Berapa Lama Seharusnya Waktu yang Dihabiskan Anak untuk Nonton TV




Menurut University of Michigan Health System, lebih dari 70 persen anak berusia 8 sampai 18 tahun punya televisi di kamar pribadi mereka. Anak Anda mungkin juga demikian. Kebiasaan menonton TV terlalu lama dapat berdampak buruk pada kesehatan anak, baik secara fisik maupun mentalnya. Jadi, adakah batasan sehat untuk durasi anak menonton TV dalam satu hari? Ini kata banyak dokter anak dari seluruh dunia.


Anak bisa menghabiskan waktu hingga 11 jam di depan layar


Rata-rata anak berusia 8 tahun ke atas bisa menghabiskan waktu hingga delapan jam dalam satu hari hanya untuk menonton TV. Belum lagi dihitung dengan waktu yang mereka habiskan untuk bermain gadget lainnya, seperti komputer, konsol game, dan ponsel. Jika ditotal, anak ABG bisa menghabiskan hampir 12 jam sehari berada di depan layar elektronik.


Banyak dampak buruk yang bisa terjadi jika orangtua terus membiarkan kebiasaan ini menetap hingga bertahun-tahun. Menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar kaca dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas pada anak. Terlalu sering nonton TV atau bermain gadget dapat mengembangkan sifat sosiopatik dan antisosial anak.


Batas waktu anak menonton TV dalam sehari yang ideal


Untuk mengantisipasi semua risiko negatif yang mungkin terjadi dari nonton tv kelamaan, American Academy of Pediatrics (AAP) lewat artikel yang dimuat dalam jurnal Pediatrics mengeluarkan kebijakan terbaru terkait durasi anak menonton TV yang ideal sesuai umur mereka.


Dr. Vic Strassburger sebagai perwakilan dari AAP menyatakan bahwa durasi nonton tv yang ideal untuk anak usia 2 tahun ke bawah harus kurang dari 1 jam setiap hari, sementara anak-anak usia 2 tahun ke atas maksimal dua jam per hari. Anak usia dua tahun ke bawah harus kurang dari 1 jam menonton televisi.


Strassburger juga menambahkan bahwa anak-anak tidak boleh punya akses internet atau jaringan TV kabel sendiri di kamar mereka. Ini membuat orangtua sulit untuk memantau jenis tontonan anak dan apa yang anak-anak lihat di media. Kemudahan akses media bagi anak-anak di bawah umur bisa mengundang rasa ingin tahu mereka untuk melihat hal-hal yang berbau pornografi, tutup Strassburger.


Tips membatasi waktu anak menonton tv


Bukan berarti anda harus mencabut semua kabel tv dan modem internet di rumah Anda. Bagaimanapun juga, keduanya merupakan perantara bagi setiap orang untuk berkomunikasi, belajar hal baru, dan mendapatkan informasi. Akan tetapi dengan bimbingan Anda, waktu anak menonton TV bisa menjadi bermanfaat.



  1. Buat jadwal menonton TV. Anda bisa membuat anak menonton TV di waktu-waktu tertentu saja atau hanya untuk program tertentu favorit anak, sesuai kesepakatan. Sepakati juga terkait bentuk teguran atau hukuman apa yang terjadi jika anak melanggar perjanjian ini.

  2. Ajak anak nonton TV bersama-sama. sebagai cara untuk membatasi dan mengawasi waktu anak menonton TV, buatlah waktu nonton TV bersama keluarga. Dengan begini, Anda juga jadi bisa menjelaskan tentang apa yang Anda berdua lihat dan menjadikannya bahan diskusi untuk mendorong anak bersikap kritis terhadap apa yang dia tonton.

  3. Segera matikan TV saat Anda merasa anak Anda menonton acara yang tidak pantas. Setelahnya, jelaskan dengan baik kenapa ia tidak boleh menonton itu sendirian, tanpa pengawasan orang dewasa.

  4. Jangan biarkan anak menonton TV saat makan dan waktu belajar.

  5. Buat aktivitas atau olahraga di luar ruangan sehingga Anda bisa membantu mereka menjadi aktif. Pasang ring basket di halaman atau garasi rumah atau daftarkan anak Anda ke klub olahraga di sekitar rumah. Jadi, waktu anak akan terbuang lebih banyak untuk bergerak daripada menonton TV.


0 Response to "Berapa Lama Seharusnya Waktu yang Dihabiskan Anak untuk Nonton TV"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...