5 Kiat Mengobati Lutut Sakit Ala Rumahan yang Mudah Diterapkan




Lutut tersusun dari berbagai macam sendi dan tulang yang mempermudah pergerakan kaki. Itulah mengapa ketika sedang mengalami nyeri lutut, entah karena sendi yang meradang atau keseleo, Anda jadi kesulitan untuk berjalan apalagi berlari. Nah, sembari Anda mendapatkan perawatan medis yang tepat, ada berbagai cara mengobati lutut sakit yang bisa dilakukan di rumah.


Berbagai pilihan cara mengobati lutut sakit di rumah


Perawatan untuk lutut yang sakit sebenarnya tidak bisa sembarangan. Jika kasusnya tergolong cukup parah, maka pengobatan medis merupakan jalan tempuh yang terbaik. Sebaliknya, bila penyebab nyeri lutut masih termasuk ringan dan tidak terlalu berbahaya, Anda bisa memulihkan kembali fungsi lutut dengan menerapkan perawatan rumahan sederhana.


Berikut sederetan cara yang bisa Anda lakukan:


1. Pakai bantal kompres panas atau dingin


kompres dingin


Kompres panas maupun dingin memang lebih banyak sering digunakan untuk mengatasi nyeri pada pinggang atau punggung. Namun cara ini juga aman digunakan untuk membantu meredakan rasa sakit pada lutut dan area di sekitarnya.


Alasannya karena efek suhu panas mampu melemaskan otot dan sendi pada lutut sehingga dapat mengurangi kekakuan yang menyebabkan rasa sakit. Sementara sensasi dingin dari kompres es bisa meredam pembengkakan, peradangan, serta rasa nyeri.


Anda bisa menggunakan kompres panas dari heating pad, ataupun kompres dingin dari es batu yang telah dibungkus kain secara bergantian.


2. Pakai bahan-bahan alami


mengatasi kulit terbakar matahari


Sebuah penelitian yang dimuat dalam Pakistan Journal of Biological Sciences, menemukan hasil bahwa salep yang mengandung bermacam-macam bahan alami dari kayu manis, jahe, minyak wijen, dan damar wangi memiliki efek pengobatan yang tidak jauh berbeda dengan salep atau krim pereda nyeri yang dijual bebas.


Cara pengobatan lutut sakit lainnya bisa Anda gunakan bahan alami yang diolah sendiri. Ambil contoh, teh yang dibuat dari jahe atau akar jahe itu sendiri. Uniknya, penelitian dari New England Journal of Medicine, membuktikan bahwa kandungan alami dari jahe yang dikombinasikan dengan obat resep dari dokter, mampu mengurangi sakit lutut akibat radang sendi.


Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan manfaat dari minyak esensial. Ya, minyak esensial yang mengandung jahe dan jeruk bisa dipakai sebagai minyak dasar pijat guna membantu mengurangi rasa sakit sekaligus meningkatkan kembali fungsi lutut karena osteoarthritis.


3. Melakukan latihan kekuatan


senam aerobik di air


Sedang mengalami sakit lutut, bukan berarti Anda harus menghindari aktivitas fisik. Melakukan aktivitas yang melibatkan gerak lutut akan membantu menjaga kesehatan jaringan tulang rawan, sekaligus memperkuat otot dan sendi pada lutut.


Dengan catatan, kegiatan yang Anda lakukan masih termasuk ringan sehingga tidak akan memberatkan kerja lutut. Sebagai permulaan, Anda bisa mengawalinya dengan senam aerobik yang dilakukan di air. Olahraga ini turut melibatkan banyak otot-otot dalam tubuh, tapi tidak memberikan tekanan yang terlalu berat pada lutut.


Atau pilihan lainnya sebagai cara mengobati lutut sakit, bisa melalui latihan sederhana di rumah. Misalnya dengan melakukan posisi duduk dan bangun secara berulang-ulang selama sekitar 60 detik. Tidak perlu terlalu cepat, yang penting Anda mampu mengendalikan gerakan tersebut dengan baik.


4. Memberikan pijatan ringan



Saat lutut sedang dilanda rasa nyeri, memberikan sedikit pijatan ringan dinilai bisa membantu menurunkan tingkat kesakitannya. Sebagai langkah aman, American Massage Therapy Association (AMTA) merekomendasikan cara mengobati lutut sakit dengan pijatan yang tepat:



  • Anda harus melakukannya dalam posisi duduk sembari meluruskan kedua lutut dan kaki.

  • Kepalkan kedua tangan, lalu ketuk perlahan bagian paha atas, bawah, dan tengah. Ulangi hal ini sebanyak 10 kali.

  • Selanjutnya gunakan empat jari (kecuali jari jempol) untuk menepuk lutut secara perlahan ke atas dan bawah. Lakukan sebanyak 5-8 kali ke seluruh bagian lutut.

  • Letakkan telapak tangan tepat di atas paha, lalu pijat bagian paha, lutut, lalu kembali lagi ke paha, secara perlahan sembari memberikan sedikit tekanan.


Secara keseluruhan, memijat bagian paha dengan tekanan sedang dapat memberikan efek positif bagi lutut.


5. Terapkan istirahat dan perlindungan yang tepat bagi lutut


mengingat mimpi


Yang terpenting dari semua pengobatan untuk meredakan lutut sakit adalah dengan memberi perlindungan pada lutut untuk mencegah terjadinya cedera dan rasa sakit yang lebih parah. Tak hanya itu, Anda juga dianjurkan untuk mendapatkan istirahat yang cukup guna mempercepat proses penyembuhan seluruh jaringan di lutut dan sekitarnya.


Perlu diingat, istirahat bukan berarti Anda harus menghentikan kegiatan harian seperti biasanya. Hanya saja, mengurangi dulu melakukan aktivitas yang cenderung berat untuk sementara waktu sampai fungsi lutut telah pulih kembali.


0 Response to "5 Kiat Mengobati Lutut Sakit Ala Rumahan yang Mudah Diterapkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...