Apakah Kanker Anak Bisa Dicegah Apa yang Harus Ortu Lakukan




Menurut data dari International Agency for Research on Cancer (IARC), setiap tahunnya ada 300 ribu kasus kanker baru pada anak dan 80 ribu di antaranya tidak bisa diselamatkan. Kanker dapat menyerang anak pada usia berapa pun, mulai dari bayi  hingga anak tumbuh besar. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kanker pada anak? Apakah bisa mencegah kanker anak?


Apakah memang bisa mencegah kanker anak?


Sayangnya, sampai saat ini para ahli belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker, apalagi pada kasus kanker anak. Pasalnya, para ahli menyatakan hanya ada faktor risiko yang mungkin membuat peluang seseorang terkena kanker lebih tinggi. 


Kanker pada orang dewasa memang bisa disebabkan oleh berbagai faktor risiko yang biasanya dikaitkan dengan pola hidup yang tidak sehat. Ya, banyak orang yang sudah menghindari rokok, tidak makanan berlemak, rajin olahraga, serta selalu makan makanan sehat, karena tak ingin berisiko terserang penyakit kanker. Hal tersebut sebenarnya berlaku untuk orang dewasa.


Lantas, bagaimana dengan anak-anak? Kanker pada anak memang tidak diketahui pasti apa penyebabnya, karena faktor gaya hidup tidak berlaku dalam hal ini. Kanker bisa menyerang anak balita hingga yang baru saja lahir, tentu hal ini bukan disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat.


Maka itu, sebenarnya sampai sekarang belum ada hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker anak. Beberapa hal mungkin saja bisa memicu kanker ini tumbuh pada si kecil, seperti keturunan atau kerusakan gen. Namun, sekali lagi belum ada bukti ilmiah yang menyatakan dengan pasti apa penyebabnya.


Meskipun di keluarga Anda ada riwayat kanker, belum tentu itu adalah penyebabnya, tapi memang hal ini bisa menambah peluang sel kanker untuk tumbuh dan berkembang.


kanker pnet


Apa yang harus saya lakukan agar anak tidak kena kanker?


Meskipun memang tidak ada hal pasti yang bisa mencegah kanker anak, para ahli berpendapat bahwa pola hidup yang sehat dalam keluarga dapat membantu menjaga kesehatan anggota keluarga secara keseluruhan. Dari membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat dari masa sebelum dan selama kehamilan, hingga masa menyusui adalah hal yang penting.


Berhenti melakukan kebiasaan buruk seperti mengonsumsi alkohol serta merokok juga sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga. Dengan membiasakan pola hidup yang baik dalam keluarga, membuat anak-anak juga terhindar dari risiko kanker yang mungkin saja bisa ia alami ketika dewasa.


Selain itu, Anda juga harus selalu memerhatikan dan memantau kondisi kesehatan si buah hati. Bila memang si kecil mengalami suatu gejala tertentu, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Ini karena sebenarnya kanker pada anak bisa disembuhkan. Apalagi jika kanker ditemukan masih dalam stadium awal. Untuk itu, Anda harus tetap memerhatikan kesehatannya dan menerapkan pola hidup sehat pada si kecil.


0 Response to "Apakah Kanker Anak Bisa Dicegah Apa yang Harus Ortu Lakukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...