4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Anda Mengidap Penyakit Jantung Koroner




Penyakit jantung koroner adalah salah satu penyakit jantung kronis yang menyebabkan tingginya tingkat kematian di dunia. Biasanya, gejala dan tanda yang timbul ketika seseorang mengalami penyakit ini adalah napas menjadi pendek, berkeringat, dan jantung berdetak dengan cepat. Lalu, apa yang harus Anda lakukan jika saya mengalami penyakit jantung koroner? Bisakah penyakit ini disembuhkan?


Apa yang harus saya lakukan ketika terkena penyakit jantung koroner?


Penyakit ini terjadi akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri, sehingga aliran darah tak lancar dan mengakibatkan otot-otot jantung tidak menerima oksigen dan nutrisi lainnya. Kondisi tersebut menyebabkan otot-otot jantung tak berfungsi dengan baik dalam melakukan tugasnya memompa darah ke seluruh tubuh sehingga, ketika otot jantung berhenti memompa maka akan timbul komplikasi, yaitu serangan jantung atau bahkan gagal jantung.


Oleh karena itu, fokus utama dari pengobatan yang diberikan pada pengidap jantung koroner bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul, mengurangi risiko terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah, serta mencegah serangan jantung.


Meskipun Anda diberikan obat untuk membuat kondisi kesehatan Anda membaik, namun pengobatan medis tidak akan sepenuhnya berhasil jika tidak diiringi dengan adanya perubahan pola hidup yang Anda miliki. Bila Anda memiliki penyakit jantung koroner, maka pastikan untuk melakukan hal-hal berikut:


1. Menerapkan pola makan yang sehat


Penumpukan plak yang ada di dalam pembuluh darah Anda terjadi akibat timbunan lemak tubuh yang terlalu banyak. Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti gorengan dan fast food.


Selain itu, jika Anda mengonsumsi makanan berkalori tinggi, juga akan meningkatkan risiko penyumbatan pada pembuluh darah. Jadi, batasi juga makanan yang mengandung gula tinggi dan tetap mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. perbanyaklah mengonsumsi makanan sumber serat.


Tak hanya porsi makan, jadwal makan juga perlu Anda perhatikan agar Anda memiliki pola makan yang sehat dan mencegah makan berlebihan.


2. Melakukan olahraga rutin


Olahraga adalah hal penting yang harus dilakukan oleh semua orang, bahkan bagi Anda yang telah terkena penyakit jantung koroner. Dengan berolahraga rutin, lemak-lemak yang sebelumnya tertimbun di dalam tubuh dan membuat pembuluh tersumbat dapat terbakar, risiko serangan jantung pun semakin rendah.


Sebelum melakukan olahraga, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter Anda jenis olahraga dan intensitas seperti apa yang boleh Anda lakukan. Usahakan untuk melakukan olahraga setiap hari, meskipun dalam durasi yang tak terlalu lama.


3. Hindari stres


Stres adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan pembuluh darah Anda tersumbat dan oksigen tidak sampai ke jantung. Wajar memang bila seseorang mengalami tekanan dan stres, namun yang terpenting adalah bagaimana mengelola stres tersebut. Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda sukai, untuk menurunkan tingkat stres yang Anda alami.


4. Tidur dengan cukup dan teratur


Kurang tidur bisa menyebabkan Anda berisiko penyakit jantung koroner, sehingga bila Anda sudah mengalami penyakit tersebut, kebiasaan begadang hanya membuat kondisi kesehatan Anda semakin buruk. Dalam berbagai penelitian diketahui bahwa orang yang durasi tidurnya kurang dari 7 jam per malam memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.


0 Response to "4 Hal yang Harus Dilakukan Jika Anda Mengidap Penyakit Jantung Koroner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...