Perkembangan Bayi di Usia 31 Minggu





Perkembangan Bayi Usia 31 Minggu


Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 31 minggu?


Pertumbuhan gigi pertama bayi paling cepat ketika usianya 3 bulan, atau paling lambat pada usia 12 bulan. Meski begitu, rata-rata bayi tumbuh gigi pertama (biasanya dua gigi di bagian bawah) pada usia 4-7 bulan.


Jangan cemas bila anak Anda terlalu banyak ruang di antara gigi. Gigi biasanya muncul dari dalam gusi pada sudut yang tidak biasa dan celahnya baru bisa menghilang saat ia berusia 3 tahun.


Saat bayi mulai tumbuh gigi, si kecil mungkin akan lebih sering mengeluarkan air liur (ngeces) dan mengeluarkan suara aneh dari dalam mulut.


Secara umum, perkembangan bayi 31 minggu adalah:



  • Merangkak

  • Mengoper benda dari satu tangan ke tangan lain

  • Memegangi orang lain atau benda untuk bisa berdiri


Apa yang harus saya lakukan untuk membantu perkembangan bayi 31 minggu?


Bayi yang sedang kolokan mungkin akan membuat Anda kesulitan untuk melakukan aktivitas lainnya. Jika Anda harus pergi dan meninggalkannya rumah, sempatkan untuk memeluk bayi dan memberitahunya bahwa Anda akan pulang cepat.


Si kecil tidak akan mengerti bahwa Anda akan pulang dalam waktu cepat, tapi ekspresi Anda yang penuh cinta dan perhatian bisa menenangkan dan membantu mengurangi kegelisahannya.




Kesehatan Bayi Usia 31 Minggu


Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter di minggu 31?


Jika memang bayi Anda tidak mengalami kondisi medis serius, kebanyakan dokter tidak akan melakukan pemeriksaan kesehatan bayi pada bulan ini,.


Namun, jangan sungkan menghubungi dokter secepatnya jika Anda memiliki masalah yang tidak bisa ditunggu sampai kunjungan berikutnya.


Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 31 minggu?


Ada beberapa hal yang Anda ketahui:


1. Tumbuh gigi


Tumbuh gigi adalah proses alami yang terjadi pada bayi, sehingga jika proses itu muncul bersamaan dengan berbagai gejala yang membuat bayi menjadi tidak nyaman dan rewel, maka ibu yang harus membuatnya nyaman. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk meringankan rasa sakit yang mereka rasakan, seperti:



  • Gunakan jari Anda harus sudah bersih untuk menggosok lembut gusi bayi yang akan ditumbuhi gigi selama 2 menit.

  • Berikan mainan yang aman untuk digigit-gigit oleh bayi

  • Seiring dengan pertumbuhan gigi, maka mulai kenalkanlah bayi dengan berbagai makanan padat yang sehat.


2. Tersedak


Anak dan balita sering tersedak karena menelan benda-benda kecil saat bermain. Jika anak masih bisa batuk, menangis, berbicara dan bernapas dengan normal, artinya saluran udaranya tidak sepenuhnya tersumbat.


Jika bayi bisa batuk atau membuat suara, biarkan ia batuk untuk mencoba mengeluarkan benda tersebut dengan sendirinya. Namun, tetap awasi mereka.


Jika Anda dapat melihat objek tersebut, coba untuk mengeluarkannya dengan perlahan. Jangan menyodok tanpa arah atau berulang kali dengan jari Anda. Pasalnya, hal ini justru akan memperburuk situasi dengan semakin mendorong benda tersebut masuk ke dalam tenggorokan, sehingga semakin sulit untuk dikeluarkan.


Jika saat bayi Anda tersedak hingga ia tidak bisa bersuara, batuk, atau menangis, maka Anda harus:



  • Duduk, kemudian baringkan bayi tersebut dalam posisi tengkurap condong ke depan di gendongan Anda sedemikian rupa di atas kedua paha Anda, sehingga posisi kepalanya akan lebih rendah dari dadanya.

  • Tahan posisi bayi dari depan dengan mantap menggunakan salah satu telapak tangan Anda, usahakan agar posisi kepala tidak layu menempel di paha Anda.

  • Gunakan tumit telapak tangan Anda untuk memukul di antara kedua tulang belikat bahu anak sebanyak lima kali.


Langkah menolong bayi yang tersedak (1-3) sumber: www.webmd.com
Langkah menolong bayi yang tersedak (1-3) sumber: www.webmd.com


  • Jika benda asing tidak kunjung keluar, sangga kepala bayi dan balikkan posisinya menghadap Anda sambil tetap menjaga posisi kepala lebih rendah dari dadanya.

  • Tempatkan 2-3 jari Anda di bawah garis puting dan tepat di atas tulang dada, kemudian berikan sentakan dada sebanyak lima kali dengan cepat.


Langkah menolong bayi yang tersedak (4-5) sumber: www.webmd.com
Langkah menolong bayi yang tersedak (4-5) sumber: www.webmd.com



Yang Harus Diperhatikan


Apa yang perlu diwaspadai pada perkembangan bayi 31 minggu?


Jangan memaksakan bayi untuk melakukan sesuatu yang tidak dikehendakinya. Di usianya sekarang ini, bayi Anda sedang aktif-aktifnya. Jadi, biarkan bayi bergerak sesuka hatinya. Namun ingat, Anda tetap harus mengawasinya.


Jangan lupa, perhatikan pula asupan makannya. Pasalnya, makanan yang mengandung nutrisi baik berperan penting dalam perkembangan fisiknya. Anda harus selalu menyediakan asupan nutrisi dan mineral yang cukup guna meningkatkan energinya supaya ia bisa leluasa bergerak sesuka hatinya.


Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-32?







0 Response to "Perkembangan Bayi di Usia 31 Minggu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...