4 Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak Dengan Bahan Alami




Memiliki dahak yang menumpuk di tenggorokan pasti sangat tidak nyaman. Apalagi jika terjadi pada anak Anda. Bila anak Anda masih balita, maka hal tersebut akan sangat membuatnya rewel. Namun tenang, Anda dapat menghilangkan dahak tersebut dengan hanya menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.


Bagaimana cara menghilangkan dahak pada anak?


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan dahak anak dengan cara yang mudah dan memakai bahan-bahan yang ada di rumah Anda. Lalu bagaimana cara menghilangkan dahak pada anak dengan bahan-bahan alami?


1. Menggunakan madu


Seperti yang kita tahu bahwa sebenarnya madu punya banyak manfaat dan kegunaan, salah satunya adalah untuk menghilangkan dahak. Bahkan para ahli menyatakan bila madu memiliki efek yang lebih ampuh dalam menghilangkan dahak ketimbang dengan dekongestan (obat penghilang dahak). Semakin gelap warna madunya, maka semakin banyak antioksidan di dalamnya dan dapat semakin efektif untuk menyembuhkan gejala yang dirasakan si anak.


Berikan anak setengah sendok teh per 11 kg berat badan Anak. Anda dapat memberikan anak madu sebanyak empat sampai lima kali per hari dengan dosis yang dihitung berdasarkan berat badan anak saat itu.


Tapi ingat, apabila anak Anda masih di bawah 2 tahun, maka sebaiknya jangan diberikan madu dan segera periksakan ke dokter.


2. Mengonsumsi air putih yang cukup


Air putih salah satu alternatif terbaik untuk meredakan dahak yang menumpuk. Air putih termasuk dalam kelompok dekongestan alami yang dapat Anda andalkan. Selain bisa menghilangkan dahak anak, mengonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh melawan infeksi yang sedang terjadi. Coba berikan anak Anda air putih hangat untuk mempercepat meredakan dahaknya yang menumpuk tersebut.


3. Minum jus lemon


Meskipun rasanya yang asam, jus lemon ampuh untuk menghilangkan dahak yang menumpuk di tenggorokan si anak. Tidak perlu memberikan jus lemon terlalu banyak pada anak, cukup satu sendok teh per tiga jam sekali. Pastikan anak Anda minum air putih yang cukup setelah mengonsumsi jus lemon, sebab jus lemon dapat mengakibatkan anak mengalami dehidrasi.  


4. Mandi dengan air hangat


Memandikan anak dengan air yang hangat dapat membantu melegakan saluran pernapasannya yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk. Mandi air hangat selama kurang lebih 10 menit juga memberikan dampak baik untuk kesehatan seperti, melancarkan aliran darah, membersihkan kuman penyakit lebih ampuh, dan meringankan gejala pilek.


Lalu apakah ada obat yang bisa menghilangkan dahak pada anak saya?


Jenis obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan dahak yang menumpuk adalah dekongestan. Dekongestan ini dapat Anda dapatkan di apotek terdekat di sekitar Anda. namun hati-hati dengan pemberian obat jenis ini pada anak Anda. Sebab jika Anda salah dalam memberikan obat pada anak, anak justru bisa mengalami keracunan.


Sebaiknya Anda baca aturan pakai yang ada di kemasan obat tersebut. Biasanya, anak yang di bawah 4 tahun tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat-obatan tersebut. Dan apabila kondisi anak tidak kunjung membaik, lebih baik Anda segera membawanya ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.


0 Response to "4 Cara Menghilangkan Dahak Pada Anak Dengan Bahan Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...