Yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Katarak




Operasi katarak umumnya berjalan singkat sekitar 30 menit, dan jarang menimbulkan adanya komplikasi. Setelah melakukan operasi menghilangkan katarak ini, biasanya Anda diwajibkan untuk beristirahat selama 30 menit hingga 1 jam untuk mengurangi rasa pusing akibat anestesi.


Untuk memaksimalkan hasil operasi, ada baiknya Anda mematuhi beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan setelah operasi. Namun, ada baiknya Anda juga mengetahui apa dan bagaimana operasi katarak dilakukan, seperti penjelasan berikut ini. 


Apa itu operasi katarak?


Katarak terjadi ketika lensa alami mata Anda menjadi lebih keruh, biasanya disebabkan oleh bertambahnya usia. Katarak menyebabkan penglihatan kabur atau fokus pada mata berubah. Jika lensa mata Anda kabur dan penglihatan Anda mulai menjadi berkabut, Anda mungkin memiliki katarak.


Sedangkan operasi katarak adalah operasi untuk menghilangkan kabut lensa pada mata yang mengalami katarak dan menggantinya dengan lensa tiruan yang jernih. Meskipun katarak umumnya berhubungan dengan usia, beberapa faktor bisa menyebabkan masalah ini muncul di usia yang lebih muda.


Yang harus dilakukan setelah operasi katarak


1. Obat tetes mata


Setelah operasi, Anda akan diberikan obat tetes guna mengurangi beberapa efek seperi perih atau gatal. Penting untuk meneteskan obat mata secara rutin sesuai anjuran dokter, guna mencegah gatal sehabis operasi.


2. Hindari aktivitas berat


Setelah kembali ke rumah, Anda tidak perlu membatasi diri saat melakukan aktivitas rutin sehari-hari. Namun, pastikan Anda tidak melakukan aktivitas berat, yang dapat membuat kondisi tubuh ataupun mata Anda bermasalah. Anda pun sudah diperbolehkan melakukan aktivitas sederhana seperti membaca, menulis, menonton TV, dan berjalan.


3. Olahraga ringan


Sehabis melakukan operasi katarak, Anda boleh melakukan kegiatan olahragra. Olahraga pada dasarnya baik untuk kesehatan dan mata Anda. Tapi usahakan untuk melakukan olahraga ringan. Pasalnya, olahraga berat akan membuat ketegangan pada tubuh yang punya pengaruh buruk pada mata.  


4. Gunakan pelindung mata


Ada baiknya Anda mengenakan pelindung mata (biasanya kaca mata hitam, kalau ingin keluar rumah) sepanjang hari. Bahkan saat Anda tidur, gunakan pelindung mata yang biasanya disediakan oleh dokter setelah operasi, untuk mencegah tangan Anda mengucek mata secara tak sadar saat sedang tidur. Hindari tidur di sisi mata yang telah dioperasi karena bisa memberi tekanan pada mata yang dioperasi.


5. Lindungi mata dari air


Saat mandi, Anda dianjurkan juga untuk menggunakan pengalang atau pelindung mata dari air. Hal ini dilakukan agar mata tidak terkena kuman atau bakteri dari air, yang bisa membuat mata infeksi sehabis operasi.


Yang tidak boleh dilakukan setelah operasi katarak


1. Menggosok mata


Jangan sekali-kali menggosok mata atau memercikkan air ke mata Anda karena bisa meningkatkan adanya infeksi. Jika ada sesuatu yang masuk ke mata Anda atau mulai terasa gatal, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata Anda.


2. Berendam air panas atau berenang


Jangan berenang atau menggunakan bak mandi air panas untuk mandi, setidaknya selama 2 minggu setelah operasi katarak, karena bahkan air yang masuk ke mata Anda bisa menyebabkan infeksi.


3. Menyetir


Hindari mengemudi setidaknya 24 jam setelah operasi karena bisa menahan beban mata.
Anda juga dilarang melakukan aktivitas fisik yang berat, terutama angkat beban berat atau olahraga seperti renang, selama beberapa hari.


4. Makeup mata


Jangan memakai makeup di daerah sekitar mata (termasuk makeup herbal) sampai kondisi mata Anda pulih. Tanyakan kepada dokter mata Anda kapan Anda boleh mulai memakai makeup mata lagi.


0 Response to "Yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan Setelah Operasi Katarak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...