7 Trik Tetap Sukses Turun Berat Badan Meski Sedang Liburan




Anda sedang menjalani program turun berat badan, tapi masa liburan sudah tiba? Jangan khawatir, liburan bukan berarti Anda harus menghentikan usaha diet sehat, kok. Pada kenyataannya, Anda malah bisa turun berat badan saat liburan. Wah, bagaimana caranya? Simak beragam tips mencegah berat badan naik sekaligus menurunkan berat badan saat berlibur di bawah ini.


Tips turun berat badan saat liburan


Ke mana saja Anda pergi, menurunkan berat badan bukanlah hal yang mustahil. Tantangan untuk turun berat badan saat liburan memang bisa jadi bertambah. Misalnya Anda harus bolos berolahraga dulu selama beberapa hari. Namun, Anda bisa menyiasati berbagai tantangan saat jalan-jalan dengan tujuh cara jitu berikut ini. Selamat mencoba!


1. Jalan kaki


Saat mengelilingi objek wisata, sebaiknya pilih jalan kaki daripada naik kendaraan. Begitu juga ketika Anda menjelajahi lingkungan tempat Anda menginap. Jalan kaki saat liburan tidak terasa melelahkan atau membosankan karena Anda sedang berada di tempat yang baru. Selain itu, Anda pun bisa membakar banyak kalori dengan cara yang menyenangkan.


2. Batasi porsi makan


Saat berlibur, Anda tetap harus membatasi porsi makan. Kalau Anda benar-benar ingin mencoba masakan khas daerah yang dikunjungi, sebaiknya pesan hidangan tersebut untuk disantap beramai-ramai dengan keluarga, pasangan, atau teman berlibur Anda. Dengan begitu, Anda masih bisa mencicipi masakan khas tersebut tanpa harus makan berlebihan.


3. Pilih satu saja jenis makanan yang menggemukkan


Di kota atau negara tujuan Anda berwisata, pasti ada salah satu menu makanan yang sudah Anda idam-idamkan. Sayangnya, makanan tersebut mungkin tinggi kalori, lemak, dan kolesterolnya.


Untuk itu, Anda harus lebih selektif. Jangan kalap dan mencoba semua jenis masakan di tempat tujuan. Pilih satu saja jenis masakan yang tinggi lemak dan kalori yang boleh Anda santap sendirian karena menahan ngidam mungkin membuat Anda semakin sulit mengendalikan nafsu makan saat liburan.


4. Hindari junk food


Selain masakan khas daerah setempat, Anda juga mungkin tergoda untuk memilih makanan cepat saji. Entah karena sudah diburu-buru waktu atau hanya makanan tersebut yang tersedia di daerah Anda berlibur.


Daripada memilih junk food, sebaiknya beranikan diri untuk mencoba berbagai jenis makanan lokal. Makanan lokal daerah biasanya lebih alami, tidak banyak diproses secara kimiawi sehingga lebih aman bagi Anda.


5. Banyak minum air putih


Selalu sediakan air putih saat Anda bepergian. Membawa air putih bisa mengusir haus sehingga Anda tidak tergoda untuk membeli minuman manis tinggi kalori, seperti es teh manis atau soft drink.


Selain itu, minum air putih sebelum makan juga terbukti bisa membantu Anda mengendalikan porsi makan supaya tidak makan kebanyakan.


6. Tetap berolahraga


Liburan adalah saat yang tepat untuk menggerakkan badan dan jadi lebih bugar! Jadi, manfaatkan waktu liburan dengan aktivitas yang sehat seperti naik sepeda, mendaki gunung, berenang, mencoba yoga, atau jogging di pagi hari.


Dengan aktif berolahraga, kalori yang bertambah saat liburan bisa dibakar jadi energi. Anda pun tidak perlu khawatir berat badan naik setelah berlibur.


7. Tidur cukup


Anda mungkin ingin memaksimalkan waktu liburan sehingga jadi kurang tidur. Padahal, kurang tidur bisa membuat Anda lapar terus dan akhirnya makan lebih banyak dari biasanya. Hal ini tentu akan mengganggu rencana Anda untuk turun berat badan saat liburan. Karena itu, usahakan Anda tidur cukup, yaitu selama tujuh hingga sembilan jam setiap hari.


0 Response to "7 Trik Tetap Sukses Turun Berat Badan Meski Sedang Liburan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...