5 Gejala Sakit Perut yang Harus Diperiksa ke Dokter




Anda mungkin sering mengalami sakit perut. Entah karena makanan yang Anda makan terlalu pedas atau jajan di tempat yang kurang bersih. Namun, jangan sepelekan sakit perut. Jika ada keluhan lain yang Anda rasakan, maka Anda perlu waspada. Ada banyak penyakit berbahaya yang ditandai dengan gejala sakit perut.


Untuk itu, Anda perlu tahu gejala sakit perut apa saja yang perlu diwaspadai, supaya lebih cepat ditangani oleh dokter.


Kenali gejala sakit perut pertanda penyakit serius


Ada banyak organ vital yang berada di sekitar perut Anda. Mulai dari lambung, usus, empedu, dan lain-lain. Bila organ tersebut mengalami gangguan atau kerusakan sehingga tidak dapat bekerja dengan normal, pasti akan menimbulkan rasa sakit pada perut Anda. Bila Anda mengalami sakit perut disertai gejala lain, segera periksa ke dokter.


Gejala sakit perut yang tidak boleh Anda sepelekan antara lain:


1. Sakit perut atas disertai nyeri punggung atas


Nyeri perut bagian atas sekaligus punggung atas atau sekitar bahu selama beberapa jam, bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit. Apalagi jika diikuti gejala lain seperti kembung, mual, dan tubuh atau mata jadi berwarna kekuningan. Walaupun belum pasti, gejala yang Anda alami tersebut merujuk pada penyakit batu empedu.


Empedu adalah organ kecil di bawah hati. Fungsinya membantu penyerapan lemak dan meringankan kerja hati untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme, baik berupa cairan maupun gas. Saat jumlah kolesterol sangat banyak, akan ada penumpukan di dalam empedu yang terbentuk. Seiring waktu, penumpukan tersebut akan menggumpal dan memblokir saluran empedu.


Dilansir dari WebMD, penyakit ini tidak bisa dideteksi lebih awal tanpa pemeriksaan fisik dari dokter. Jadi, saat gejala muncul kemungkinan batu empedu sudah menghalangi saluran empedu. Bila Anda mengalami gejala tersebut segera periksa ke dokter; lebih cepat lebih baik.


2. Sakit perut bagian kanan bawah


Awalnya sakit perut muncul di bagian atas perut. Namun, ketika Anda bergerak rasa sakit malah berubah di bagian kanan bawah, bahkan bisa menjalar ke punggung dan dubur. Apalagi jika Anda merasakan pembengkakan pada perut, demam, mual dan muntah, serta gangguan pencernaan lainnya. Jangan menyepelekan gejala beruntut tersebut karena kemungkinan besar Anda mengalami radang usus buntu.


Usus memiliki banyak bagian dan berfungsi untuk mencerna apapun yang masuk ke dalam tubuh Anda. Bila makanan yang Anda konsumsi tidak sehat dan melukai usus buntu, organ ini bisa meradang. Kadang dinding usus buntu bisa dipenuhi nanah karena adanya peradangan. Jika tidak segera mendapat perawatan dokter, usus buntu bisa pecah dan menyebarkan infeksi ke rongga perut, menyebabkan komplikasi.


Kondisi ini sangat darurat sehingga pengobatan dilakukan dengan proses pembedahan. Untuk itu, jangan sampai Anda mengabaikan gejala yang muncul karena kondisi Anda bisa semakin parah nantinya.


3. Sakit perut bagian kiri bawah


Pada usus besar terdapat kantong-kantong yang disebut dengan divertikula. Saat divetikula meradang, maka Anda akan merasakan sakit perut di bagian kiri bawah dan semakin buruk ketika Anda bergerak. Selain itu, gejala ini sering diikuti demam menggigil, perut kembung, serta mual dan muntah sehingga nafsu makan berkurang. Gejala tersebut bisa berlangsung selama beberapa jam bahkan bertahan hingga satu minggu atau lebih. Kondisi ini dikenal dengan divertikulitis.


Penyebab divertikulitis tidak diketahui secara pasti. Namun, para dokter yakin bahwa kurang mengonsumsi makanan berserat bisa jadi penyebabnya. Tanpa serat, usus besar harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mendorong feses keluar. Proses tersebut menyebabkan adanya tekanan pada kantong usus besar. Lambat laun, terbentuk titik-titik di sepanjang usus besar dan akhirnya meradang. Kemungkinan juga, titik-titik pada kantong usus bisa meradang akibat adanya bakteri.


Gejala yang muncul pada penyakit diverkulitis juga mirip dengan penyakit lain. Oleh karena itu, dokter akan melakukan tes darah, CT scan, atau rontgen untuk menentukan penyebab sakit perut yang Anda rasakan.


4. Sakit perut disertai muntah berwarna kuning atau hijau


Sakit perut akibat gastritis bisa muncul di bagian atas tengah atau kiri atas. Rasa sakitnya bahkan menusuk hingga ke belakang, sehingga punggung juga terasa sakit. Selain sakit, perut terasa kembung, mual, dan membuat Anda muntah. Muntah yang dikeluarkan mungkin berwarna kehijauan, kekuningan, atau muntah darah.


Gejala lain yang meliputi adalah demam, detak jantung cepat, dan sesak napas serta nyeri dada jika kondisi sudah parah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Helicocobacter pylori (H. pylori) yang menginfeksi lapisan lambung Anda. Bisa juga disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang lapisan lambung, bila gastritis termasuk jenis gastritis autoimun.


Pada sebagian orang, gastritis tidak menimbulkan gejala yang cukup terlihat sehingga sering kali telat mendapatkan perawatan. Jadi, perhatikan dengan baik gejala apa saja yang terjadi selain sakit perut, supaya lebih cepat mendapat pertolongan dokter.


5. Sakit perut disertai muntah darah atau BAB berdarah


Sel kanker bisa menyerang organ tubuh Anda di mana saja, termasuk perut. Banyak orang yang tidak merasakan gejala sampai sel kanker sudah benar-benar menyebar. Pada awalnya, gejala yang muncul adalah sakit perut. Rasa sakitnya terus-menerus terjadi, bahkan lebih dari dua minggu.


Kemudian, Anda akan merasakan adanya tekanan pada perut yang membuat Anda terasa begah atau kembung. Ini menyebabkan nafsu makan menjadi berkurang. Gejala kanker perut lainnya mungkin akan bermunculan, seperti muntah darah atau bahkan feses berdarah. Bila Anda merasakan gejala ini sebaiknya segera periksa ke dokter.


0 Response to "5 Gejala Sakit Perut yang Harus Diperiksa ke Dokter"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...