Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Anda




Anda mungkin sering menemukan adanya bintik-bintik merah kecil dan gatal pada kulit bayi Anda. Mungkin itu adalah biang keringat. Biasanya, bayi mengalami biang keringat pada daerah kulitnya yang tertutupi dengan baju, seperti pada punggung, leher, paha, dan lainnya. Biang keringat pada bayi memang sudah umum terjadi pada bayi di semua usia. Jika sudah begitu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?


Apa yang menyebabkan biang keringat pada bayi?


Anak pada semua usia bisa mengalami biang keringat. Tapi, biang keringat lebih umum terjadi pada bayi. Biang keringat bisa terjadi saat kulit bayi mengeluarkan keringat tapi pori-pori kulit yang mengeluarkan keringat dari dalam tubuh malah tersumbat. Akibatnya, keringat tidak bisa keluar dan membuat pori-pori kulit menjadi bengkak. Bintik-bintik kecil berwarna merah akan muncul pada kulit bayi dan terasa gatal.


Bayi dan anak-anak lebih sering mengalami biang keringat dibandingkan dengan orang dewasa karena bayi masih memiliki pori-pori kulit yang kecil. Cuaca lembab dan panas memungkinkan biang keringat terjadi. Penggunaan pakaian yang salah pada saat ini bisa menyebabkan biang keringat pada bayi.


Bagaimana cara mengatasi biang keringat pada bayi?


Biang keringat memang bukan masalah yang serius untuk bayi. Tapi, ini bisa menjadi tanda bahwa bayi Anda sedang kepanasan. Selain itu, biang keringat juga menyebabkan bayi merasa gatal dan ini tentu membuat bayi sangat tidak nyaman. Untuk itu, Anda harus segera mengatasi biang keringat pada bayi. Bagaimana caranya?



  • Hindari bayi dari merasa kepanasan. Lihat kondisi lingkungan bayi. Jika Anda menduga bayi kepanasan dan memang cuacanya sedang panas, sebaiknya pilihkan baju untuk bayi yang lebih tipis. Tempatkan handuk katun pada punggung dan leher bayi, sehingga dapat membantu menyerap keringatnya. Tempatkan bayi pada tempat yang sejuk dan tempat yang teduh. Jika bayi mulai berkeringat, sebaiknya kipasi bayi. Biarkan udara menghilangkan keringat bayi Anda daripada Anda mengelapnya dengan handuk.

  • Pilihkan bayi pakaian yang tepat saat cuaca sedang panas. Hindari pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon, karena akan memerangkap panas. Sebaiknya pilihkan bayi pakaian dari katun yang dapat menyerap keringat. Pilih juga pakaian yang tipis dan ringan untuk bayi. Bayi mungkin juga perlu untuk menggunakan alas tidur yang terbuat dari katun agar tidak mengiritasi kulit bayi saat tidur.

  • Beri minum bayi. Pastikan bayi mendapat cukup minum untuk menggantikan cairan yang keluar dari tubuhnya melalui keringat. Hal ini juga untuk menghindari bayi dari kekurangan cairan.

  • Jangan biarkan bayi kepanasan di malam hari. Jika terasa panas di malam hari, sebaiknya nyalakan pendingin udara atau kipas agar bayi tidak kepanasan. Namun, tempatkan kipas jauh dari bayi dan jangan arahkan kipas langsung di depan bayi. Sehingga, bayi hanya akan menerima angin lembut yang membuat dirinya nyaman, tidak kedinginan. Jika Anda menggunakan pendigin ruangan, sesuaikan suhunya agar tidak terlalu dingin.

  • Mandi air hangat juga bisa membantu mengatasi biang keringat pada bayi.

  • Potong kuku bayi jika sudah terlihat agak panjang. Hal ini untuk menghindari cakaran bayi saat dirinya menggaruk kulitnya yang gatal. Memakaikan kaus tangan dan kaus kaki pada bayi juga bisa menghindari cakaran bayi.

  • Jangan gunakan salep atau krim untuk dioleskan pada kulit bayi yang mengalami biang keringat. Ini hanya akan membuat biang keringat semakin parah karena salep dan krim memerangkap kelembaban pada kulit. Namun, Anda bisa menggunakan krim hidrokortison (0,5%) atas saran dokter jika biang keringat bayi sudah parah.


0 Response to "Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...