Bagaimana Menghadapi Anak Remaja yang Sedang Berduka




Anak remaja yang masih mengalami perkembangan emosi, biasanya akan mudah merasa depresi dan tertekan apalagi jika mengalami hal yang buruk. Salah satunya ketika mengetahui ia kehilangan teman baiknya. Meskipun sebagian besar dari mereka sudah mengetahui tentang konsep meninggal, namun kehilangan seseorang yang dekat dengannya adalah hal yang baru ia rasakan. Oleh karena itu, dibutuhkan peran orangtua untuk membantu menghibur anak remaja yang mengalami kondisi ini. Berikut adalah cara untuk menghadapi serta menghibur anak remaja yang sedang bersedih akibat kehilangan temannya.


Cara menghadapi anak remaja yang bersedih akibat kematian orang dekatnya


1. Katakan sesuatu dan dengarkan


Anda mungkin bingung apa yang harus dikatakan pada anak Anda yang sedang bersedih itu. Namun, jangan biarkan ia sendiri tenggelam di dalam kesedihannya. Anda bisa mengatakan hal-hal yang membuat dirinya tenang. Hindari hal-hal yang bersifat menasihati, sebab hal tersebut hanya akan membuat anak remaja Anda menjadi tak nyaman. Dengarkan ia saat ia menceritakan mengenai duka yang ia rasakan. Katakan padanya berduka adalah suatu yang normal


2. Mengajak bicara di waktu yang tepat


Anak remaja yang sedang bersedih juga memerlukan waktu untuk dirinya sendiri. Sebenarnya, mereka tahu bagaimana mengatasi rasa sedih dan kehilangan yang dirasakan, namun dukungan Anda masih sangat diperlukan untuk membuatnya nyaman. Untuk mengisi keheningan, Anda bisa memeluk, memegang tangan, atau menawarkan anak Anda tisu. Buatlah anak Ada menjadi lebih nyaman.


3. Pastikan bila kebutuhan dasar anak Anda terpenuhi


Saat mengalami masa sedih dan sulit, banyak orang yang hidupnya menjadi tak teratur, seperti melewatkan waktu makan atau kurang tidur. Hal ini juga mungkin terjadi pada anak Anda. Menurut American Psychological Association, 39% remaja melewatkan waktu makan ketika sedih dan stres. Oleh karena itu, Anda lah yang berperan untuk memastikan segala kebutuhan dasar anak Anda terpenuhi. Tidur yang kurang dan makan yang tidak teratur justru akan membuat tubuh menjadi semakin lelah dan tingkat stres sangat mungkin untuk meningkat.


4. Berikan motivasi dan dorongan pada anak


Berikan dorongan dan motivasi pada anak remaja Anda untuk kembali membuka diri dan melakukan hubungan pertemanan baru dengan teman-teman lainnya. Bagi remaja, teman adalah rumah kedua dan sudah dianggap seperti keluarga sendiri. Oleh karena itu, coba lah untuk meningkatkan keberanian si anak kembali dalam menjalin pertemanan dengan orang baru. Bantu ia untuk beradaptasi dengan teman-tema barunya.


5. Berikan pengertian


Meskipun sudah terbilang besar, mungkin sebagian besar anak remaja masih belum mengerti benar tentang konsep kehilangan yang ia rasakan. Mereka akan cenderung melampiaskan emosi pada hal apapun itu, tidak memandang apakah itu baik atau buruk bagi dirinya. Karena itu, Anda harus mewaspadai dan sangat memerhatikan anak Anda saat itu. Tidak sedikit anak remaja yang justru terjerumus ke dalam pergaulan yang buruk akibat tertekan dan merasa depresi.


0 Response to "Bagaimana Menghadapi Anak Remaja yang Sedang Berduka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...