3 Manfaat Penting Buah dan Sayur Bagi Anak yang Sayang untuk Dilewatkan




Baik bagi orang dewasa maupun anak-anak, buah dan sayur adalah bagian penting dalam pola makan sehat yang ideal. Pasalnya, kandungan nutrisi di dalamnya merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.


Manfaat makan buah dan sayur bagi anak


1. Peningkatan gizi


Tubuh anak membutuhkan asupan gizi baik yang bisa mereka dapatkan dari sayur dan buah yang mengandung banyak vitamin, mineral serta manfaat lainnya. Buah asam seperti stroberi kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, wortel kaya akan vitamin A, dan bayam adalah sumber zat besi yang dapat mencegah anemia.


Buah apel mengandung 16 macam polifenol yang bekerja sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Intinya, mengonsumsi buah dan sayur beraneka warna dapat memberi berbagai nutrisi penting yang membantu menjaga anak Anda tetap sehat dan bugar setiap hari.


2. Mengurangi risiko obesitas


Buah dan sayuran kaya akan serat yang mengenyangkan, namun rendah lemak dan kalori. Itu sebabnya, mulailah ajak anak Anda untuk memilih buah dan sayur sebagai pengganti camilan yang mengandung banyak gula atau makanan junk food, sehingga anak Anda akan terhindar dari risiko obesitas atau kegemukan. Anak yang kegemukan berpotensi mengembangkan berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, darah tinggi, masalah pernapasan, depresi dan beragam penyakit kronis lainnya di kemudian hari.


3. Mendukung prestasi si kecil di sekolah


Penerapan pola makan sehat, termasuk banyak mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu anak Anda berprestasi lebih baik di sekolah. Bahkan penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of School Health menemukan bahwa anak-anak dengan kualitas makan yang buruk (kurang asupan sayur dan buah) diketahui cenderung mendapatkan nilai akademis yang buruk dibanding yang mendapatkan asupan sayur dan buah setiap hari. Anak-anak yang biasa mengonsumsi menu sehat memiliki kemungkinan 41 persen lebih kecil untuk mengalami kesulitan membaca, dibanding anak-anak lain.


Memang ada beberapa faktor yang memengaruhi prestasi anak-anak di sekolah. Namun, pemenuhan asupan gizi merupakan faktor paling penting yang memengaruhi prestasi menjadi lebih baik.


Tips menambahkan lebih banyak buah dan sayur pada menu anak Anda


Untuk tetap sehat dan bugar, anak Anda perlu menu seimbang yang dilengkapi sayur dan buah setiap hari. Banyak cara menarik untuk membuat anak-anak Anda terbiasa mengonsumsi makanan kaya sayuran dan buah-buahan yang enak. Berikut ini beberapa cara mudah dan menarik yang bisa Anda lakukan agar anak Anda terbiasa mengonsumsi buah dan sayur



  • Masukan potongan pisang atau stroberi ke dalam sereal

  • Tambahkan potongan buah ke dalam yogurt

  • Buatlah smoothie dengan buah yang dibekukan

  • Bawakan buah-buahan yang telah dipotong-potong sebagai bekal anak

  • Coba menu kebab sayuran untuk makan malam anak

  • Tambahkan potongan jamur, zaitun, atau wortel dalam telur dadar


Memakan buah langsung lebih baik ketimbang buah yang sudah dijus, karena terkadang jus buah mengandung hingga 6 sendok teh gula tambahan dan tidak mengandung serat baik.


Buah-buahan kering seperti aprikot, apel, dan apel yang dikeringkan memang masih kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Namun mereka juga mengandung banyak gula dan dapat menyebabkan kerusakan gigi, karena biasanya buah kering ini sering lengket dan menempel pada gigi anak. Jika Anda memberi anak Anda buah kering, beri mereka dalam porsi kecil, dan pastikan mereka minum segelas air setelahnya. Sebenarnya, lebih baik memilih buah-buahan dan sayuran yang dikemas dengan air atau jus alami dibandingkan yang sudah ditambah gula atau garam.


0 Response to "3 Manfaat Penting Buah dan Sayur Bagi Anak yang Sayang untuk Dilewatkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...