Angiografi Cerebral

Angiografi Cerebral



Definisi

Apa itu angiografi cerebral?


Angiografi pada kepala dan leher adalah tes sinar-X yang menggunakan pewarna khusus dan kamera (fluoroscopy) untuk mengambil gambar aliran darah dalam pembuluh darah kepala dan leher. Angiografi kepala (cerebral angiogram) dapat digunakan untuk melihat pembuluh darah atau empat arteri (four-vessel study) yang membawa darah ke otak.


Kapan saya harus menjalani angiografi cerebral?


Tidak semua pasien penderita penyumbatan arteri perlu melakukan angiografi cerebral karena tes ini invasif dan memiliki beberapa risiko. Biasanya dilakukan hanya setelah tes non-invasif bila dokter Anda memerlukan informasi lebih untun merencanakan pengobatan Anda.


Angiografi cerebral dapat membantu mendiagnosis:



  • aneurisma (pecah di dinding arteri)

  • arteriosclerosis (penyempitan pembuluh darah)

  • malformasi arteriovenous

  • vaskulitis (peradangan pembuluh darah)

  • tumor

  • pembekuan darah

  • luka pada lapisan arteri


Angiografi cerebral juga dapat membantu dokter Anda mencari tahu penyebab gejala tertentu, termasuk:



  • sakit kepala parah

  • kehilangan memori

  • bicara tidak jelas

  • pusing

  • kabur atau penglihatan ganda

  • lemas atau mati rasa

  • kehilangan keseimbangan atau koordinasi


Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani angiografi cerebral?


Magnetic resonance angiogram (MRA) atau computed tomography angiogram (CTA) bisa menjadi pilihan sebagai pengganti dari angiogram. Masing-masing tes ini tidak terlalu invasif dibandingkan dengan angiogram standar. Bagi orang-orang yang memiliki masalah ginjal, diabetes, atau dehidrasi, diperlukan langkah-langkah pencegahan agar terhindar dari kerusakan ginjal. Pengurangan pewarna bisa digunakan atau cairan lebih dapat diberikan sebelum, selama, dan setelah tes. Jika Anda memiliki riwayat masalah ginjal, tes darah lainnya (kreatinin, urea nitrogen darah) dapat dilakukan sebelum angiogram untuk memastikan ginjal Anda bekerja dengan baik.


Dalam kasus yang jarang terjadi, operasi mungkin diperlukan untuk memperbaiki lubang di pembuluh darah di mana kateter ditempatkan.


Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani angiografi cerebral?


Sebelum melakukan angiogram, beritahu dokter bila Anda:



  • alergi terhadap kerang atau zat yodium

  • memiliki riwayat masalah perdarahan

  • mempunyai reaksi alergi terhadap pewarna kontras sinar-X atau zat yodium

  • ada potensi sedang hamil


Jangan makan atau minum selama 4 sampai 8 jam sebelum angiogram. Anda bisa saja diminta untuk tidak menggunakan aspirin, produk aspirin, atau pengencer darah selama beberapa hari sebelum pemeriksaan dan selama 1 hari setelah pemeriksaan. Bila Anda menggunakan obat-obatan ini, bicarakan dengan dokter Anda. Tes akan berlangsung beberapa jam, jadi sebaiknya Anda buang air dulu sebelum pemeriksaan dimulai


Bicarakan dengan dokter Anda bila ada kekhawatiran terkait kepentingan tes, risiko, proses pelaksanaan, dan maksud dari hasil tes ini.


Bagaimana proses angiografi cerebral?


Anda kemungkinan akan diinfus pada bagian lengan sehingga dokter dapat memberikan obat atau cairan kepada Anda bila diperlukan. Alat yang disebut pulse oximeter, yang berfungsi mengukur tingkat oksigen dalam darah, akan diselipkan pada jari atau telinga Anda. Cakram kecil (elektorda) ditempatkan pada lengan, dada, atau kaki Anda untuk merekam denyut serta irama jantung.


Anda akan berbaring telentang pada meja sinar-X. Sebuah tali, perban, atau kantong pasir mungkin akan digunakan untuk membuat Anda tetap diam tidak bergerak. Dokter akan mensterilkan bagian selangkangan Anda. Dokter akan memasukkan katerer melalui pembuluh darah Anda dan menuju ke dalam arteri karotis, yang berada di leher Anda. Pewarna kontras akan mengalir melalui katerer ke dalam arteri, di mana kemudian akan bergerak ke pembuluh darah di otak Anda. Anda akan merasa hangat ketika pewarna kontras mengalir dalam tubuh Anda. Kemudian beberapa pencitraan sinar-X pada kepala dan leher akan diambil.


