Gerakan Bayi Dalam Kandungan
















 

Kira-kira apa saja yang dilakukan janin dalam perut?



 Trimester pertama     



Anda memang belum bisa merasakan gerakan janin. Saat ini, ia sedang bereksplorasi dengan bentuk tubuh barunya.



         0 8 minggu: Ia masih berupa bulatan seperti biji anggur sampai kepala, tangan, kaki, dan tubuhnya terbentuk.



         9 10 minggu: Bentuk kaki dan tangannya sudah mulai terbentuk namun otot-ototnya belum sempurna. Ia sedang berusaha menggerakan kaki dan tangannya, namun Anda tidak bisa merasakan.



         11 12 minggu:  Kaki dan tangannya  hampir sempurna terbentuk dan ia terus belajar menggerakan kaki dan tangannya, meski Anda belum merasakannya. Oh, ya, di akhir trimester pertama ini dengan bantuan doppler, Anda sudah bisa mendengar detak jantungnya.


 

Trimester kedua



Selamat menikmati sensasi gerakan janin. Bentuk tubuhnya sudah mulai mendekati sempurna. Ajak suami untuk ikut merasakan dan merespons  gerakannya.



         13 14 minggu: Ia mulai menggeliat dan meluruskan tubuh. Karena tubuhnya masih sangat kecil, terkadang ia asyik berputar dan bergelung. Secara samar Anda sudah bisa merasakan gerakannya.



         15 minggu:  Mulut dan jari tangannya mulai aktif bergerak. Saat USG akan terlihat ia  menghisap ibu jari tangannya. Ia pun  sudah bisa menggenggam tangannya!



         16 17 minggu : Janin terlihat tersenyum saat USG? Itu  karena otot-otot wajahnya  sudah berkembang dan sudah mulai melakukan gerakan seperti menyipitkan mata, meringis, dan tersenyum, meski itu hanya reflex semata.



         18 19 minggu : Pendengarannya sudah mulai berfungsi. Ketika Anda kaget mendengar suara keras,  Anda akan merasakan hentakan di perut yang artinya ia pun kaget. Saatnya mengajak ia berkomunikasi. Mungkin ia akan merespons suara Anda, lho.



         20 21 minggu : Beratnya mulai bertambah seperti juga Anda. Matanya sudah bias mengedip dan sensitif terhadap cahaya yang menembus dari perut Anda. Ia juga bisa cegukan karena sering menelan air ketuban secara tidak sengaja.



         22 23 minggu : Ia akan  semakin aktif bergerak yang kadang membuat Anda geli. Anda akan merasakan beberapa bagian tubuhnya mulai menonjol di permukaan perut.



         24 25 minggu : Ia mulai melakukan gerakan menendang dan jungkir balik. Volume air ketuban yang banyak ini memungkinkannya bergerak leluasa.



         26 27 minggu:  Fungsi mata dan retina janin sudah berkembang. Coba mainkan cahaya di permukaan perutnya.  Sesekali Anda akan merasakan ketika kepalanya menoleh ke arah cahaya itu berasal.



Trimester ketiga



Uuuh! Sempit. Aku sudah tidak bebas, nih, di perut Bunda. Aku mau keluar  Jika ia bisa bicara itulah kemungkinan keluhan yang akan ia lontarkan.  Gerakannya semakin lambat karena tubuhnya yang sudah besar dan berat.



          28 30 minggu: Ia sangat senang dengan sentuhan karena sensitifitas kulitnya semakin baik. Jadi, sering-seringlah mengelus perut.  Tak jarang janin akan merespons berupa gerakan.



         31 33 minggu: Gerakannya semakin banyak dan sering. Maklum, ia mulai merasakan  rahim terlalu kecil untuk dia bergerak leluasa karena tubuhnya semakin besar.



         34 36 minggu : Janin akan mulai membalikan tubuhnya ke posisi siap untuk dilahirkan. Pergerakannya  sudah terbatas. Anda pun akan mulai merasakan  kontraksi.



         37 40 minggu: Menjelang hari besar janin lahir ke dunia. Jadi,  siap-siap merasakan sensasi gerakan terakhirnya yang tak sabar untuk keluar. Bertemu dengan Ayah dan Bunda! Hadir di dunia. (DIN/PAS)

 


 




0 Response to "Gerakan Bayi Dalam Kandungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...