Folikulitis Pruritus Pada Ibu Hamil Pengertian, Penyebab dan Cara Perawatan

Folikulitis Pruritus Pada



Folikulitis Pruritus Pada Ibu Hamil : Pengertian, Penyebab dan Cara Perawatan
























Berbagai macam tanda kehamilan memang sering membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman. Ibu hamil bisa merasa seperti orang yang akan sakit karena pertumbuhan embrio dalam rahim. Salah satu masalah yang sangat umum adalah ibu merasa gatal pada semua bagian tubuh dan terutama area perut. Ini adalah gangguan umum yang sering disebut dengan istilah folikulitis. Kondisi ini yang akan membuat ibu merasa lebih gatal pada awal kehamilan. Untuk mengetahui apa itu folikulitis pruritus pada ibu hamil, termasuk pengertian, penyebab dan cara perawatan, maka simak informasi berikut ini.


Pengertian



Folikulitis pruritus adalah kondisi peradangan yang menyerang pada area folikel. Peradangan ini akan membuat beberapa bagian kulit tubuh ibu hamil keluar bintik merah atau benjolan kecil atau ruam yang membuat rasanya sangat gatal. Area yang gatal bisa menyebar dengan cepat sehingga memang tidak nyaman. Jika terlambat untuk diobati maka area bisa meluas. Penyakit ini memang tidak berbahaya tapi bisa memicu sensasi gatal dan panas pada kulit ibu, termasuk seperti gatal gatal pada ibu hamil.


Penyebab



  1. Perubahan hormon


Berbagai masalah perubahan hormon saat hamil tidak hanya menyebabkan morning sickness saja tapi juga masalah pada kulit ibu. Akhirnya karena perubahan hormon yang sangat cepat maka akan membuat ibu merasa bagian perut dan sekitarnya keluar bintik merah atau benjolan yang kecil. Rasanya memang sangat gatal dan terkadang juga disertai dengan rasa panas. Ini biasanya terjadi pada saat ibu masuk ke trimester kedua sampai melahirkan, kemudian setelah melahirkan maka akan sembuh sendiri tanpa perawatan.



  1. Sistem imun yang rendah


Kekebalan tubuh ibu hamil memang berbeda-beda. Beberapa ibu bisa saja sangat sehat sementara yang lain tidak begitu sehat. Ketika tubuh ibu menjadi sangat lemah, maka itu juga akan menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Reaksinya akan membuat penyebab ibu hamil cepat lelah dan masalah lain termasuk masalah kulit pada tubuh ibu. Meskipun ini sering diremehkan, namun sebaiknya ibu cepat mencari bantuan.



  1. Penyakit kulit sebelum hamil


Ibu hamil yang awalnya memiliki gangguan penyakit kulit maka bisa memiliki resiko tinggi terkena folikulitis pruritus. Masalah ini bisa dipicu oleh jerawat yang sangat buruk sebelum hamil, sering terkena gatal-gatal karena alergi dan juga eksim pada ibu hamil. Kemudian jika ini terjadi maka bisa meningkatkan masalah penyakit kulit pada bayi yang akan dilahirkan nanti.




Cara Perawatan



  1. Krim benzoil peroksida


Salah satu jenis obat krim yang sangat aman untuk masalah kulit ibu hamil adalah benzoil perosida. Krim ini sangat aman untuk kulit dan tidak menyebabkan efek samping untuk ibu maupun janin dalam kandungan. Tapi jika digunakan secara berlebihan maka bisa menyebabkan masalah seperti gatal lebih kuat, sensasi panas dan kesemutan. Efek samping ini bisa berlangsung singkat atau lama sehingga jika muncul maka ibu sebaiknya segera pergi ke dokter terdekat.



  1. Menjaga kebersihan


Ibu hamil juga harus selalu menjaga kebersihan agar tidak terjadi infeksi akibat virus atau bakteri. Karena saat terkena penyakit ini tubuh ibu hamil memang memiliki imunitas yang lebih rendah. Sehingga penting untuk menjaga agar ibu menjaga kebersihan. Hindari berbagi peralatan pribadi dengan anggota keluarga yang lain atau orang lain karena bisa membuat kondisi kulit ibu lebih parah.



  1. Jangan menggaruk


Ibu juga bisa mengatasi kondisi ini dengan tidak menggaruk benjolan atau bintik merah. Menggaruk akan membuat area yang gatal menjadi lebih luas sehingga ibu merasa tidak nyaman. Jadi ibu hanya perlu membuat area yang gatal kering, terkena udara yang lebih banyak dan jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat agar tidak terlalu gatal.


Nah itulah semua informasi tentang folikulitis pruritus pada ibu hamil, termasuk pengertian, penyebab dan cara perawatan. Penyakit ini memang sangat umum dan tidak berbahaya, tapi ibu hamil harus tahu cara perawatan terbaik sehingga kondisi penyakit tidak memburuk dan bisa dihindari.
































0 Response to "Folikulitis Pruritus Pada Ibu Hamil Pengertian, Penyebab dan Cara Perawatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...