8 Makanan yang Bisa Menyembuhkan Sakit Kepala




Sakit kepala adalah rasa sakit yang dapat terasa dari bagian manapun yang ada pada kepala. Sakit kepala pun dapat terasa hanya pada satu sisi kepala maupun keduanya. Sakit kepala dapat datang dengan tiba-tiba maupun dengan bertahap, dapat bertahan dalam kurang dari satu jam namun juga dapat bertahan beberapa hari. Mengonsumsi beberapa makanan maupun minuman seperti alkohol, kafein dalam jumlah berlebihan, makanan mengandung MSG, nitrat, nitrit dan keju jenis tertentu dapat memicu timbulnya rasa sakit kepala. Namun beberapa makanan lain justru dalam menyembuhkan sakit kepala. Makanan penyembuh sakit kepala tersebut antara lain:


Makanan penyembuh sakit kepala


1. Ikan


Suatu penelitian yang dilakukan oleh Zeev Harel berhasil mengungkapkan bahwa remaja yang mengkonsumsi 1.25 gr minyak ikan selama 2 bulan, mengalami sakit kepala yang lebih sedikit dibanding dengan yang kurang dari takaran tersebut. Ikan mengandung minyak omega tiga yang mampu mengurangi produksi hormon dalam tubuh yang mampu memicu sakit kepala, nyeri dan peradangan. Anda bisa mulai dengan mengkonsumsi ikan salmon dan sarden.


2. Kismis


Sekepal tangan, kira-kira 60 buah kismis adalah salah satu makanan penyembuh sakit kepala, karena mengandung 1 gram serat dan 212 mg kalium. Dua nutrisi dengan takaran yang disarankan oleh Dietary Approaches to Stop Hypertension. Kandungan ini diyakini mampu menjaga kesehatan jantung dengan membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang pada beberapa kasus menjadi salah satu penyebab sakit kepala.


3. Kentang bakar


Salah satu penyebab sakit kepala bisa disebabkan karena tubuh kekurangan elektrolit. Menurut seorang ahli gizi New Jersey, Erin Palinski, mengkonsumsi makanan kaya kalium dapat mengisi ulang elektrolit tubuh Anda. Kentang bakar beserta dengan kulitnya adalah makanan dengan kandungan kalium yang tinggi hingga sebesar 721 mg. Ya, karena justru pada kulitnya lah kandungan kalium pada kentang terbanyak berada. Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsi kentang setelah berolahraga atau setelah minum minuman beralkohol. Hal ini justru mungkin akan menyebabkan Anda merasa mual.


4. Semangka


Stella Metsovas, seorang ahli gizi di California mengatakan bahwa mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan air, dapat menghilangkan dehidrasi Anda yang pada beberapa kasus dapat menyebabkan sakit kepala. Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air, selain mengandung air semangka juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti magnesium. Selain semangka, Anda juga dapat mencoba beberapa buah lain seperti tomat dan melon.


5. Roti


Berkurangnya kandungan glukosa dalam tubuh menyebabkan peningkatan kebutuhan air dalam tubuh dan penurunan energi yang diedarkan menuju otak. Kondisi ini juga mampu memicu terjadinya sakit kepala. Mengkonsumsi roti gandum mampu mengisi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Terlebih kandungan karbohidrat sehat yang dimiliki roti gandum juga mampu meningkatkan suasana hati Anda karena melepaskan hormon baik (serotonin).


6. Almond


Almond adalah salah satu makanan penyembuh sakit kepala karena kaya akan kandungan magnesium. Magnesium dapat membantu tubuh merelaksasikan pembuluh darah, yang juga dapat menyebabkan sakit kepala. Beberapa contoh makanan dengan kandungan magnesium lain seperti alpukat dan pisang. Selain magnesium, makanan ini juga ternyata mengandung salah satu jenis asam amino yang dapat memicu pelepasan hormon yang dapat memunculkan perasaan bahagia (serotonin) dalam tubuh.


7. Yoghurt


Sakit kepala dapat terjadi karena ada yang salah dengan otak. Otak membutuhkan kalsium untuk berfungsi dengan baik. Mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti yoghurt dapat mambantu memecahkan masalah ini. Selain kaya kalsium, yoghurt rendah lemak juga mengandung bakteri baik yang keberadaannya baik bagi tubuh. Manfaat yoghurt ini didukung dengan suatu penelitian yang dilakukan oleh University of Manchester kepada wanita dengan mengkonsumsi yoghurt 4.4 ons selama satu bulan mampu mengurangi rasa kembung dan sakit kepala hingga peradangan.


8. Jamur


Terganggunya sel darah dapat memicu rasa sakit kepala timbul. Vitamin B2 (riboflavin) adalah salah satu nutrisi yang diyakini penting dalam penghasilan energi sel. Kandungan vitamin B2 yang tinggi bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi jamur. Selain jamur, brokoli dan sayur bayam juga dipercaya kaya akan kandungan riboflavin. Selain menyembuhkan sakit kepala, vitamin B2 juga mampu meningkatkan energi penyerapan nutrisi dari makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein.


Selain melalui makanan, menghirup beberapa aroma terapi juga diyakini mampu mengurangi sakit kepala, seperti aroma dari minyak bunga lavender, peppermint, daun basil dan tanaman herbal seperti daun feverfew. Semoga cepat sembuh!


0 Response to "8 Makanan yang Bisa Menyembuhkan Sakit Kepala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...