Elektronistagmografi

Elektronistagmografi



Definisi

Apa itu elektronistagmografi?


(ENG) adalah sebuah metode yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa pergerakan mata dan nistagmus, gerakan ritmik tanpa kontrol pada mata akibat tremor kecil yang cepat dan tidak terkendali. Prosedur ini juga akan memeriksa otot-otot pergerakan mata. ENG akan menguji seberapa baik kondisi mata, telinga bagian dalam, dan otak dalam membantu koordinasi keseimbangan Anda (seperti saat Anda beranjak berdiri usai berbaring).


ENG dilakukan untuk membantu memeriksa adanya kemungkinan cedera atau masalah pada telinga dalam, otak, atau saraf-saraf yang menghubungkan keduanya. Gangguan ini dapat mengakibatkan keluhan pusing, vertigo, atau hilang keseimbangan.


Nistagmus biasanya terjadi saat kepala digerakkan. Tetapi, jika nistagmus terjadi setiap saat dan tidak menghilang, mungkin disebabkan oleh beberapa kondisi yang memengaruhi telinga dalam, otak, atau saraf yang menghubungkan keduanya.


Selama prosedur ENG, sejumlah elektroda akan ditempelkan di area sekitar mata untuk merekam pergerakan mata. Pergerakan ini akan dipantulkan pada kertas grafik. Mungkin akan dilakukan beberapa kali tes.


Kapan saya harus menjalani elektronistagmografi?


ENG dilakukan jika Anda melaporkan keluhan adanya periode pusing yang tidak dapat dijelaskan, vertigo, atau hilang pendengaran. Kondisi lain yang memungkinkan dilakukannya prosedur ini adalah neuroma akustik, labyrinthitis, sindrom Usher, dan penyakit Meniers. Jika luka lesi terdeteksi, ENG dapat mengidentifikasi lokasi awalnya.


Mungkin terdapat alasan-alasan lain bagi dokter Anda untuk merekomendasikan ENG.


Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani elektronistagmografi?


Di beberapa klinik, Anda tidak dapat melakukan ENG jika Anda menggunakan pacemaker, karena alat electronystagmografi akan memengaruhi kinerja pacemaker. ENG tidak dapat mendeteksi beberapa masalah pada telinga dalam, hasil uji normal bukan berarti tidak adanya gangguan pada telinga dalam. Untuk memeriksa penyebab hilang pendengaran atau tinnitus, tes lain seperti tes audiometri atau auditory brain stem response (ABR) dapat dilakukan. Jika ada tumor atau stroke yang dicurigai di bagian tertentu pada otak Anda, CT scan atau MRI dapat dilakukan untuk mengonfirmasi diagnosis tersebut.


Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani elektronistagmografi?


Informasikan semua obat-obatan yang sedang Anda konsumsi, termasuk obat-obatan pencer darah seperti warfariin, clopidigrel, dan aspirin. Anda mungkin akan dianjurkan untuk berpuasa beberapa jam sebelum prosedur dan kafein atau alkohol selama 24 48 jam menjelang prosedur ENG. Dokter juga mungkin akan menganjurkan Anda untuk menghentikan sementara penggunaan obat-obatan sedatif, bius, atau anti-vertigo sebelum prosedur. Pagi hari sebelum prosedur, bersihkan telinga dari kotoran berlebih. Jika Anda menggunakan alat bantu pendengaran atau kacamata, bawalah ke ruang uji bersama Anda.


Anda mungkin akan diharuskan untuk menandatangani surat persetujuan sebelum menjalani prosedur.


Bagaimana proses elektronistagmografi?


Lima buah elektroda akan ditempelkan di area sekitar mata menggunakan lem khusus. Anda akan diperiksa di sebuah ruangan gelap selama prosedur. ENG terdiri dari 6 bagian:



  1. Untuk mengatur alat uji pada pengaturan yang tepat, Anda akan diharuskan untuk melihat mengikuti titik laser yang bergerak. Jangan menggerakkan kepala saat menjalani bagian ini.

  2. Pembacaan akan dilakukan dengan mata tertutup. Anda akan diberikan tugas untuk dilakukan, seperti mental arithmetic, selama bagian ini. Pembacaan akan diambil saat Anda melihat lurus ke depan dan kedua sisi.

