Rontgen Ekstremitas

Rontgen Ekstremitas



Definisi

Apa itu rontgen ekstremitas?


Rontgen ekstremitas adalah proyeksi gambar dari tangan, lengan, pergelangan tangan, kaki, lutut, telapak atau pergelangan kaki Anda. X-ray ini dilakukan jika dilaporkan adanya keluhan retak pada tulang atau dislokasi persendian. Tes ini juga dilakukan untuk memeriksa kemungkinan cedera atau kerusakan yang diakibatkan kondisi tersebut, seperti infeksi, arthritis, pertumbuhan abnormal tulang (tumor), atau masalah-masalah tulang lainnya, seperti osteoporosis.


Rontgen atau x-ray adalah bentuk dari radiasi, menggunakan energi sinar atau gelombang radio, yang memancarkan sinar, seperti sinar pada lampu senter. Sinar X-ray dapat menembus sebagian besar obyek, termasuk tubuh manusia. Cara kerjanya adalah dengan memindai menggunakan detektor yang akan mencetak sebuah film atau dipantulkan langsung ke komputer. Jaringan-jaringan tebal, seperti tulang, akan menyerap energi dari sinar x-ray dan terlihat putih pada proyeksi gambar. Jaringan lain yang lebih tipis, seperti otot dan organ tubuh, tidak akan menyerap banyak energi sinar x-ray dan akan membuatnya berwarna keabu-abuan pada proyeksi gambar. Sinar x-ray yang terpancar melewati udara, seperti melewati paru-paru, akan terlihat hitam.


Kapan saya harus menjalani rontgen ekstremitas?


Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan prosedur rontgen ekstremitas untuk memeriksa kondisi-kondisi di bawah ini:



  • tulang yang retak atau patah

  • infeksi

  • arthritis

  • tumor tulang

  • dislokasi (persendian yang terdorong keluar dari posisi normal)

  • pembengkakan

  • penggumpalan cairan pada persendian

  • pertumbuhan abnormal pada tulang


Anda mungkin juga akan memerlukan X-ray untuk memastikan cedera, seperti patah lengan, pulih dengan benar.


Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani rontgen ekstremitas?


Anda mungkin perlu bertanya pada dokter Anda mengenai kadar radiasi yang akan digunakan selama prosedur dan risiko-risiko terkait pada kondisi yang Anda keluhkan. Penting untuk selalu mengumpulkan dan menyimpan semua riwayat paparan radiasi, seperti gambaran-gambaran hasil X-ray terdahulu, agar Anda dapat mendiskusikannya dengan dokter Anda. Risiko yang berhubungan dengan paparan radiasi mungkin terkait dengan jumlah kumulatif riwayat pemeriksaan X-ray dan/atau terapi lainnya dalam jangka waktu lama.


Jika Anda sedang hamil atau akan hamil, Anda harus informasikan hal ini dengan dokter Anda. Paparan radiasi selama masa kehamilan mungkin berisiko cacat janin. Jika menurut dokter pemeriksaan X-ray diperlukan, tindakan pencegahan khusus akan dilakukan untuk meminimalisir efek paparan radiasi pada janin.


Kemungkinan akan risiko lain dapat terjadi tergantung dari kondisi kesehatan Anda saat menjalankan tes. Pastikan untuk selalu berdiskusi dengan dokter Anda sebelum prosedur.


Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani rontgen ekstremitas?


Informasikan dokter Anda jika Anda sedang dalam masa kehamilan. Lepaskan semua perhiasan yang ada pada sekitar area yang akan dipindai. Anda tidak perlu untuk melakukan apapun sebelum melakukan X-ray.


Bagaimana proses rontgen ekstremitas?


Prosedur dilakukan di bagian radiologi rumah sakit atau di ruangan dokter Anda oleh petugas radiologi. Anda akan diminta untuk melepas pakaian dan perhiasan pada bagian tubuh yang akan dipindai. Kemudian, Anda akan diminta untuk memposisikan bagian tubuh tersebut mendatar pada meja X-ray. Tidak dianjurkan untuk bergerak selama prosedur. Anda juga akan diminta untuk menahan napas sementara gambar dipindai agar hasil proyeksi tidak buram. Prosedur ini terbilang cepat dan tidak sakit.


Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani rontgen ekstremitas?


Khusus kasus gawat darurat, dokter akan langsung dapat mengetahui hasil awal dari X-ray dalam beberapa menit. Umumnya, petugas radiologis akan memberikan hasil tes sehari setelah prosedur.


Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?


























Hasil normal
Normal:Tulang, persendian, dan jaringan organ terlihat normal dan berfungsi baik. Tidak ditemukan partikel/benda asing, seperti pecahan besi atau kaca.
Tidak ditemukan infeksi dan tumor pada tulang.
Persendian berfungsi normal, tidak terdeteksi adanya dislokasi atau tanda-tanda arthritis.
Letak semua persendian berada di tempat yang seharusnya.










































Hasil abnormal
Abnormal:Terdeteksi adanya keretakan pada tulang.
Ditemukan partikel/benda asing, seperti pecahan besi atau kaca.
Ditemukan tumor pada tulang.
Ditemukan tanda-tanda pendarahan atau infeksi, seperti penggumpalan darah, pus, atau gas.
Terdeteksi adanya dislokasi.
Tulang mungkin akan menunjukkan tanda-tanda kerusakan akibat penyakit, seperti osteoporosis, osteoarthritis, gout, Pagets disease, atau arthritis rematoid pada telapak tangan atau kaki.
Adanya pembengkakan pada jaringan organ, walaupun tulang terlihat normal.
Terdapat infeksi, atau bagian-bagian yang longgar atau aus pada sendi buatan.


Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.






0 Response to "Rontgen Ekstremitas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...