5 Teknik Menenangkan Bayi Menangis yang Sudah Terbukti Ampuh




Menangis merupakan cara alami bayi untuk menyampaikan rasa tidak nyaman atau tanda ia membutuhkan sesuatu. Namun sebagai ibu baru, Anda mungkin kebingungan ketika bayi menangis terus. Jangan khawatir. Beberapa teknik di bawah ini bisa Anda lakukan untuk menenangkan bayi yang menangis.


Bayi menangis terus? Tenangkan dengan lima teknik ini


1. Bedong bayi Anda


Berada dalam bedongan bisa mencegah tubuh bayi gemetaran, sehingga membuatnya merasa lebih aman dan nyaman. Di samping itu, cara ini juga bisa membantu bayi tertidur lebih tenang dan nyenyak.


Jika Anda ingin membedong bayi pastikan Anda tahu bagaimana cara yang benar. Terlalu erat membedong bayi bisa menyebabkan merusak persendian kaki bayi, bahkan hingga merusak tulang rawan dari rongga pinggul yang mengarah pada hip dysplasia, yaitu gangguan pembentukan sendi pinggul ketika tulang paha terlepas dan tidak berada tepat di rongga pinggul. Tidak hanya itu, membedong bayi terlalu kencang juga bisa membuatnya sulit bernapas dengan baik.


2. Posisikan bayi meringkuk


Di dalam rahim, bayi menghabiskan sebagian besar waktunya dalam posisi meringkuk. Nah, itu sebabnya menggendong atau membaringkan bayi dalam posisi meringkuk bisa membuat bayi merasa lebih nyaman. Posisi ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh, tepatnya di bawah lengan Anda. Perlu diketahui, meletakkan bayi Anda dalam posisi seperti ini, hanya dilakukan jika ia terus-menerus menangis. Sementara dalam kondisi biasa, selalu letakkan bayi Anda dalam posisi telentang.


3. Bisikan suara sshhh..


Kebanyakan orang tua pasti sering mengeluarkan suara sshhh.. sambil mengusap atau menepuk punggungnya saat bayi menangis terus. Ternyata menangkan bayi dengan cara ini bukan hanya sekadar kebiasaan turun-temurun yang tidak ada artinya.


Pasalnya, membisikkan suara sshhh.. tepat di telinga bayi bisa membuat mereka lebih tenang dan nyaman. Hal ini karena suara sshhh.. mirip dengan suara ketika bayi berada di dalam rahim. Pastikan suara sshhh.. yang Anda hasilkan lebih kencang dibandingkan dengan tangisan si kecil; agar bayi Anda bisa mendengar suara tersebut dengan jelas.


4. Mengayunkan bayi


Gerakan berirama seperti mengayun atau menggoyangkan bayi secara konstan akan mengingatkan ia ketika masih di dalam perut Anda. Jika semakin kencang tangisan bayi, maka Anda harus semakin kuat pula mengayunkannya. Namun ingat, Anda harus berhati-hati ketika mengayunkannya. Selagi mengayun bayi, Anda bisa menyanyikan lagu dengan tempo lambat dan suara lembut. 


5. Sentuhan lembut


Sentuhan bisa merangsang perasaan nyaman di otak bayi. Itu sebabnya, jangan pernah meremehkan kekuatan sentuhan Anda untuk membuat si kecil merasa lebih nyaman. Meski begitu, bayi Anda juga terkadang membutuhkan lebih dari sekedar sentuhan untuk membuatnya nyaman, seperti menepuk-nepuk punggungnya atau memijatnya dengan lembut.


6. Biarkan ia mengisap sesuatu


Mengisap dot, jari, ataupun puting adalah salah satu cara untuk menenangkan bayi yang menangis terus. Akan tetapi pastikan ini merupakan langkah terakhir yang Anda lakukan apabila beberapa cara yang sudah disebutkan di atas tidak manjur. 


Yang harus diperhatikan ketika bayi menangis


Menangis merupakan cara alamiah bayi untuk berkomunikasi dan menyampaikan rasa tidak nyaman atau membutuhkan sesuatu. Sebagaian besar bayi menangis karena mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. 


Selama 9 bulan bayi terbiasa dengan suasana rahim. Adanya cahaya, warna, tekstur, suara, juga sensasi-sensasi baru seperti rasa lapar atau akan terasa sangat mengganggu bagi mereka. Nah oleh karena itu, menciptakan sensasi yang menyerupai kondisi di dalam rahim merupakan cara terbaik untuk menenangkan bayi menangis.


Namun jika bayi menangis terus menerus walaupun Anda telah berusaha menenangkan dengan berbagai cara yang sudah disebutkan di atas, jangan ragu untuk menghubungi dokter anak. Terutama apabila Anda juga mengamati beberapa tanda atau gejala yang aneh pada bayi Anda.


0 Response to "5 Teknik Menenangkan Bayi Menangis yang Sudah Terbukti Ampuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...