  3. Pembacaan akan dilakukan saat mata Anda mengikuti pergerakan bolak-bailk pendulum

  4. Pembacaan akan dilakukan saat mata Anda mengikuti pergerakan beberapa obyek yang bergerak keluar batas pandang Anda. Setiap kali satu obyek mellintas, Anda akan diharuskan segera memfokuskan pada pergerakan obyek selanjutnya.

  5. Pembacaan akan dilakukan saat Anda menggerakkan kepala Anda dari sisi satu ke sisi lainnya, dan mendongakkan kepala ke atas dan bawah. Anda akan diminta untuk menggerakkan badan Anda (beserta kepala Anda) dalam beberapa posisi.

  6. Menjelang akhir prosedur, pergerakan mata akan direkam sementara air dingin dan air hangat diletakkan dalam telinga Anda. Pada kasus tertentu, udara dingin dan hangat akan dihembuskan ke dalam telinga Anda. Bagian tes ini disebut uji kalorik, dan dapat dilakukan tanpa elektroda yang terpasang di wajah Anda. Tes kalorik tidak akan dilakukan jika Anda memiliki gendang telinga yang bolong, karena air yang digunakan dapat masuk ke telinga bagian tengah dan berisiko infeksi. Uji kalorik dapat dilakukan dengan air atau udara, tetapi jika gendang telinga berlubang, dokter tidak akan melakukan tes ini sama sekali.


Lama pemeriksaan ini berkisar 60 90 menit.


Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani elektronistagmografi?


Saat tes selesai, elektroda akan dilepas dan lem sisa yang menempel di wajah Anda akan dibersihkan. Jangan menggosok mata Anda untuk menghindari penyebaran lem elektroda. Anda akan diperiksa seputar tanda-tanda sakit, pusing, dan mual, dan mungkin akan butuh untuk berbaring atau duduk sebentar untuk menunggu pulih. Dokter Anda akan menjelaskan pada Anda mengenai kapan Anda akan dibolehkan untuk melanjutkan pengobatan lainnya yang sempat dihentikan sebelum menjalani prosedur. Dokter akan memberikan instruksi khusus atau tambahan setelah prosedur, tergantung pada kondisi Anda.


Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?


Hasil normal


Tidak ditemukan pergerakan mata abnormal selama prosedur. Perlu diingat bahwa beberapa nistagmus tergolong normal saat Anda menggerakkan kepala Anda.


Hasil uji kalorik dikatakan normal jika pergerakan mata yang tidak terkontrol memiliki arah dan intensitas yang normal.


Hasil abnormal


Terdeteksi nistagmus liar yang terjadi setiap saat dan tidak menghilang. Hasil uji kalorik dikatakan abnormal jika terdapat sedikit hingga tidak ada pergerakan mata selama prosedur.


Hasil abnormal dapat:



  • menemukan kerusakan pada saraf atau struktur dekat telingat atau otak yang memengaruhi koordinasi keseimbangan

  • mendeteksi kemungkinan tanda-tanda Mnires disease, multiple sclerosis, atau labyrinthitis, atau penyakit pada otak atau riwayat stroke


Apa saja yang dapat memengaruhi tes?


Alasan Anda tidak dapat mengikuti prosedur ENG atau hasil tes dikatakan tidak kredibel, termasuk:



  • mengonsumsi beberapa obat-obatan, seperti stimulan (termasuk kafein), depresan, sedatif, dan obat-obatan untuk vertigo

  • terlalu banyak pergerakan kepala atau pergerakan mata lainnya, seperti mengedip

  • tidak dapat menuntaskan instruksi selama tes berlangsung. Kondisi kesehatan yang dapat memengaruhi fokus, penglihatan kabur, atau yang menyebabkan rasa kantuk

  • menemukan kerusakan pada saraf atau struktur dekat telinga atau otak yang memengaruhi koordinasi keseimbangan

  • mendeteksi kemungkinan tanda-tanda Mnires disease, multiple sclerosis, atau labyrinthitis, atau penyakit pada otak atau riwayat stroke



Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.




0 Response to "Elektronistagmografi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...