Penyakit Kronis yang Mungkin Terjadi Jika Anak Anda Kegemukan




Sekarang ini, risiko kegemukan tidak hanya menghantui orang dewasa saja. Menurut data World Health Organization pada tahun 2015 terdapat setidaknya 42 juta anak di bawah usia 5 tahun yang mengalami kelebihan berat badan. Belum lagi sekarang banyak anak gemuk yang memasuki usia sekolah. Tetapi apakah anak-anak tersebut juga akan mengalami penyakit kronis seperti orang dewasa?


Anak gemuk memiliki tumpukan lemak jahat di dalam tubuhnya


Tidak hanya pada orang dewasa saja, lemak memiliki sifat sama jahatnya pada anak-anak. Jika Anda terlalu sering memberikan dan membiarkan anak mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi, maka bukan tidak mungkin lemak-lemak tersebut akan membahayakan kesehatan anak.


Sebenarnya, pencernaan dan metabolisme lemak di dalam tubuh anak-anak tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Namun ada beberapa hal yang membedakan keduanya, yaitu seberapa cepat proses pencernaan dan metabolisme terjadi.


Secara keseluruhan mungkin memang kecepatab metabolisme anak lebih lambat ketimban orang dewasa, tetapi hal itu tidak membuat mereka terlepas dari risiko kegemukan jika mengonsumsi lemak terlalu banyak. Jadi, peluang untuk lemak menumpuk pada tubuh anak dan orang dewasa bisa dibilang hampir sama saja.


Anak gemuk juga bisa mengalami berbagai penyakit kronis seperti orang dewasa


Percaya atau tidak status gizi anak saat kecil adalah prediksi status gizinya di usia dewasa. Semua saling berkaitan, bahkan sejak anak lahir. Misalnya saja seorang anak yang lahir dengan berat badan yang lebih dari 4 kg, berpeluang untuk mengalami obesitas di masa anak-anak. Sedangkan anak-anak yang obesitas sangat mungkin memiliki status gizi yang sama saat dewasa.


Sehingga, sama seperti orang dewasa, anak gemuk memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami berbagai penyakit kronis ketika mereka sudah mengalami usia dewasa. Apalagi, jika orangtua membiarkan anak mereka tidak mengubah pola hidup mereka, maka bukan tidak mungkin ketika dewasa anak-anak tersebut akan mengalami obesitas dan penyakit kronis, seperti:


Diabetes tipe 2


Meskipun memang diabetes tipe 2 lebih sering dialami oleh orang dewasa, tetapi tidak menutup kemungkinan anak yang kegemukan bisa mengalaminya. Anak gemuk kerap memilki kadar gula darah yang tinggi. Ini membuat tubuh anak menjadi kebal terhadap insulin. Hal ini menyebabkan hormon insulin yang berperan sebagai pengatur gula darah tak lagi berfungsi dengan baik.


Tekanan darah tinggi atau hipertensi


Bahkan anak gemuk yang berusia 7 tahun, sangat mungkin memiliki tekanan darah tinggi akibat kondisi tubuhnya tersebut. Persis seperti hipertensi yang dialami oleh orang dewasa, anak gemuk yang tekanan darahnya tinggi memang pada awalnya tidak memperlihatkan gejala atau tanda medis apapun. Tekanan darah tinggi adalah pemicu dari berbagai penyakit jantung, oleh karena itu jika anak Anda mengalami hipertensi sebaiknya lakukan pemeriksaan lengkap di dokter.


Apakah penyakit kronis tersebut bisa dicegah meski anak sudah kegemukan?


Ya, sebagai orangtua, Anda dapat membantu anak untuk memperbaiki kondisi kesehatannya. Anak gemuk memang memiliki risiko yang sangat tinggi untuk mengalami berbagai gangguan kesehatan di masa yang akan datang, namun bukan berarti ia akan mengalaminya dalam waktu dekat ini.


Anda bisa menerapkan pola hidup sehat pada mereka seperti membiasakan diri untuk olahraga, mengatur porsi makan agar berat badan si anak menurun. Dan jangan lupa untuk memeriksakan anak ke dokter dan berkonsultasi dengan ahli gizi agar mengetahui diet yang tepat.


0 Response to "Penyakit Kronis yang Mungkin Terjadi Jika Anak Anda Kegemukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...