5 Gerakan Senam Hamil Untuk Bayi Sungsang Yang Patut Dicoba

5 Gerakan Senam


























Menghadapi kehamilan terutama kehamilan pertama, ibu hamil pastinya akan melakukan berbagai aktivitas yang mendukung kesehatan dan perkembangan janin yang dikandungnya. Berbagai macam aktivitas dan pola makan yang dilakukan oleh ibu hamil dilakukan secara teratur untuk menghindarkan kehamilan tersebut dari berbagai masalah dan gangguan kehamilan yang mungkin bisa saja berbahaya bagi ibu serta janinnya. Selain masalah gangguan, ada beberapa kondisi yang tidak normal dalam kehamilan. Salah satunya adalah posisi bayi yang sungsang. Masalah kehamilan dapat datang mulai dari awal kehamilan sampai dengan ibu mendekati tanda tanda akan melahirkan.


Bayi sungsang merupakan posisi bayi dimana kepala berada dibagian yang tidak semestinya mendekati usia kehamilan tua sebelum persalinan. Permasalahan bayi sungsang ini dapat diketahui apabila masa kehamilan yang sudah tua dan mendekati proses persalinan. Posisi bayi sungsang dapat terlihat pada usia kehamilan yang sudah tua melalui pemeriksaan USG (Ultrasonography). Penyebab bayi sungsang ini dapat disebabkan oleh :




  • Kondisi rahim yang tidak sempurna,

  • Riwayat kehamilan sungsang,

  • Usia ibu saat hamil,

  • Volume air ketuban,

  • Ukuran tali pusar yang pendek,

  • Bentuk pingul bayi yang tidak sempurna,

  • Kondisi stres pada ibu hamil.


Dalam mengatasi kondisi kehamilan dengan bayi sungsang dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti melakukan external cephalic version yakni memberikan dorongan pada perut ibu agar bayi merubah posisinya dan melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan adalah melakukan senam. Senam hamil merupakan salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk membantu ibu melahirkan normal. Beberapa gerakan senam hamil untuk bayi sungsang adalah sebagai berikut.



  1. Gerakan Knee Chest


Gerakan senam yang pertama dilakukan sebagai cara senam hamil untuk bayi sungsang adalah gerakan knee chest. Gerakan ini dapat membantu menstimulus bayi sungsang agar kembali ke posisi normal dengan cara menungging kearah samping sehingga menyebabkan perut tertekan. Tekanan pada perut tersebutlah yang dapat membuat bayi  kembali keposisi normal apabila dilakukan secara rutin. Dalam melakukan gerakan ini ibu harus tetap memperhatikan tekanan yang diberikan pada perut agar tidak terlalu besar. Untuk melakukan salah satu senam hamil ini perlu adanya pengawasan dari orang lain maupun dari instruktur senam hamil anda.



  1. Gerakan Yoga Headstand


Senam hamil sudah sejak lama dikenal sebagai cara untuk merangsang bayi cepat lahir dan normal. Gerakan senam hamil yang dapat membantu bayi dengan posisi sungsang agar bisa kembali pada posisi lahir normal adalah gerakan yoga headstand. Dalam bahasa indonesia gerakan atau sikap ini dikenal sebagai sikap lilin dimana dilakukan dengan berdiri secara terbalik dengan kepala dibagian bawah dan kaki di bagian atas.


Untuk melakukan salah satu gerakan senam hamil bagi ibu hamil ini, perlu ada bantuan dalam mengatur posisi ibu sedemikian rupa. Posisi sikap lilin ini sebaiknya dilakukan dengan menyandar tubuh ibu hamil pada tembok. Namun posisi yang dapat membantu bayi sungsang ini tidak boleh dilakukan pada ibu yang memiliki riwayat anemia dan hipertensi.



  1. Gerakan Yoga Downward


Gerakan senam hamil lainnya yang dapat dilakukan sebagai cara mengembalikan posisi bayi sungsang adalah gerakan yoga downwardGerakan ini dapat dilakukan oleh ibu hamil sendiri tanpa bantuan orang lain maupun instruktur senam hamil karena salah satu gerakan senam hamil ini cukup aman dibandingkan gerakan lain yang disebutkan sebelumnya.




Gerakan senam hamil yang dapat merangsang kembalinya posisi bayi dari sungsang menjadi posisi yang normal untuk persalinan dilakukan dengan cara mengangkat pantat dan perut ibu hamil dengan bantuan kaki dan tangan sehingga posisi pantat ibu hamil akan lebih tinggi dibandingkan dengan kepalanya. Untuk membantu ibu agar terus konsisten pada posisi gerakan ini dan tidak mengalami kelelahan dapat dibantu dengan menggunakan bola karet besar.



  1. Gerakan Merangkak


Gerakan ini sebenarnya tidak termasuk kedalam gerakan gerakan yang biasa dilakukan untuk senam hamil. Namun ibu hamil didaerah sumatera percaya dan membuktikan bahwa dengan merangkak seperti kucing dan kemudian berdiri mengambil nafas lalu dilanjutkan dengan posisi kayang dapat mengembalikan posisi bayi dari sungsang menjadi normal. Karena gerakan tersebut termasuk olahtubuh dan olahraga maka dapat dicoba sebagai salah satu jenis senam hamil.



  1. Berenang


Selain melakukan senam, salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk membantu mengembalikan posisi janin yang sungsang menjadi normal adalah berenang. Tekanan air pada saat berenang dalam menstimulus bayi agar posisinya kembali normal sebelum melakukan persalinan. Posisi bayi yang normal dan tidak sungsang dapat mencegah proses persalinan agar tidak dilakukan secara caesar.


Berbagai gerakan senam hamil untuk bayi sungsang diatas dapat dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengembalikan posisi bayi sungsang kembali normal pada posisi yang baik untuk proses persalinan. Upaya senam hamil untuk mengembalikan posisi bayi sungsang ini perlu dilakukan untuk mencegah berbagai bahaya melahirkan bayi sungsang. Beberapa bahaya tersebut diantaranya pendarahan pada ibu hamil, robekan pada jalan lahir di rahim ibu, infeksi, trauma pada bayi. Adanya bahaya tersebut menyebabkan dokter spesialis kandungan akan mengharuskan proses persalinan bayi sungsang dilakukan dengan operasi caesar.
































0 Response to "5 Gerakan Senam Hamil Untuk Bayi Sungsang Yang Patut Dicoba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...