3 Cara Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan




Dari serum wajah, krim pelembap, hingga facial sengatan lebah dan masker plasenta, industri kecantikan terus menerus berinovasi dengan beragam produk yang menjanjikan dapat membantu wanita mendapatkan penampilan awet muda. Belakangan ini, makin banyak brand kecantikan ternama yang menggunakan air beras dalam produknya. Manfaat air beras bagi kecantikan, terutama dalam mencegah penuaan, memang sudah lama dikenal. Namun, daripada membeli produk mahal, kenapa tak gunakan air beras sendiri saja di rumah?



Bukti sains dan manfaat air beras untuk kecantikan


Beras diperkaya oleh vitamin E dan memiliki sifat perbaruan sel dan jaringan. Beras juga tinggi akan kandungan asam linoleat, asam lemak omega-6 esensial yang membantu proses penyembuhan luka dan elastisitas kulit, squalene juga ditemukan dalam minyak hati ikan hiu, serta bayam dan zaitun yang diperlukan untuk sintesis berbagai hormon tubuh, dan vitamin D.


Penelitian terbitan Journal of Cosmetic Chemists (SCCJ) tahun 2010 menemukan bahwa air beras menunjukkan sifat perawatan rambut, seperti menurunkan gesekan permukaan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut. Air beras mengandung inositol, karbohidrat yang menyembuhkan kerusakan rambut juga sekaligus melindunginya lebih lanjut dari potensi kerusakan. Teknik pencitraan khusus menunjukkan bahwa kandungan inositol akan terus menetap dalam rambut bahkan setelah pembilasan, yang menawarkan perlindungan yang berkelanjutan dan efek mempercantik penampilan rambut.


Membilas atau mencuci rambut Anda dengan air beras akan meningkatkan kemudahan mengelola rambut dan melindunginya dari kerusakan di masa depan. Selain itu, asam amino dalam air beras menguatkan akar rambut, menambah volume dan kemilau, dan bahkan membuat rambut mulus dan tidak kusut. Khasiat kecantikan rambut dari air beras ini menjelaskan bagaimana wanita suku Yao di barat daya Cina dan wanita Jepang periode Heian bisa memiliki rambut dengan panjang mencapai dua meter yang tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.


Tidak terbatas hanya pada rambut, air beras juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Beras mengandung antioksidan alami seperti vitamin C dan A, fenolik, dan senyawa flavonoid, yang dapat meminimalkan kerusakan radikal bebas dari usia, matahari, dan lingkungan. Selama jejak-jejaknya masih tertinggal di dalam kulit, air beras bahkan diyakini menawarkan perlindungan ringan dari sinar matahari. Beras juga memiliki sifat yang membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mencegah atau memudarkan bintik-bintik hitam terkait usia, dan meringankan peradangan untuk memberikan tampilan kulit sehat, melembapkan dan mencerahkan kulit.


Berkat efek pendinginan dan menenangkan dari beras pada kulit, air beras sering diresepkan sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan kulit yang meradang. Penelitian terbitan NCBI menunjukkan bahwa menggunakan air rendaman beras terbukti efektif memperbaiki lesi kulit kering akibat dermatitis atopik.


Air beras berbeda dengan air cucian beras


Mungkin Anda pernah mendengar bahwa air bekas Anda mencuci beras adalah air beras, tapi itu tidak sepenuhnya benar. Anda bisa saja menggunakan air tersebut, namun manfaatnya tidak akan persis sama seperti jika Anda menggunakan air bekas rebusan beras (yang bisa diperoleh saat Anda menanak nasi putih untuk teman lauk makan siang).


Cara menggunakan air beras untuk kecantikan


Untuk menggunakan air beras, kukus beras seperti biasa. Hanya saja, tambahkan sedikit air lebih banyak dari yang diperlukan untuk proses penyerapan. Anda dapat menggunakan air minum botolan atau air suling dari keran. Jangan tambahkan garam atau gula. Yang kita perlukan adalah sari pati beras, bukan bahan-bahan tambahan lainnya. Kukus beras hingga tanak, selama 20-30 menit, sampai air rebusan terlihat berwarna putih susu.


