6 Vitamin dan Mineral yang Menjaga Anak Agar Tak Gampang Sakit




Apakah si kecil sering mengalami flu, batuk, atau bahkan penyakit infeksi lainnya? Tentu, jika sang buah hati sedikit-dikit sakit, pasti orangtua merasa was-was dan khawatir. Kalau ini terjadi pada anak Anda, mungkin disebabkan karena sistem imun si kecil lemah.


Jangan cemas, Anda bisa kok, membuat sistem imun si kecil menjadi lebih kuat. Anda bisa memberikan sang anak makanan yang mengandung vitamin serta mineral yang baik untuk sistem imunnya. Lalu, apa saja vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak agar tidak mudah diserang penyakit?


Berbagai vitamin dan mineral yang ampuh tingkatkan sistem imun anak


Bisa dibilang sistem imun adalah sistem pertahanan manusia terhadap virus, bakteri, jamur, parasit, dan zat asing lain yang menjadi sumber penyakit. Jadi, ketika sistem imun menurun, maka semua sumber penyakit tersebut akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh.


Tapi tenang, Anda bisa kok, membuat sistem imun sang buah hati menjadi lebih kuat dengan memberikannya vitamin serta mineral berikut ini.


1. Vitamin C


Kalau Anda pernah dengar, vitamin C sering kali disebut sebagai antioksidan. Ya, zat antioksidan di dalam tubuh berperan penting dalam menguatkan sistem imun. Dalam beberapa teori disebutkan jika vitamin C dapat mencegah terjadinya proses radikal bebas yang mampu bikin sel-sel tubuh rusak.


Selain itu, kemampuan vitamin C yang telah diakui lainnya adalah membantu merangsang produksi sel darah putih sel yang menjadi pasukan dalam sistem imun. Anda dapat menemukan vitamin C di dalam buah-buahan seperti stroberi, jeruk, mangga, dan kiwi.


2. Vitamin E


Hampir mirip dengan vitamin C, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh anak dari zat asing yang bersifat merusak. Dalam sebuah penelitian, diketahui kalau vitamin E ini bisa meningkatkan kerja sel B dan sel T yang tubuh gunakan sebagai pasukan di dalam sistem imun. Vitamin E bisa Anda dapatkan dari sayuran yang berdaun hijau dan kacang-kacangan.


3. Vitamin A


Vitamin A tak cuma baik untuk kesehatan mata, tapi juga punya fungsi dalam sistem imun tubuh. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan anak mengalami diare, masalah kulit, dan penyakit infeksi lainnya. Makanan yang mengandung vitamin A tinggi yaitu hati sapi, daging sapi, wortel, dan bermacam-macam sayuran berwarna kuning dan oranye.


fungsi vitamin A


4. Vitamin B


Vitamin B banyak macamnya, namun sebagian besar vitamin ini memiliki fungsi penting dalam sistem imun tubuh. vitamin B yang telah terbukti berperan dalam kekebalan tubuh adalah vitamin B12, asam folat, dan vitamin B6. Asam folat sendiri, disebutkan di sebuah studi jika anak yang kurang asam folat, cenderung mudah terkena penyakit infeksi.


Sementara, vitamin B12 mempunyai kemampuan untuk membuat sel darah putih bekerja lebih baik dalam melawan zat asing. Vitamin B banyak ditemukan di makanan sumber protein hewani, seperti ikan, daging sapi, dan daging ayam. Selain itu, beberapa vitamin B juga terdapat di kacang-kacangan, contohnya kacang kedelai.


5. Zinc


Zat mineral ini memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan si kecil. Tak hanya itu, zinc telah terbukti dalam sebuah penelitian, memiliki kemampuan untuk meningkatkan respon sistem imun dan menurunkan risiko peradangan di dalam tubuh. Dalam makanan, zink ditemukan di dalam daging sapi, daging ayam, susu, kerang, dan beberapa kacang-kacangan.


6. Zat besi


Pada sistem kekebalan tubuh, zat besi memiliki tanggung jawab untuk mengaktifkan sel B dan sel T yang berperan sebagai penyerang zat-zat asing. Tak hanya itu, zat besi juga ampuh dalam menurunkan risiko serta tingkat peradangan yang terjadi di dalam tubuh, sehingga si kecil terhindar dari penyakit infeksi.


Tidak susah kok untuk menemukan zat besi di dalam makanan. Anda bisa mendapatkannya dari hati sapi, daging sapi, daging ayam, dan beberapa jenis sayuran seperti bayam dan sayur berdaun hijau tua lainnya.


0 Response to "6 Vitamin dan Mineral yang Menjaga Anak Agar Tak Gampang Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...