman-teman satu kelasnya tidak sedang mengalami penyakit infeksi serius, seperti campak atau cacar. 


Anda bisa meminta bantuan wali kelas atau tim kesehatan yang ada di sekolah untuk memastikan bahwa tak ada teman kelas anak Anda yang sedang mengalami penyakit tersebut. Selain itu, Anda juga dapat memakaikan masker pada anak Anda untuk menghindarinya terkena kontaminasi virus atau bakteri di sekitarnya.


0 Response to "Mempersiapkan Anak Kembali Bersekolah Setelah Pengobatan Kanker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...