7 Nutrisi Agar Kulit Tidak Dehidrasi

Berpuasa dapat membuat tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh yang berdampak langsung pada kelembapan kulit. Pasalnya, jumlah cairan yang dibatasi selama bulan Puasa serta cuaca panas dapat membuat tubuh kehilangan vitamin dan mineral yang penting. Nah, Anda bisa memastikan nutrisi yang diperlukan agar kulit tidak dehidrasi selama berpuasa bila mengonsumsi berbagai macam makanan yang sehat.

Berikut nutrisi penting yang bisa membantu menjaga kulit dari dehidrasi selama berpuasa.

Vitamin A

Vitamin A paling dibutuhkan kulit sebab bisa mencegah kekeringan dan dehidrasi serta melembutkan kulit. Dapatkan vitamin A dari wortel, bayam, dan sayuran berdaun hijau. Minumlah jus wortel selama bulan Ramadan setidaknya sekali seminggu atau tambahkan potongan wortel dalam sup. 

Vitamin B

Vitamin B dapat mencegah keriput. Anda bisa mendapatkan vitamin B dari daging, gandum, dan biji-bijian. Agar makin sehat, sajikan daging tanpa lemak, ayam panggang, dan ikan sebagai menu buka dan sahur Anda. 

Vitamin E

Vitamin E berguna menyamarkan kerutan wajah dan membantu regenerasi sel. Dapatkan vitamin E di dalam kacang-kacangan dan minyak sayur untuk memasak.

Vitamin C

Vitamin C akan membuat wajah Anda lebih bercahaya. Caranya, konsumsi buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi, belimbing, dan melon. Bila Anda bosan memakannya dalam bentuk utuh, Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothies.

Selenium dan Zinc

Selain vitamin-vitamin yang disebutkan sebelumnya, antioksidan sebetulnya dapat diperoleh di dalam selenium dan zinc yang mampu menjaga kesehatan kulit. Sumber selenium dan zinc adalah daging dan makanan laut. 

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah lemak baik yang menjaga kulit tetap sehat dan terdapat dalam ikan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengonsumsi ikan dua kali dalam seminggu dengan cara dipanggang agar nutrisi di dalamnya tetap komplet dan terjaga. Selain itu, sushi bisa menjadi pilihan yang tak kalah bernutrisi.

Air Putih

Perbanyak air putih untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi, menjaga keelastisan kulit, dan menunda keriput. Minumlah setidaknya 8 gelas sehari di antara jam sesudah buka puasa dan sebelum sahur. (PA)

Di-review oleh dr. Silvia Veronica, SpKK

 

0 Response to "7 Nutrisi Agar Kulit Tidak Dehidrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...