Diet Rendah Purin Bagi Penderita Asam Urat

Purin seringkali dianggap sebagai biang keladi dari  asam urat.  Apa sih sebenarnya purin? Benarkah membatasi purin bisa membuat hidup kita lebih sehat? 

Purin adalah bahan natural yang hadir di dalam tubuh serta dapat ditemukan juga di dalam beberapa jenis makanan. Purin biasanya akan terpecah menjadi asam urat, yang jika berada dalam jumlah berlebihan, dapat mengendap dan mengkristal di sendi-sendi dan menyebabkan terjadinya peradangan dan rasa sakit. 

Dengan menghindari berbagai makanan pemicu peningkatan kadar purin dalam tubuh, terutama bagi para penderita encok, batu ginjal maupun gangguan pencernaan lainnya, maka keseluruhan gaya hidup Anda pun akan menjadi lebih sehat.

1.Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, batasi konsumsi daging berlemak

2.Coba praktikkan diet ala Mediterania yang banyak menggunakan minyak sayuran seperti minyak zaitun serta sayuran dan buah-buahan.

3.Nikmati berbagai makanan enak dan mengenyangkan yang mengandung kadar purin yang rendah, antara lain roti, sereal dan pasta. Selain itu, konsumsi juga susu rendah lemak, yogurt, keju, kopi, telur, buah dan sayuran, kentang serta kacang-kacangan.

4.Batasi konsumsi minuman fermentasi bir, gantikan dengan anggur murni dalam bentuk wine. Bir mengandung kadar purin yang tinggi dan memiliki korelasi tinggi dengan meningkatnya produksi asam urat karena keberadaan ragi fermentasi di dalamnya. 

5.Hindari makanan dengan kadar purin yang tinggi, seperti ikan sarden (termasuk ikan sarden kalengan), hati, ikan teri, kacang polong dan kacang-kacangan yang dikeringkan serta oatmeal. Meskipun oatmeal dan kebanyakan makanan yang sudah disebutkan baik untuk tubuh, tetap batasi konsumsinya agar kadar purin dalam tubuh tetap terjaga. Selain itu, berbagai sayuran juga memiliki kadar purin yang tinggi, seperti kembang kol, bayam dan jamur.

6.Minumlah banyak air putih agar aliran air seni tetap lancer dikeluarkan dari dalam tubuh. Buang air kecil merupakan cara purin keluar dari dalam tubuh, sehingga jika tubuh tidak mengonsumsi cukup banyak air, asam urat akan semakin menumpuk. Pastikan Anda mengonsumsi setidaknya delapan gelas air atau lebih dalam sehari.

Untuk Anda yang ingin mencoba tips diet rendah kadar purin, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukannya. Jika Anda bukan penderita batu ginjal, makanan yang disebutkan banyak mengandung kadar purin justru menyimpan berbagai nutrisi yang memang diperlukan tubuh. Konsumsi juga makanan dengan kadar purin tinggi tersebut sesekali.

Namun, jika Anda memang seorang penderita penyakit batu ginjal, mempraktikkan diet rendah kadar purin adalah suatu keharusan agar penyakit tidak bertambah parah. Selalu ingat jalan masuk dan keluar purin, agar Anda turut membantu tubuh Anda yang memang sudah memiliki fungsi alami untuk memproses dan mengeluarkan purin.Utamakan gaya hidup sehat untuk menjaga agar sirkulasi purin tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya dan lancar. (AP)

Ditinjau oleh: dr. Rahajeng A.P

0 Response to "Diet Rendah Purin Bagi Penderita Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...