Cara Ajarkan Anak Melindungi Diri dari Kekerasan Seksual




Banyak hal yang kita ajarkan pada anak-anak tentang keamanan selama masa tumbuh kembangnya, dari lihat kanan-kiri sebelum menyebrang, sampai jangan ambil permen atau biskuit dari orang yang tidak dikenal. Tapi, satu hal yang terlupakan: pendidikan seks dan otoritas tubuh sendiri. Pendidikan seks bagi sebagian besar masyarakat Indonesia masih terlalu tabu untuk dibicarakan, seringnya topik ini muncul ke permukaan saat sudah terlambat.


Dilansir dari republika.com, merujuk dari data Komisi Perlindungan Anak (KPAI) tahun 2015, tercatat ada 21,6 juta kasus pelanggaran hak anak sepanjang tahun 2010-2014. Dari jumlah ini, 58 persen dikategorikan sebagai kejahatan seksual yang diikuti oleh pembunuhan.


Mengapa pendidikan seks untuk anak penting?


Belajar tentang pencegahan pelecehan seksual perlu, tapi tidak cukup untuk memastikan keamanan mereka. Pencegahan dan pengajaran adalah tanggung jawab orang dewasa. Anak-anak, tentu saja, masih sangat rentan terhadap semua jenis kekerasan karena ketidakberdayaan mereka dan ketergantungan pada orang dewasa, serta kurangnya pengetahuan mereka tentang bahaya dan cara perlindungan diri.


Anak-anak mengembangkan ketahanan diri dari dorongan orang-orang terdekat yang mereka percaya untuk mengenali kemampuan fisik dan kekayaan emosionalnya. Mereka membutuhkan bantuan untuk memperoleh keterampilan beradaptasi, bangkit dari kesulitan, dan untuk mempersiapkan diri dari tantangan yang pasti akan ia hadapi di masa depan.


Untuk mengajarkan anak secara efektif, pertama orangtua dan guru harus mempersenjatai diri sendiri dengan informasi yang tepat mengenai dampak kompleks pelecehan seksual pada anak-anak dan fakta-fakta penting lainnya.


Apa yang bisa orangtua lakukan untuk membuat anak sadar bahaya pelecehan seksual?


1. Ajarkan anak tentang anatomi tubuhnya


Pengenalan anggota tubuh harus dilakukan sedini mungkin, termasuk dengan penamaan yang tepat untuk genitalia mereka. Banyak orangtua yang memilih menghaluskan istilah anatomi tubuh seperti payudara, penis, atau vagina dengan kata-kata yang menurut mereka lebih bisa diterima. Cara ini salah.


Dengan mengajarkan anak nama-nama yang tepat untuk setiap bagian tubuh, mereka akan lebih akurat saat menceritakan apa yang terjadi pada mereka jika seseorang melecehkan mereka. Dengan menggunakan istilah anatomi yang sesuai, semua orang yang terlibat akan memahami persis apa yang anak-anak maksud guna meminimalisir kemungkinan salah tafsir. Misalnya, akan jauh lebih jelas jika seorang anak bisa melaporkan pelecehan yang terjadi dengan, orang itu menyentuh vaginaku dengan penisnya dibanding dengan jika ia mengatakan orang itu pegang burungku.


2. Ajarkan anak mengenai batasan


Prinsip yang paling utama yang harus Anda ajarkan sejak dini adalah tubuh adalah milik pribadi, bahwa setiap manusia memiliki hak untuk menentukan apa yang bisa dan akan mereka lakukan terhadap tubuhnya masing-masing, siapa yang boleh menyentuhnya, dan bagaimana orang lain menyentuh tubuh mereka. Hak setiap anak harus dijamin dan diperlakukan sama, layaknya orang dewasa.


Ajarkan pula bahwa ada area-area tertentu yang tidak boleh dilihat atau disentuh sama sekali oleh orang lain, dengan catatan, jika kondisi tubuh anak mengharuskan untuk diperiksa oleh tenaga medis, jelaskan bahwa hal tersebut boleh-boleh saja karena pemeriksaan ini berkaitan dengan kesehatannya, dan temani anak selama pemeriksaan berlangsung.


Ajarkan anak untuk menghormati tubuhnya dengan mengajarkan mereka untuk menghormati tubuh orang lain. Ajarkan anak-anak sejak dini untuk tidak melakukan apapun terhadap orang lain jika orang tersebut tidak menginginkannya. Contohnya, jika ia menggelitik Anda, atau saudaranya, terus menerus, Anda bisa dengan lugas katakan, Aku tidak mau dikelitikin. Tolong hentikan, ya. dan pastikan anak-anak Anda menghormati keputusan Anda. Mengajarkan dengan contoh akan lebih mudah bagi anak untuk mengerti.


Hormati pula keinginan mereka, dan pastikan mereka mengetahui bahwa tidak siapapun, termasuk Anda, memiliki hak untuk menyentuh mereka tanpa seizin mereka. Tanyakan pada anak sebelum menyentuh mereka, seperti, Mau mama gendong, nggak? dan jangan berasumsi segala hal tidak apa-apa untuk dilakukan. Minta izin mereka untuk berikan ciuman, jangan langsung lakukan hal tersebut. Jangan sembarangan meminta mereka untuk memberikan ciuman atau pelukan kepada orang lain jika mereka tidak mau. Ajarkan mereka untuk bisa menolak dengan sopan.


Mana sentuhan yang baik dan yang tidak baik?