Ketika waktu memasak selesai, saring kelebihan air dan biarkan mendingin. Penting untuk diingat, selalu dinginkan air beras setiap kali Anda membuat kloter baru dan sebelum menggunakannya langsung pada kulit, karena suhu panas air mungkin akan membakar atau menyebabkan ruam kemerahan pada kulit.


Sekarang, Anda memiliki air rebusan beras segar. Apa yang dapat dilakukan dengan air tersebut?


1. Toner kulit


Air rebusan beras merupakan alternatif toner wajah yang sangat baik karena kandungan nutrisi di dalamnya efektif membantu menjaga kulit tetap halus dan cerah berseri. Air rebusan beras favorit para Geisha Jepang ini juga membantu menyembuhkan jerawat dan mendinginkan kemerahan yang diakibatkan infeksi jerawat. Air beras bertindak sebagai astringent kulit untuk mengencangkan pori-pori.


Rendam kapas secara menyeluruh dalam air beras dan oleskan merata di seluruh wajah Anda (khususnya pada area yang bermasalah, seperti jerawat atau eksim), pagi dan sore hari. Tidur malam setelah mengoleskan toner air beras segar dipercaya  meningkatkan manfaatnya. Biarkan wajah Anda kering secara alami.


2. Kondisioner rambut


Sebagai perawatan rambut, air rebusan beras dikatakan sangat mengkondisikan dan melembutkan rambut sehingga lebih mudah dikelola dan tampak lebih sehat. Setelah keramas dan mengaplikasikan kondisioner seperti biasa, bilas rambut secara menyeluruh dengan air beras dalam jumlah besar sebagai langkah terakhir. Gunakan air beras sebagai pembilas rambut 1-2 kali seminggu untuk hasil terbaik.


3. Masker rambut


Untuk mendapatkan rambut halus mengkilap tanpa takut kusut, gunakan air rebusan beras sebagai masker rambut mingguan Anda. Bilas rambut bersih dengan air beras, pastikan benar-benar menyerap di setiap helai rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 20 menit sebelum membilas dengan air bersih. Kemudian, lanjutkan dengan shampoo dan kondisioner seperti biasa.


Air beras juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh


Air rebusan beras sama bergizinya dengan nasi itu sendiri, dan banyak kebudayaan Asia yang bersumpah akan manfaat kesehatan dan umur panjang dari konsumsi nasi. Oleh karena itu, banyak orang yang juga percaya bahwa meminum air rebusan beras dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.


Beras dianggap bagus untuk kesehatan otak dengan merangsang produksi neurotransmiter tertentu yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Enzim neuroprotektif di otak juga dirangsang oleh konsumsi beras yang membantu membentengi sel-sel otak dari kerusakan radikal bebas. Enzim ini juga dapat mencegah racun lainnya dari melukai otak, sehingga menangkal kemungkinan kerusakan otak lainnya, seperti demensia.


Meskipun tidak banyak bukti penelitian valid, air rebusan beras dikatakan mampu memberikan dorongan energi, membantu dengan masalah perut seperti kembung atau sembelit  membantu melindungi tubuh dari sinar matahari, juga mengatur suhu tubuh. Satu studi dari Lancet menemukan air rebusan beras membantu mencegah dehidrasi dan sama efektifnya dengan larutan elektrolit. Studi-studi lain telah mendukung fakta bahwa air ajaib ini merupakan pengobatan yang efektif untuk diare.


Namun, tampaknya manfaat terbesar dari air rebusan beras terletak pada manfaat kecantikan kulit dan rambutnya. Air beras adalah alternatif perawatan kecantikan murah dan sederhana yang patut untuk Anda coba.


0 Response to "3 Cara Memanfaatkan Air Beras Untuk Kecantikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...