5 Jenis Kanker yang Memiliki Harapan Hidup Paling Tinggi




Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang minim kemungkinan bertahan hidup. Namun dokter telah berhasil mendeteksi dini dan oleh karena itu mampu lebih mudah mengatasi beberapa jenis kanker lebih daripada yang lainnya.


Apakah kanker benar bisa disembuhkan?


Beberapa ahli menghindari penggunaan kata dapat disembuhkan, karena tidak ada yang dapat memastikan bahwa kanker akan pergi selamanya setelah perawatan. Para ahli lebih sering menggunakan kata remisi, yang berarti bebas dari kanker namun ada kemungkinan kanker dapat kembali. Pada umumnya, seseorang yang bebas dari kanker 5 tahun setelah diagnosis lebih memiliki kemungkinan bertahan yang lebih besar.


Batasan tersebut tidak berarti Anda tidak dapat meninggal akibat kanker atau Anda tidak lagi memiliki kanker dalam tubuh, namun hal tersebut menunjukkan pertanda yang baik. Kunci paling penting untuk selamat dari kanker adalah deteksi dini. Hal ini berarti Anda harus melakukan checkup rutin.


Berikut adalah 5 jenis kanker dengan harapan bertahan hidup yang lebih besar


Jenis kanker apa yang memiliki harapan hidup paling besar?


1. Kanker prostat


Persentase orang yang terbebas dari jenis kanker ini dalam 5 tahun setelah diagnosis: 98,9%


Apa yang membuat kanker prostat dapat diatasi?


Banyak tumor kanker bertumbuh dengan perlahan atau tidak bertumbuh sama sekali. Saat hal ini terjadi, tumor tidak cukup membahayakan hingga memerlukan perawatan. Banyak pria dengan kanker prostat dapat hidup bertahun-tahun tanpa masalah. Seringkali penderita meninggal akibat penyebab lain selain kanker.


Apa yang membuat kanker ini lebih sulit diatasi?


Apabila kanker menyebar (metastatis), kanker akan lebih sulit diatasi. Kemungkinan anker prostat dapat menyebar dengan cepat ke bagian tubuh yang lain tergolong kecil. Apabila hal ini terjadi, hanya 28% pria hidup 5 tahun setelah diagnosis. Kabar baiknya, dokter biasanya mendeteksi kanker prostat secara dini sebelum penyebaran.


Apakah pemeriksaan membantu?


Ada 2 cara utama untuk mendeteksi kanker prostat. Cara pertama adalah pemeriksaan rektal digital, dimana dokter memeriksa bagian bawah dengan tangan yang menggunakan sarung tangan. Tes kedua adalah tes darah yang disebut tes PSA, yang mengukur kadar protein yang seringkali lebih tinggi pada pria dengan kanker prostat. PSA dapat menunjukkan hasil dengan penyebab selain kanker prostat, beberapa kelompok medis menyarankan pria yang memiliki risiko normal untuk tidak melakukan tes ini. Bicarakan dengan dokter apakah Anda memerlukan tes. Selalu beri tahu dokter jika Anda mengalami masalah seperti kesulitan buang air kecil atau terdapat darah pada urin. Hal-hal tersebut dapat menjadi gejala dari kanker atau gangguan prostat lainnya.


2. Kanker tiroid


Persentase orang yang terbebas dari jenis kanker ini dalam 5 tahun setelah diagnosis: 97,9%


Apa yang membuat kanker tiroid dapat diatasi?


Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu pada leher yang membuat hormon untuk membakar kalori, mengendalikan detak jantung, dan lain-lain. Jenis paling umum dari kanker tiroid, papilari, tumbuh dengan perlahan. Walau tumor berukuran besar atau mulai berkembang ke jaringan sekitar, dokter biasanya dapat mengatasi penyakit ini dengan operasi pengangkatan kelenjar. Setelah operasi, pasien diberikan obat untuk menggantikan hormon yang dihasilkan tiroid.


Saat ini dokter mendeteksi kanker tiroid dengan sedini mungkin dari sebelumnya, yang mempermudah mengatasi kanker tiroid.


Apa yang membuat kanker ini lebih sulit diatasi?


Jenis penyakit yang disebut kanker tiroid anaplastik memiliki angka keberhasilan remisi hanya 7%, namun kondisi ini sangat langka.


Apakah pemeriksaan membantu?


Tidak ada rekomendasi tes pemeriksaan untuk kanker tiroid. Biasanya pasien mengetahui mereka memiliki tumor saat mereka atau dokter merasakan benjolan atau pembengkakan pada leher. Kadang dokter menemukan kondisi ini saat Anda melakukan USG untuk kondisi lain. Beri tahu dokter Anda jika Anda merasakan adanya benjolan pada leher atau memiliki gejala-gejala tertentu seperti kesulitan bernapas atau menelan.


