7 Hal yang Menyebabkan Tekanan Darah Rendah




Banyak orang lebih fokus kepada penyebab tensi darah yang tinggi karena hal tersebut dapat berakibat kepada kematian. Namun, ada juga yang tak kalah membahayakan, yaitu tekanan darah yang rendah. Apa saja penyebab darah rendah bisa terjadi? Sebelumnya, simak penjelasan awal berikut ini.


Apa yang dimaksud tekanan darah?


Tekanan darah dihasilkan ketika jantung memompa darah ke seluruh arteri darah dalam tubuh. Saat darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri. Tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau disebut dengan tekanan darah. Jika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal, biasanya disebut dengan tekanan darah rendah.


Tekanan darah yang normal, ukurannya 120/88 mm Hg, tetapi tekanan darah seseorang tiap waktunya tidak selalu sama, selalu berubah-ubah. Beberapa ahli mengatakan bahwa tekanan darah yang rendah berada pada ukuran sistoliknya 90 (angka pertama) dan distoliknya berukuran 60 (angka kedua). Perubahan tekanan darah menjadi rendah secara tiba-tiba juga berbahaya karena bisa berdampak pusing yang hebat, akibat otak gagal menerima aliran darah yang cukup.


Penyebab tekanan darah rendah


1. Kehamilan


Pada saat hamil, peredaran darah wanita berkembang sangat cepat, berbeda dengan normal. Hal ini terjadi karena selama kehamilan terdapat  perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun. Tekanan darah mulai turun pada awal kehamilan dan biasanya umum terjadi pada usia kehamilan trimester kedua.


2. Penyakit jantung


Pada penderita penyakit jantung memang mudah ditemukan juga serangan darah rendah. Kondisi ini juga mungkin ditemukan pada gagal jantung dan serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh darah yang tidak dapat dipompa baik oleh jantung yang bermasalah, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.


3. Hormon yang berubah


Kondisi kesehatan sering dipengaruhi hormon tubuh kita. Salah satunya tekanan darah rendah yang berhubungan dengan penyakit Addison. Penyakit Addison adalah penyakit di mana sistem imun tubuh menyerang dan merusak kelenjar-kelenjar adrenal. Penyakit Addison menyerang dua buah kelenjar yang berukuran kecil yang berada di atas ginjal. Kedua kelenjar tersebut adalah kelenjar yang memproduksi hormon-hormon yang mengendalikan tekanan darah dan menjaga keseimbangan garam dan air yang berada di dalam tubuh. Tekanan darah yang rendah juga terjadi saat kelenjar-kelenjar adrenal rusak, misalnya jika terjadi infeksi atau tumor pada kelenjar tersebut.


4. Dehidrasi


Dehidrasi terjadi ketika tubuh Anda kekurangan cairan. Selama dehidrasi, darah yang bergantung pada air tidak dapat memasok peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga, kondisi ini menurunkan volume darah pada arteri dan vena dan menyebabkan darah rendah terjadi.


5. Sedang mengonsumsi obat-obatan


Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, Anda juga dapat terserang darah rendah. Biasanya jika Anda mengalami sakit tertentu, Anda jarang menyadari kondisi ini. Beberapa obat yang dapat memengaruhi antara lain alpha blocker (obat darah tinggi), beta blocker, dan obat antidepresan.


6. Kondisi neurologis


Kondisi ini melibatkan penyakit Parkinson sebagai penyebab darah rendah. Parkinson adalah penyakit yang menyebabkan kondisi yang mempengaruhi sistem saraf. Sedangkan tekanan darah rendah sendiri terjadi jika bagian sistem saraf yang dinamakan sistem saraf otonom sudah terganggu.


Sistem saraf otonom merupakan bagian sistem saraf yang mengontrol fungsi-fungsi tubuh seperti berkeringat dan sistem pencernaan. Sistem saraf ini juga memiliki fungsi lain yakni untuk melebarkan serta menyempitkan pembuluh darah di dalam tubuh. Sehingga, jika terjadi masalah atau gangguan pada sistem saraf otonom, pembuluh darah bisa tetap dalam kondisi melebar dan tidak dapat menyempit kembali. Hal inilah yang menyebabkan darah rendah.


7. Anemia


Pada saat seseorang mengalami anemia, yang akan terjadi adalah tubuh kekurangan darah, di mana hemoglobin di dalam tubuh berada dalam jumlah di bawah angka normal. Dan dalam hal ini dapat dipastikan tekanan darah di dalam tubuh juga menjadi sangat rendah


Cara mencegah tekanan darah rendah


Mencegah tekanan darah rendah terjadi bisa dilakukan dengan cara konsumsi mineral yang cukup, karena dehidrasi akan menimbulkan tekanan darah tidak seimbang dan cenderung rendah. Selain itu, makanlah di waktu yang tepat. Organ tubuh akan menyuplai nutrisi dari makanan yang kita makan lewat darah, yang mana organ tersebut pastinya membutuhkan darah yang banyak pula. Terakhir, hindari pemakaian obat penenang yang dapat menyebabkan tekanan darah Anda di bawah rata-rata.


0 Response to "7 Hal yang Menyebabkan Tekanan Darah Rendah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...