Mama Harus Tahu, Ini 5 Tanda Gigi Si Kecil Tumbuh

Pixabay/mojpe

Gigi susu atau gigi anak-anak sebenarnya sudah tumbuh sejak janin masih dalam kandungan. Hanya saja baru muncul ke permukaan gusi di usia 5-6 bulan, dan prosesnya menimbulkan sensasi aneh pada bayi.

Aktivitas teething dan rasa tidak nyaman akibat tumbuh gigi membuat Si Kecil menunjukkan perubahan sikap. Mama sudah tahu belum tanda-tandanya?

1. Produksi air liur berlebih

1. Produksi air liur berlebih
easybabylife.com

Produksi air liur pada bayi yang akan tumbuh gigi cenderung bertambah. Ia juga sering menggerak-gerakkan lidahnya seperti sedang mengulum, atau malah menyemburkan air liurnya ke luar. Jika hal ini terjadi, segera bersihkan bagian wajah atau tangan yang terkena air liur untuk mengurangi potensi tumbuh kuman dan bakteri.

Periksa juga apakah sudah muncul bakal gigi di gusi Si Kecil. Biasanya akan terlihat noda putih keras di bagian gusi itu. 

2. Gusi merah dan bengkak

2. Gusi merah bengkak
oblzdrav74.ru

Terjadi perubahan warna hingga bengkak pada gusi ini wajar, karena proses munculnya gigi mendorong lapisan terluar gusi dan membuatnya sobek.

Gusi yang bengkak tentu tidak nyaman. Si Kecil mungkin akan menjadi rewel karenanya. Tidak jarang juga, gusi bengkak menimbulkan demam ringan. Redakan sakitnya dengan memberikan Si Kecil makanan atau teether yang dingin. Rasa dingin akan meringankan nyeri. 

3. Memasukkan jari atau benda ke mulut

3. Memasukkan jari atau benda ke mulut
Pixabay/cherylholt

Si Kecil jadi sering memasukkan jari ke mulut atau menggigit benda di sekitarnya. Hal ini sebagai ungkapan tidak nyaman akibat gigi yang mulai mendorong ke permukaan. Aktivitas menggigiti benda di sekitar ini sering disebut sebagai teething. Mama perlu waspada jika di sekitar Si Kecil terdapat benda tajam, berbahaya, atau kotor.

Aktivitas menggigit ini bisa menekan gusi sehingga tidak terlalu nyeri.  

4. Menolak makan atau disusui

4. Menolak makan atau disusui
Flickr/elvissa

Menolak makan atau tidak nyaman saat menyusu juga merupakan tanda umum Si Kecil akan tumbuh gigi. Ia tiba-tiba menggigiti puting Mama dengan gusinya yang terasa lebih keras dan kasar. Imbasnya, Mama ikut merasa tidak nyaman karena bagian sekitar puting terluka oleh gigitan.

Jika puting Mama digigit, lakukan hal ini: 

- Usahakan melepas puting dengan mengusap lembut pipi bayi, jangan menarik paksa puting sebab akan membuatnya luka.

-Masukan jari kelingking mama ke sela mulut bayi sehingga ia melepaskan gigitan di puting. Jari yang digigit bakal lebih cepat sembuh daripada puting mama. 

-Jika puting terluka, berikan krim payudara untuk mengurangi rasa sakit. Kompres panas dan dingin bergantian bisa juga mengurangi nyeri. 

5. Rewel dan demam

5. Rewel demam
Flickr/futurestreet

Bayi jadi lebih rewel hingga disertai demam juga menjadi tanda akan tumbuh gigi. Mama perlu tahu bahwa demam adalah reaksi paling cepat dari peradangan yang terjadi dalam tubuh manusia. Tumbuh gigi tergolong sebagai peradangan karena bagian permukaan gusi mendapat tekanan dari gigi yang akan muncul. Jadi wajar saja jika temperatur tubuh Si Kecil meningkat.

Untuk memastikan apakah demamnya ini pertanda akan tumbuh gigi, coba raba dengan lembut bagian gusi depan atas dan bawah. Jika permukaan gusi terasa lebih keras dan mulai muncul bintik putih samar, itu adalah pertanda akan tumbuh gigi. Selama demamnya tidak tinggi dan berkepanjangan, Mama tidak perlu buru-buru membawa ke dokter.

Lebih banyak luangkan waktu untuk mendekap dan membelai tubuhnya agar Si Kecil merasa nyaman. Apakah bayi mungil Mama akhir-akhir ini menunjukkan tanda seperti di atas? Coba cek gusi depannya yuk! Jangan-jangan Si Kecil segera mendapatkan gigi pertamanya nih.

0 Response to "Mama Harus Tahu, Ini 5 Tanda Gigi Si Kecil Tumbuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...