7 Hal yang Boleh Dilakukan dan Tidak Boleh Setelah Persalinan Normal

7 Hal Boleh Dilakukan Tidak Boleh Setelah Persalinan Normal
agoramedia.com

Setelah Mama melahirkan normal, maka tubuh Mama akan kembali seperti semula. Akan tetapi proses ini tak bisa terjadi secara langsung. Pastinya tubuh membutuhkan waktu pasca persalinan normal supaya dapat pulih kembali. 

Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk kembali menyesuaikan dengan kondisi seperti sebelum hamil memang memerlukan waktu antara enam hingga delapan minggu yang kerap disebut dengan istilah periode postpartum.

Pada masa ini Mama pun akan mengalami perubahan fisik bahkan emosi yang membutuhkan penyesuaian yang cepat. Mama dapat melakukan tugas yang tak biasa seperti merawat bayi hingga menyusui. Selain itu Mama pun harus tanggap merawat tubuh supaya tubuh jauh lebih nyaman dan dapat melakukan tugas sehingga menjadi Mama yang baik.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Mama Pasca Melahirkan

1. Perawatan untuk nyeri vagina

1. Perawatan nyeri vagina
diseasespictures.com

Untuk Mama yang melewati persalinan normal, maka nyeri pada vagina merupakan masalah umum pasca melahirkan. Terutama untuk Mama yang memperoleh tindakan episiotomi atau dikenal dengan robekan yang sengaja dibuat oleh dokter untuk membuat jalan lahir supaya jauh lebih besar.

Tindakan ini dapat menyebabkan nyeri yang begitu mengganggu selama beberapa minggu pasca persalinan normal. Luka yang ada pada area vagina kerap menyebabkan Mama merasa tak nyaman bahkan kurang leluasa.

2. Perawatan kontraksi pasca melahirkan

2. Perawatan kontraksi pasca melahirkan
wisegeek.com

Mama yang sudah mengalami persalinan normal, terkadang akan mengalami kontraksi berlebihan seperti ciri-ciri kontraksi akan melahirkan hingga proses pembukaan saat melahirkan. Kontraksi ini akan terasa seperti penyebab nyeri haid berlebihan bahkan dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan pula.

Untuk mengurangi risiko pendarahan yang berlebihan, maka kompres pada area perut atau pembuluh darah pada area rahim dengan air dingin hingga air es. Mengompres dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman. Jika Mama sudah melakukan cara tersebut namun kontraksi masih berlebihan, maka segera bicarakan dengan dokter untuk memperoleh penanganan.

3. Latihan otot panggul

3. Latihan otot panggul
borntoworkout.com

Pasca persalinan normal, umumnya Mama hamil akan sering buang air kecil akibat tekanan dari rahim. Selain itu persalinan normal dapat menyebabkan jaringan ikat pada area kandung kemih mengalami gangguan, hingga adanya kerusakan saraf beserta otot pada kandung kemih.

Hal ini yang akan menyebabkan Mama mengalami kebocoran buang air kecil ketika tertawa, batuk atau bahkan saat mengangkat benda. Masalah ini umumnya akan sembuh sendiri selama beberapa waktu setelah melahirkan berlangsung.

Akan tetapi untuk mempercepat penyembuhan maka Mama sangat disarankan melakukan latihan otot panggul. Latihan ini dapat dilakukan dengan senam yang akan melibatkan otot panggul selama setiap 10 menit. Latihan kontraksi dapat mengembalikan fungsi kandung kemih secara optimal.

Selain latihan otot panggul kamu pun dapat mencoba cara mengecilkan perut buncit pasca melahirkan caesar hingga cara mengecilkan perut pasca melahirkan normal.

4. Istirahat yang cukup

4. Istirahat cukup
thesun.co.uk

Umumnya sesudah melahirkan, maka Mama akan merasa sangat lelah. Hal ini dapat disebabkan karena kurangnya istirahat ketika mengurus bayi yang baru lahir. Kurang tidur dapat membuat Mama merasa sangat lelah hingga kondisi ini dapat menyebabkan depresi pasca melahirkan.

5. Perawatan payudara sakit dan kebocoran ASI

5. Perawatan payudara sakit kebocoran ASI
parents.com

Payudara Mama yang sudah melahirkan pastinya menghasilkan banyak ASI dan ini sangat alami. Umumnya payudara dapat mengalami perubahan pasca melahirkan seperti bengkak, sangat lembut hingga banyak ASI yang keluar sendiri. Namun Mama tak perlu khawatir karena ada perawatan yang dapat dilakukan untuk mencegah payudara sakit hingga ASI yang bocor.

Perawatan tubuh pasca persalinan normal dapat dilakukan untuk perawatan tubuh pada bagian dalam hingga luar. Berbagai perawatan yang dilakukan secara singkat setelah melahirkan dapat membuat Mama kembali segar. Selain itu tubuh yang segar pun dapat mencegah depresi pasca melahirkan.

0 Response to "7 Hal yang Boleh Dilakukan dan Tidak Boleh Setelah Persalinan Normal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...