Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Mama Ketahui

Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan Perlu Mama Ketahui
Unsplash/Fomaolea

Untuk mengetahui kamu hamil, biasanya pasangan mengenalinya dengan gejala awal sebagai acuan adalah dengan terlambat datang bulan.

Mmeskipun telat datang bulan memang menjadi salah satu tanda kamu mengalami kehamilan, namun sebenarnya terlambat datang bulan bukanlah faktor utama yang menjadi acuan kamu mengalami kehamilan.

Padahal, terlambat datang bulan bisa terjadi karena faktor lain, seperti bawaan hormon yang naik turun, pola makan yang salah, kondisi stres yang tengah kamu alami atau berbagai faktor lainnya.

Lalu, apa saja ya tanda-tanda yang menunjukkan kalau kamu sedang hamil 1 bulan?

Popmama.com akan merangkum 10 tanda kalau kamu sedang hamil 1 bulan. Setelah kamu mengetahuinya, sebaiknya kamu jadi lebih berhati-hati dalam beraktivitas dan memerhatikan asupan yang kamu makanan ya!

1. Mudah lelah

1. Mudah lelah
Pixabay/Engin_Akyurt

Perasaan mudah lelah akan dirasakan oleh para calon Mama yang sedang hamil muda.

Perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron saat hamil memengaruhi fisik seorang perempuan.

Oleh karenanya saat sedang hamil ia menjadi tidak sekuat biasanya dan mudah merasa lelah, meskipun ia melakukan aktivitas-aktivitas sederhana yang tidak terlalu berat.

Jadi, jika kamu mulai merasa mudah lelah padahal hanya melakukan aktivitas ringan, ini bisa jadi tanda awal kamu mengalami hamil muda.

Ini adalah ciri-ciri hamil 1 minggu yang pasti kamu rasakan.

2. Kram perut

2. Kram perut
Unsplash/Nikarthur

Kram perut sering dirasakan perempuan yang sedang hamil muda.

Kram perut pada saat hamil ini umumnya merupakan kram perut yang ringan, dan rasanya seperti kram perut pada saat kamu mengalami menstruasi.

Untuk mengatasi kram perut yang cukup mengganggu, kamu bisa meredakan rasa sakit di perutnya akibat kram, dengan cara mengompreskan bantal penghangat di perutnya dan jangan lupa untuk beristirahat cukup.

Baca Juga: 7 Cara Menghadapi Heartburn Selama Kehamilan Trimester Kedua

3. Dada membesar dan menjadi lebih lembut

3. Dada membesar menjadi lebih lembut
ladycarehealth.com

Tanda hamil 1 bulan yang juga bisa kamu lihat dan rasakan secara fisik yaitu kamu akan mengalami rasa nyeri atau bahkan ngilu di sekitar dada atau payudara kamu.

Perubahan bentuk payudara yang menjadi lebih membesar dan terasa lebih lembut saat dipengang, ini bisa jadi salah satu pertanda kalau kamu tengah hamil muda.

Menurut dunia medis,  gejala ini merupakan salah satu gejala umum yang mengindikasikan kamu tengah hamil.

Baca Juga: Merawat Payudara di Trimester Ketiga untuk Persiapan Menyusui

4. Bentuk tubuh yang berubah

4. Bentuk tubuh berubah
Pexels/Public Domain Pictures

Tanda fisik lainnya yang menandakan kamu tengah hamil muda yaitu perubahan bentuk postur tubuh kamu yang berbeda dengan keadaan kamu sedang tidak hamil.

Jika beberapa minggu setelah kamu berhubungan dengan suami, kamu merasakan adanya hal yang berubah atau berbeda pada tubuh kamu sebelumnya.

Misalnya, seperti keadaan perut yang membesar, bokong yang juga membesar, serta bagian dada yang mengalami perubahan, maka kemungkinan besar perubahan tersebut menandai kalau kamu tengah hamil.

Maka dari itu, tidak jarang kondisi ini membuat para perempuan hamil seperti mengalami pembengkakan pada beberapa bagian tubuh.

5. Morning sickness

5. Morning sickness
psychiatryadvisor.com

Morning sickness adalah istilah dimana seorang perempuan yang sedang hamil muda merasakan mual dan muntah-muntah terutama di pagi hari saat kamu bangun tidur hingga menjelang siang hari.

Perasaan mual dan gejala muntah-muntah ini berbeda pada setiap perempuan yang sedang hamil muda.

Karena pada kenyataannya, tidak semua calon Mama akan mengalami morning sickness saat ia sedang mengandung janinnya.

Untuk mengatasi rasa mual dan muntah-muntah saat mengalami morning sickness, kamu bisa meminum minuman herbal atau minuman hangat lainnya untuk meredakan mual dan muntah.

Baca Juga: Tips Atasi Morning Sickness dari Mama Milenial

6. Keluar flek darah

6. Keluar flek darah
blackdoctor.org

Pendarahan kecil atau yang biasanya dikenal dengan flek darah kadang disalahartikan sebagai darah haid.

Meskipun mirip, flek darah karena kehamilan memiliki ciri-ciri yang berbeda dan mudah kamu pelajari.

Umumnya, flek darah tanda kehamilan itu berwarna lebih pucat daripada darah haid yang kamu alami. Warna flek darah yang pucat ini muncul akibat dari implantasi embrio ke dalam dinding rahim.

7. Lebih sering buang air kecil

7. Lebih sering buang air kecil
belliesinc.com

Adanya tekanan di bagian kandung kemih akibat pertumbuhan janin di rahim akan membuat perempuan yang sedang hamil menjadi lebih sering buang air kecil lebih daripada biasanya.

Hal itu juga berlaku bagi perempuan yang tidak banyak minum air.

Meskipun kondisi ini akan melelahkan kamu bolak balik ke kamar mandi, perempuan yang sedang hamil tidak boleh menahan-nahan rasa ingin buang air kecil agar tidak meracuni janin.

8. Indera penciuman menjadi lebih tajam

8. Indera penciuman menjadi lebih tajam
momblogsociety.com

Seseorang bisa saja memiliki ketidaksukaan terhadap suatu makanan atau hal lainnya yang memilik bau tajam, misalkan durian atau jengkol.

Namun, berbeda dengan perempuan yang sedang hamil, aroma sesuatu yang awalnya biasa saja saat ia tidak hamil, saat ia sedang hamil bisa membuatnya tidak nyaman, seperti aroma tubuh suaminya.

Hal ini dikarenakan pada perempuan yang tengah hamil muda, indera penciuman menjadi lebih tajam dari sebelumnya.

Nah, itu dia beberapa tanda-tanda kalau kamu tengah hamil 1 bulan yang bisa kamu lihat dan rasakan. Setelah tanda kehamilan seperti di atas muncul, segera pastikan kehamilan dengan menggunakan testpack atau langsung memeriksakannya ke dokter.

Apabila sudah dipastikan kamu sedang hamil, rawat kehamilan kamu dengan sebaik-baiknya. Selamat, Ma!

0 Response to "Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Mama Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...