Setelahnya, katerer akan diangkat dan penjahitan akan dilakukan pada bagian terinjeksi tersebut. Seluruh prosedur membutuhkan waktu antara satu hingga tiga jam.


Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani angiografi cerebral?


Angiogram membutuhkan waktu sekitar satu dan dua jam. Perban akan dililitkan pada daerah terinjeksi. Anda akan diberi obat rasa sakit bila diperlukan. Jika katerer ditempatkan pada area selangkangan, coba untuk tetap meluruskan kaki selama 8 jam. Dokter akan memberi tahu Anda instruksi spesifik setelah tes selesai. Anda bisa menggunakan kompres es pada bagian yang diinfus untuk meredakan rasa nyeri dan bengkak. Anda biasanya bisa langsung kembali ke rumah, walaupun pada beberapa kasus Anda akan diminta untuk bermalam di rumah sakit. Anda mungkin akan memiliki memar pada bagian dimana katerer dimasukkan. Anda bisa meminum banyak cairan untuk mengeluarkan pewarna dari dalam tubuh kecuali bila dokter mengatakan sebaliknya.


Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.


Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?





































Angiogram kepala dan leher
Normal:Pembuluh darah normal dari segi ukuran, bentuk, penempatan, dan jumlah
Pewarna mengalir secara merata melalui pembuluh darah
Tidak terlihat adanya penyempitan, penyumbatan, atau masalah lainnya pada pembuluh darah
Abnormal:Terdapat titik penyempitan pada arteri menandakan bahwa deposit lemak, deposit kalsium, atau pembekuan mengurangi aliran darah pada pembuluh darah
Pembuluh darah tidak berada pada posisi normal bisa menandakan adanya tumor atau pertumbuhan lain yang mendorong melawan mereka
Benjolan pada pembuluh darah menunjukkan adanya kelemahan pada dinding pembuluh darah (aneurisma)
Pola abnormal pada pembuluh darah menandakan adanya tumor
Pewarna keluar dari pembuluh darah menandakan adanya lubang pada pembuluh darah
Terdapatnya percabangan abnormal pada pembuluh darah sejak lahir (bawaan).


Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.





1 Response to "Angiografi Cerebral"

  1. Como me tornei uma mulher feliz novamente
    Com lágrimas de alegria e felicidade, estou prestando meu testemunho a todos os telespectadores on-line, meu problema com o estágio IB de Câncer de Estômago causou-me muitas dores e tristezas, especialmente em minha família.
    Eu estava com tanto medo de perder a vida, sofri o constrangimento de visitar
    terapia centenas de vezes, infelizmente eles não encontraram uma solução definitiva para o meu problema, chorei o dia todo e a noite, tenho que viver minha vida dessa maneira? Eu procurei toda a Internet por cuidados, fui enganado por fraudadores da Internet vezes sem números ... até que um amigo meu que fica no Reino Unido me apresentou a um amigo dela que estava curado da mesma doença, e ela me apresentou ao Dr. Itua, que a curou do câncer de mama por este e-mail / WhatsApp +2348149277967, drituaherbalcenter@gmail.com. Entrei em contato com ele e ele prometeu que tudo ficaria bem e que eu tinha fé. Ele me enviou seus medicamentos à base de plantas através do Courier servcie e fui instruído sobre como tomá-lo por três semanas para curar, segui as instruções que me foram dadas e Hoje sou uma mulher feliz novamente. Ele cura todos os tipos de doenças como - câncer no cérebro, doença trofoblástica gestacional, câncer de cabeça e pescoço, câncer de ovário, linfoma de Hodgkin, herpes, câncer de fígado, câncer de garganta,
    Síndrome Fibrodisplasia Ossificante Progresesclerose, doença de Alzheimer, diarréia crônica, DPOC, Parkinson, Als, carcinoma adrenocortical Mononucleose infecciosa.
    Câncer de intestino, Câncer de tireóide, Câncer de útero, Fibróide, Angiopatia, Ataxia, Artrite, Escoliose lateral amiotrófica, Tumor cerebral, Fibromialgia, Toxicidade por fluoroquinolonaTumor de bexiga Mieloma múltiplo, tumores neuroendócrinos
    Linfoma não Hodgkin, Câncer bucal, Câncer de sinusite, Hepatite A, B / C, Câncer de pele, Sarcoma de tecidos moles, Câncer de coluna, Câncer de estômago, Câncer de estômago, Câncer de vagina, Câncer de vulva,
    Câncer testicular, Doenças de Tach, Leucemia.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...