Kenapa Kulit Bayi Kering dan Bersisik Bagaimana Mengatasinya




Tak hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami kulit kering. Faktanya, bayi juga bisa memilikinya. Kulit bayi kering bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bagi orangtua, hal ini bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Lalu, sebenarnya apa penyebab dari kulit bayi kering? Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan sang bayi? Bagaimana mengatasinya?


Kulit bayi kering, apa sih penyebabnya?


Sama halnya seperti kulit orang dewasa, kulit bayi bisa menjadi kering, bahkan bersisik hingga terkelupas. Apalagi, pada bayi, permukaan kulitnya masih sangat lembut dan rentan untuk terpapar lingkungan sekitarnya sehingga menyebabkan kulit menjadi kering.


Kulit bisa menjadi kering akibat kadar air yang kurang pada bagian luar kulit, yaitu epidermis. Hal ini dapat terjadi akibat berbagai hal, yaitu:



  • Lingkungan. Suhu lingkungan memengaruhi kesehatan kulit. Lingkungan yang panas dan kering dapat menyebabkan kulitnya kehilangan cairan. Namun, penggunaan pendingin ruangan (AC) juga bisa menyebabkan hal ini terjadi.

  • Salah pilih sabun. Sabun mandi yang digunakan bisa jadi penyebab kulit bayi kering. Biasanya, hal ini terjadi karena bayi Anda tidak cocok dengan sabun yang digunakan. Apalagi, jika kulit bayi Anda sensitif. Lebih baik diskusikan dengan dokter Anda jenis sabun seperti apa yang cocok untuk digunakan.

  • Masalah kulit lain, seperti eksim. Eksim juga bisa menjadi penyebab mengapa kulit bayi Anda kering dan terkelupas. Eksim adalah masalah kulit yang sering kali terjadi pada bayi dan anak-anak, yang disebabkan oleh berbagai hal, seperti alergi makanan, asma, demam, alergi lingkungan, serta riwayat penyakit keluarga.


Bila memang kulit bayi kering tidak kunjung sembuh dan kembali normal, sebaiknya segera periksakan bayi Anda ke dokter.


ciri kulit bayi sensitif


Lalu, bagaimana mengatasi kulit bayi kering?


Umumnya kulit bayi kering tidak berbahaya dan bisa kembali dengan cepat bila dirawat dengan cara yang benar. Berikut adalah cara untuk mengatasi kulit bayi kering:


Jangan memandikan si kecil terlalu lama


Hal yang paling sering menjadi penyebab dari kulit bayi kering adalah mandi atau main air terlalu lama. Memang menyenangkan bila bisa bermain air bersama bayi Anda, mungkin bayi Anda juga menyukainya. Namun, terlalu lama dan sering terkena air justru bikin kulit mudah kering.


Batasi waktu mandi si kecil sampai 10 menit saja. Gunakan air yang hangat dan sabun yang tidak mengandung terlalu banyak bahan kimia tambahan. Misalnya parfum atau pengawet.


Pakai pelembap


Setelah memandikan bayi, sebaiknya biasakan untuk memberikannya pelembap agar kelembapan kulitnya terjaga. Pilihlah produk yang aman bagi bayi Anda. Sekarang ini sudah banyak pilihan produk pelembap khusus bayi yang bisa Anda gunakan.


Berikan bayi cairan yang cukup


Tak hanya merawat kulitnya, namun Anda juga harus memastikan jika kulit bayi Anda tidak kehausan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikannya cairan yang cukup. Pastikan kalau bayi Anda sering minum air namun jika masih di bawah 6 bulan, ASI saja sudah cukup.


Berikan perlindungan pada bayi


Selain pelembab, Anda bisa menggunakan tabir surya atau sunblock khusus anak-anak. Ini agar kulit bayi tetap terjaga ketika berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung.


Lakukan perawatan setelah bermain di kolam renang atau pantai


Jika Anda mengajak si kecil bermain di pantai atau kolam renang, maka setelah bermain sebaiknya segera bilas tubuh si kecil hingga bersih. Klorin dan garam yang ada di kolam renang maupun air laut, dapat merusak kulitnya.


0 Response to "Kenapa Kulit Bayi Kering dan Bersisik Bagaimana Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...