12 Tanda Tanda Bayi Panas Dalam Saat Sakit

12 Tanda Tanda Bayi Panas Dalam Saat Sakit


























Panas dalam adalah sebuah kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki suhu panas tapi tidak bisa keluar, sehingga suhu seperti terkurung dalam tubuh. Tidak ada istilah medis untuk panas dalam sehingga ini bukanlah sebuah penyakit. Panas dalam termasuk kondisi tubuh biaya yang bisa terjadi pada bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Tapi bagaimana jika panas dalam terjadi pada bayi? Berikut ini tanda tanda bayi panas dalam saat sakit yang paling terlihat.



  1. Sakit kepala


Pada orang dewasa panas dalam bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala ternyata juga bisa terjadi pada bayi. Namun bayi tidak bisa menjelaskan apakah itu sakit kepala atau tidak. Hanya saja Anda bisa melihat tangan bayi yang seolah-olah ingin menjangkau kepala, menjadi sangat mudah menangis dan rewel. Untuk mengatasi sakit kepala dan membuat tubuh bayi nyaman maka cobalah pijat bayi karena ada banyak manfaat pijat bayi untuk meredakan panas dalam.




  1. Demam


Panas dalam yang berlebihan akan membuat suhu tubuh bayi meningkat dengan cepat. Pada saat awal gejala maka bayi tidak akan mengalami demam. Namun setelah panas dalam menyebar maka bayi bisa menjadi demam. Anda bisa menyentuh tubuh bayi yang lebih hangat dan terasa dingin. Ini sebenarnya hal yang tidak nyaman untuk bayi dan demam tinggi tanpa diobati bisa menjadi penyebab kejang pada anak.



  1. Gelisah dan sangat rewel


Salah satu  penyebab bayi rewel adalah ketika bayi merasa sangat gelisah. Bayi bisa merasakan hal tidak nyaman kemudian bayi menjadi mudah marah. Bayi selalu ingin digendong terus tapi terkadang juga tidak mau. Hal yang paling bisa membuat bayi nyaman adalah menemani bayi Anda. Anda harus memberi pengasuhan yang baik sehingga bayi menjadi lebih tenang.





  1. Luka pada lidah


Terkadang suhu panas dalam yang berlebihan bisa menyebabkan lidah bayi menjadi luka. Ini biasanya terjadi setelah panas dalam berlangsung lebih dari dua hari. Lidah bayi menjadi sangat putih dan kemudian timbul luka kecil merah. Jika bayi mengalami bercak putih pada lidah bayi maka Anda harus segera mencari perawatan yang tepat.



  1. Tidak mau ASI atau susu


Karena lidah bayi yang sangat tidak nyaman maka bayi Anda juga tidak mau menyusui baik itu dari ASI atau susu. Ini juga yang akan membuat bayi merasa sangat gelisah karena perut yang lebih lapar. Untuk mengatasinya maka cobalah memberikan ASI atau susu formula dengan sendok atau pipet. Jangan sampai lidah bayi menyentuh permukaan botol susu atau bagian puting payudara. Anda juga bisa melakukan cara menyusui bayi yang paling nyaman untuk bayi Anda.



  1. Bintik merah pada kulit


Tanda lain karena panas dalam adalah munculnya bintik merah pada kulit bayi. Bintik merah bisa menyebar dari bagian punggung sampai tangan bayi. Umumnya bintik merah akan keluar pada hari ketiga setelah panas dalam. Jadi jika sebelum waktu itu bayi sudah sembuh maka tidak akan mengalami bintik merah. Ini adalah reaksi alami tubuh bayi pada suhu sehingga sebenarnya tidak perlu perawatan. Namun hindari memberi bedak atau produk kulit bayi secara berlebihan.




  1. Detak jantung lebih cepat


Jika Anda merasakan maka detak jantung bayi juga bisa menjadi lebih cepat. Detak jantung bayi lebih cepat karena peningkatkan suhu secara alami dari dalam tubuh. Selama bayi Anda tidak memiliki riwayat penyakit jantung atau cacat jantung maka ini kondisi yang wajar. Tapi jika bayi mulai sesak nafas maka Anda harus segera mencari perawatan ke dokter anak terdekat.



  1. Kulit kering dan panas


Tanda fisik lain dari panas dalam adalah adanya kulit kering dan panas yang terjadi pada hari kedua. Anda bisa melihat tanda bercak merah juga mulai keluar dan bayi menjadi lebih rewel. Jika kondisi ini tanda seperti penyakit lain misalnya campak, maka Anda harus memantau kondisi bayi. Untuk merawatnya maka gunakan pakaian bayi yang paling nyaman sehingga bayi tidak mudah rewel.



  1. Nadi yang lebih cepat

  2. Rewel dan muntah

  3. Nafas bayi menjadi lebih pendek

  4. Bayi lebih lelah dan tidak bersemangat


Nah inilah semua tanda tanda bayi panas dalam saat sakit yang harus diperhatikan. Karena saat sakit tubuh bayi menjadi lebih lemah maka tanda ini bukan hanya sebagai tanda panas dalam saja. Semua tanda ini bisa mewakili kondisi tubuh bayi yang memang sedang tidak sehat.
































0 Response to "12 Tanda Tanda Bayi Panas Dalam Saat Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...