3. Kanker testis


Persentase orang yang terbebas dari jenis kanker ini dalam 5 tahun setelah diagnosis: 95,3%


Apa yang membuat kanker testis dapat diatasi?


Pada tahap awal (saat tumor belum menyebar ke bagian lain), dokter dapat mengatasi kanker testis dengan operasi pengangakatan salah satu atau kedua testis yang memiliki tumor. Jika seorang pria hanya memiliki 1 testis yang diangkat, 1 testis lainnya akan menghasilkan hormon yang cukup untuk bereproduksi. Untuk kanker tahap lanjut, operasi dan radiasi serta kemoterapi seringkali berhasil. Obat kemoterapi cisplatin, yang diciptakan pada tahun 1970, sangat membantu menaikkan angka bertahan untuk kanker testis tahap lanjut.


Apa yang membuat kanker ini lebih sulit diatasi?


Ada beberapa perawatan yang dapat bekerja dengan baik untuk kanker testis tahap lanjut. Angka 5-tahun kelangsungan hidup untuk jenis kanker ini 73%, dan tergolong masih cukup tinggi untuk kanker tahap lanjut.


Apakah pemeriksaan membantu?


Tidak ada tes pemeriksaan untuk kanker testis. Pria harus mengunjungi dokter jika merasa ada benjolan pada testis, atau salah satu testis membesar dibanding dengan testis lainnya. Hal-hal tersebut dapat menjadi tanda-tanda awal tumor. Klik tautan berikut untuk cari tahu cara memeriksa testis sendiri untuk mendeteksi kanker testis 


4. Kanker melanoma


Persentase orang yang terbebas dari jenis kanker ini dalam 5 tahun setelah diagnosis: 91,5%


Apa yang membuat kanker melanoma dapat diatasi?


Anda biasanya dapat menyadari kanker kulit melanoma dengan kasat mata sejak tahap awal. Jika kanker belum menyebar ke bagian dalam permukaan kulit, dokter dapat mengangkatnya dengan operasi.


Apa yang membuat kanker ini lebih sulit diatasi?


Jika Anda tidak menyadarinya secara dini, melanoma lebih cepat menyebar daripada jenis kanker kulit lainnya. Begitu kanker telah memasuki bagian dalam kulit, sulit untuk diatasi. Hanya 15%-20% orang yang menyadari melanoma setelah menyebar ke bagian tubuh lain yang masih bertahan 5 tahun setelah diagnosis.


Apakah pemeriksaan membantu?


Ya. Anda dapat memeriksa kulit untuk bisul yang berukuran besar, berwarna gelap, berbentuk aneh atau menonjol. Penting untuk memeriksa bagian punggung dan kulit kepala, buah zakar, dan di antara jari-jari kaki. Lebih sulit untuk melihat melanoma pada bagian-bagian tersebut. Segera beri tahu dokter jika Anda menyadari adanya perubahan. Dokter dapat memberi tahu apakah bercak normal atau tidak. Lakukan pemeriksaan rutin dengan ahli dermatologis jika Anda memiliki risiko lebih tinggi terhadap kanker melanoma, seperti jika Anda pernah mengalaminya, atau pernah dialami oleh anggota keluarga Anda.


5. Kanker payudara


Persentase orang yang terbebas dari jenis kanker ini dalam 5 tahun setelah diagnosis: 89,4%


Apa yang membuat kanker payudara dapat diatasi?


Pengobatan modern berperan penting melawan kanker payudara. Dokter masa kini mengetahui lebih banyak dalam mendeteksi dan mengatasi kanker payudara. Kita juga lebih mengerti jauh lebih banyak tentang kondisi ini. Sebagai contoh, sekarang kita tahu bahwa kanker payudara bukanlah hanya 1 penyakit, namun beberapa penyakit. Para ahli telah menemukan berbagai pengobatan untuk mengatasi jenis-jenis kanker tertentu.


Apa yang membuat kanker ini lebih sulit diatasi?


Kanker payudara yang ditemukan dini lebih mudah diatasi dan diobati sebelum kanker mulai menyebar. Beberapa jenis kanker payudara juga lebih mudah diobati daripada jenis lainnya. Sebagai contoh, tumor payudara yang estrogen receptor positif dapat ditangani dengan obat-obatan rendah estrogen. Namun, kanker payudara triple negatif cenderung lebih agresif dan tidak merespon terhadap pengobatan.


Apakah pemeriksaan membantu?


Ya. Penelitian menemukan bahwa mammogram rutin dapat membantu Anda hidup lebih lama. Namun kelompok medis memiliki petunjuk berbeda untuk siapa dapat diberikan. Beberapa ahli merekomendasi tes pemeriksaan setiap tahun, mulai dari usia 50 tahun jika Anda memiliki risiko normal terhadap kanker payudara. American Cancer Society merekomendasi tes pemeriksaan tahunan mulai dari usia 40 tahun.


0 Response to "5 Jenis Kanker yang Memiliki Harapan Hidup Paling Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...