Sentuhan yang baik adalah sentuhan yang bisa memberikan kita kenyamanan dan merasa dipedulikan. Jelaskan pula pada anak bahwa terkadang, sentuhan yang baik bisa saja terasa sakit, misalnya, saat membersihkan luka. Memang sakit, tapi akan membuat ia jadi lebih baik.


Sedangkan sentuhan yang tidak baik adalah sentuhan yang menyakitkan, baik secara fisik maupun emosional. Contohnya: saat seseorang memukul, mencubit, atau menendangnya.


Satu jenis sentuhan lainnya adalah sentuhan yang tidak diinginkan, yang biasanya adalah sentuhan yang baik, tapi tidak diinginkan untuk saat ini. Misalnya, diayunkan di ayunan rasanya sangat menyenangkan, tapi jika dilakukan setelah makan siang, mungkin anak Anda akan merasa pusing dan mual, makanya mereka cenderung tidak menginginkannya.


Mana yang termasuk pelecehan seksual?


Sentuhan yang termasuk pelecehan seksual sangat jelas, tidak akan membingungkan orang lain bahkan jika menggunakan istilah yang tidak lazim digunakan. Sentuhan pelecehan seksual adalah jenis-jenis sentuhan yang membuat anak-anak takut, cemas, atau gelisah di bagian-bagian tubuh privat (yang biasanya tertutup pakaian sehari-hari, termasuk baju renang). Jelaskan kepada anak bahwa sentuhan ini mungkin seperti baik, tapi terasa tidak nyaman. Jelaskan pada anak bahwa jika seseorang menyentuh mereka dan kemudian meminta mereka untuk menjaga rahasia tentang sentuhan tersebut, maka sentuhan tersebut adalah pelecehan seksual. Terangkan dengan jelas bahwa pelecehan seksual juga bisa terjadi jika mereka disentuh saat mereka menggunakan pakaian lengkap, contohnya seseorang meraba celana atau rok mereka.


Saat Anda menyentuh anak Anda, tanyakan mereka tentang arti sentuhan tersebut untuknya. Tanyakan pertanyaan seperti, Sekarang, boleh nggak aku memegang tanganmu? atau, Kalo sekarang orang lain (kakak/om/tante) pegang perutmu, boleh nggak? Coba untuk minta anak menjelaskan alasan mereka mengenai boleh atau tidaknya sentuhan tersebut.


Ajarkan anak berkata tidak


Adalah hal yang sangat umum bagi anak untuk mendengar perintah seperti, Turuti kata ayahmu! atau, Jangan bandel, kan ibu sudah bilang jangan lakukan itu!. Namun, di usia sedini itu akan sangat sulit bagi anak-anak untuk bisa membedakan mana perintah yang harus mereka turuti dan perintah yang tidak harus mereka jalankan.


Ajarkan anak bahwa mereka memiliki hak untuk menolak dan berkata tidak. Mayoritas kasus pelecehan anak dilaporkan berdasarkan paksaan dan bukan kekerasan fisik. Mengajarkan anak untuk bisa berkata tidak! dengan jelas dan tegas dapat memberikan perbedaan yang signifikan di banyak situasi.


Memang ada beberapa batasan jelas di mana anak tidak bisa berkata tidak, dan disinilah kebingungan orangtua bisa terjadi. Saat berdiskusi dengan anak, perjelas bahwa mereka bisa bilang tidak kepada siapapun yang ingin mencium mulut, menyentuh vagina, penis, dada, atau bokong mereka, atau bagian-bagian tubuh lainnya yang biasanya tertutupi pakaian. Perjelas pula bahwa mereka punya hak untuk menolak dengan keras jika orang tersebut mengatakan bahwa sentuhan ini aman dan tidak akan membuat mereka dihukum. Ajari anak untuk mempercayai insting mereka dan jika sesuatu terasa aneh, katakan tidak.


Selalu dampingi anak di kehidupannya


Sisihkan sebagian waktu Anda untuk bersama anak di mana mereka bisa mendapatkan perhatian penuh dari Anda. Pastikan kepada mereka bahwa mereka bisa curhat kapan saja mengenai segala hal yang terjadi di keseharian mereka, atau jika mereka memiliki pertanyaan tertentu, atau jika mereka merasa seseorang membuat mereka merasa tidak nyaman. Pastikan pula bahwa mereka tidak akan mendapat masalah jika menceritakan hal-hal tersebut. Banyak pelaku pelecehan yang menggunakan trik ancaman atau suap agar korbannya menjaga rahasia tentang kekerasan yang mereka alami. Dibandingkan dengan menggunakan pertanyaan tertutup, seperti, Sekolah hari ini seru?, berikan pertanyaan lanjutan yang memberikan anak kesempatan untuk mengelaborasi ceritanya, seperti, Ada lagi yang ingin kamu ceritakan ke mama?


Selalu ingatkan anak bahwa tidak apa-apa untuk berbicara dengan Anda, terlepas dari apapun topik pembicaraannya. Dan ingat, peran Anda sebagai orangtua adalah untuk selalu tepati janji dan jangan berikan hukuman saat mereka bicara jujur dengan Anda.


BACA JUGA:



  • Ansos bukan berarti antisosial, lho!

  • Orangtua sebaiknya hati-hati, dua momen penting dalam hidup ini bisa sebabkan stroke

  • Sering menidurkan anak dengan cara ini?






0 Response to "Cara Ajarkan Anak Melindungi Diri dari Kekerasan Seksual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...