Balita Suka Main Penis











Jangan dulu panik, Bunda. ternyata ada beberapa penyebab di balik kegemaran balita memegang alat kelaminnya. Yuk, cari tahu.


Penasaran
Perkembangan seksual anak dapat dimulai di tahun pertama usia mereka. Balita mengembangkan dasar-dasar seksual dalam berbagai cara, salah satunya adalah memegang alat kelamin. Aksinya memegang penis merupakan bentuk dari rasa penasaran terhadap organ tubuhnya. Ia terkadang tak hanya memegang, melainkan memencet dan menarik penisnya, sehingga terkesan sedang bermain dengan penis. Untuk mengatasi ini, Bunda perlu mengingatkan kembali nama dan fungsi organ-organ tubuhnya secara sederhana, termasuk bagaimana cara memperlakukannya dengan benar. 

Gatal
Si kecil terlihat memegang penis, padahal ia sedang menggaruk atau menghilangkan rasa gatal pada penis atau daerah sekitarnya. Anda perlu memperhatikan lebih detail penis buah hati Anda, siapa tahu memang benar ada sesuatu yang terjadi pada penisnya sehingga menyebabkan munculnya gatal. Atau ada faktor lain yang bisa menyebabkan penisnya gatal, seperti penis tidak bersih, menggunakan popok terlalu lama atau terlalu lembap. Jika Anda ragu dengan kondisi penis si kecil, namun ia tetap merasa gatal, sebaiknya segera konsultasi ke dokter anak. 

Menahan atau Tanda BAK
Situasi tertentu terkadang membuat si kecil enggan untuk buang air kecil, meski ia sudah dibekali oleh popok. Keadaan menahan buang air kecil juga dapat menstimulasi si kecil untuk memegang penisnya. Atau pasca si kecil buang air kecil di celana/popok, tak sedikit anak yang langsung memegang-megang penisnya. Sepertinya ia ingin memberikan tanda pada orangtuanya bahwa ia sudah atau baru saja buang air kecil. 

Sakit
Kebiasaan si kecil memegang penis juga bisa terjadi karena adanya masalah kesehatan, seperti luka/lecet atau kelainan salah satunya hidrokel testis yang umumnya sudah bisa diketahui sejak lahir-. Penting bagi Anda atau pengasuh si kecil untuk memperhatikan dan membandingkan keadaan penis si kecil agar jika terjadi kelainan atau luka karena tergores kuku atau benda lain dapat diketahui dengan segera. Bila Anda menemukan bentuk penis atau buah zakar yang berbeda, sebaiknya segera membawa si kecil ke dokter. 

Celana yang Sempit
Duduk tidak nyaman, berdiri pun tidak nyaman. Celana yang terlalu sempit dapat membuat si kecil merasa tidak nyaman dan mengganggu alat kelaminnya. Hal ini yang menyebabkan si kecil terus menerus memegang penisnya. Pakaikan si kecil celana yang sesuai dengan ukurannya, pastikan celana tidak terlalu sempit atau kekecilan dan pilih bahan yang nyaman atau tidak panas.

Baca Juga
Balita Suka Menahan Pipis
Toilet Training Laki laki, Berdiri atau Duduk
Serba Serbi Air Seni Balita


 




0 Response to "Balita Suka Main Penis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...