9 Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Bayi




Gambar: Livestrong


Tak seperti orang dewasa, perawatan untuk bayi biasanya membutuhkan lebih banyak perhatian. Pasalnya, bayi masih sangat sensitif dan lembut sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan yang tepat. Bahkan beberapa produk yang dibuat khusus untuk bayi pun masih ada yang menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa menimbulkan iritasi atau alergi. Jika masalah ini mengganggu Anda, sudah saatnya Anda mencoba produk perawatan bayi yang alami dan bebas bahan kimia berbahaya. Minyak kelapa adalah salah satu alternatif perawatan bayi yang bisa Anda coba karena ada banyak manfaat minyak kelapa untuk bayi Anda.


Jenis-jenis minyak kelapa yang baik untuk bayi


Minyak kelapa bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari memasak, perawatan kecantikan, atau untuk dikonsumsi. Berikut adalah tiga jenis minyak kelapa yang aman untuk digunakan sebagai pengganti obat luar bagi buah hati Anda.


Minyak kelapa murni


Minyak ini diekstrak dari daging buah kelapa yang dikeringkan di bawah sinar matahari. Caranya adalah dengan menggiling dan menghancurkan daging buah kelapa kering tersebut sampai minyaknya keluar. Minyak kelapa murni tidak mengandung bahan kimia tambahan apa pun.


Virgin coconut oil (VCO)


Virgin coconut oil dipercaya memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa murni. Perbedaannya terletak pada proses ekstraksinya. VCO diambil dari santan kelapa sehingga tidak mengalami proses pengeringan dan tidak dipanaskan di bawah sinar matahari. Maka aroma VCO pun lebih segar dari minyak kelapa murni. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam VCO juga lebih kaya karena tidak melalui pemanasan.


Minyak kelapa organik


Minyak kelapa organik adalah minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) yang diekstrak dari pohon kelapa yang tumbuh secara organik. Ini berarti dalam perawatan dan pertumbuhannya, pohon kelapa tersebut tidak terkontaminasi dengan bahan kimia apa pun seperti pupuk kimia atau pestisida.


Berbagai kegunaan minyak kelapa untuk bayi


Khasiat kelapa sudah dibuktikan oleh orang-orang di seluruh dunia dan telah diwariskan turun-temurun kepada setiap generasi berikutnya. Ternyata, minyak kelapa juga aman dan bermanfaat bagi bayi. Tak hanya orang dewasa saja yang bisa menikmati kegunaan minyak kelapa.


1. Mengobati ruam popok


Hampir semua bayi pernah mengalami ruam-ruam karena pemakaian popok. Untuk mengobati ruam dan mencegahnya datang kembali, oleskan minyak kelapa pada ruam popok bayi Anda setelah mandi dan pijat dengan lembut. Minyak kelapa memiliki sifat melembapkan sehingga ruam akan lebih cepat sembuh sementara kandungan antibakterinya bisa mencegah ruam datang kembali.


2. Mengatasi sariawan


Bayi Anda bisa mengalami sariawan karena proses pemberian air susu ibu (ASI). Untuk mengatasinya dengan minyak kelapa, oleskan tipis pada puting susu ibu menyusui ketika memberikan ASI. Anda juga bisa menotolokan sedikit minyak kelapa di mulut bayi untuk mempercepat penyembuhan karena minyak kelapa memiliki fungsi antijamur yang bisa melawan sariawan.


3. Menghilangkan jerawat pada bayi


Karena kulitnya yang masih sangat sensitif, bayi Anda mudah diserang jerawat. Anda pasti bisa melihat bintik-bintik kemerahan di kulitnya. Kadang, bintik-bintik jerawat ini tampak meradang dan terasa sedikit gatal sehingga bayi Anda akan merasa tidak nyaman. Jika tidak ditangani, jerawat pada bayi Anda berisiko mengalami infeksi. Maka, gunakan minyak kelapa untuk menghilangkan jerawat pada bayi dengan menuangkan sedikit minyak kelapa pada telapak tangan Anda. Gosokkan di tangan sampai terasa hangat dan oleskan pada kulit bayi yang berjerawat. Diamkan selama beberapa jam dan bilas bersih dengan air hangat.


4. Mengobati gigitan serangga


Kulit bayi yang digigit serangga akan lebih cepat memerah, meradang, dan membengkak daripada kulit orang dewasa. Bayi Anda juga bisa jadi rewel kalau gigitan tersebut terasa panas atau gatal. Maka dari itu, segera atasi dengan minyak kelapa. Oleskan pada gigitan serangga dan diamkan selama beberapa saat atau sampai kulit tampak sembuh seperti biasa. Minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri dan anti-peradangan sehingga bisa mengobati gigitan serangga.


5. Melindungi kulit dari iritasi


Bayi Anda memang belum membutuhkan pelembap. Akan tetapi cuaca, sengatan matahari, atau suhu ruangan kadang bisa membuat kulit bayi Anda jadi kering. Jika dibiarkan, kulit yang kering akan jadi iritasi. Minyak kelapa bisa menjadi pilihan yang aman untuk melindungi kulit bayi Anda dari iritasi dengan cara mengoleskannya pada kulit bayi setelah Anda gosok-gosok di telapak tangan sampai terasa hangat.  


6. Meredakan sakit ketika gigi mau tumbuh


Saat bayi menginjak usia 4 sampai 6 bulan, giginya akan mulai tumbuh. Biasanya gigi bayi yang mau tumbuh akan menyebabkan berbagai gejala seperti gusi yang terasa nyeri dan gatal. Hal ini bisa membuat bayi Anda uring-uringan dan rewel. Jadi, segera atasi dengan minyak kelapa yang dioleskan perlahan pada gusi bayi.


7. Meredakan pilek


Minyak kelapa yang dicampur dengan minyak esensial seperti eukaliptus atau peppermint sudah berpuluh-puluh tahun digunakan sebagai balsem untuk meredakan hidung tersumbat karena pilek. Berbagai produk balsem yang tersedia di toko biasanya mengandung berbagai bahan kimia dan baunya sangat menyengat. Maka bayi Anda akan merasa lebih nyaman dengan campuran minyak kelapa dan minyak esensial yang dioleskan pada dada bayi Anda dan diamkan sepanjang malam.


8. Mengobati dermatitis seboroik (cradle cap)


Kulit kepala bayi Anda juga masih sensitif, sehingga tak jarang bayi mengalami dermatitis seboroik atau cradle cap. Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang pada orang dewasa biasanya muncul dalam bentuk ketombe. Karena minyak kelapa merupakan agen antijamur, minyak kelapa bisa mengobati dermatitis seboroik pada bayi dengan aman.


9. Merangsang pertumbuhan rambut


Jika bayi Anda mengalami masalah pertumbuhan rambut atau rambutnya sangat tipis dibanding bayi seusianya, Anda bisa mencoba menggunakan minyak kelapa. Kandungan vitamin E dan K yang kaya dalam minyak kelapa akan merangsang akar rambut agar jadi lebih kuat dan lebih cepat tumbuh. Basahi dulu rambut bayi Anda dengan air hangat dan tuang minyak kelapa pada kulit kepala bayi Anda secukupnya. Setelah itu, pijat dengan lembut dan diamkan selama setengah jam. Bilas sampai bersih dengan air hangat.


0 Response to "9 Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...