Yuk, Bantu Si Anak Memiliki Target untuk Diraih di Sekolah!

Yuk, Bantu Si Anak Memiliki Target Diraih Sekolah
Pinterest.com/fee

Sebagai orangtua, kita tentu saja memiliki harapan yang sangat tinggi untuk Si Anak sukses mencetak prestasi yang baik demi masa depan yang cerah dan penuh harapan.

Tentu, hal tersebut tidak dapat dilalui Si Anak semudah membalikkan tangan. Meski begitu, bukan berarti harapan Mama mustahil. Sebaliknya, Mama dapat membantu Si Anak dengan kunci mendorong anak mama tercinta memiliki target untuk diraih di sekolah.

Berikut di bawah ini adalah 7 hal yang bisa Mama lakukan untuk membantu SI Anak memiliki target untuk diraih di sekolah.

Mari kita pelajari bersama-sama!

1. Komunikasikan mengenai pentingnya sebuah target

1. Komunikasikan mengenai penting sebuah target
Pinterest.com/allisonhammond

Di atas segalanya, saat Mama sedang mengupayakan sesuatu yang positif pada anak mama tercinta, Mama harus menyadari bahwa ia tidak dapat secara otomatis mengetahui bahwa hal yang diupayakan adalah positif.

Itu kenapa, dalam perihal ini, Mama sangat ditekankan untuk memulai langkah awal dengan mengomunikasikan mengenai pentingnya sebuah target. Sebagai contoh, jelaskan pada Si Anak bahwa target dapat menjadi landasan yang memotivasinya untuk bergerak dan naik level.

Tentu, Mama diharapkan untuk tidak lupa memberikan pemahaman kepada Si Anak bahwa hal ini diupayakan Mama untuk dilakukannya demi kebaikannya di masa depan. Mama bisa memberi gambaran positif dari hal-hal baik yang akan terjadi sebagai gantinya di masa depan.

2. Dengarkan juga pandangan Si Anak

2. Dengarkan juga pandangan Si Anak
Pinterest.com/katherynkunkel

Mama telah membangun komunikasi dengan anak mama tercinta di mana Mama memberikan pemahaman yang baik kepada Si Anak mengenai pentingnya sebuah target. Namun, Mama jangan sampai lupa bahwa komunikasi tidak hanya berbicara tetapi juga mendengar.

Itu kenapa, Mama dianjurkan untuk turut menutup rapat bibir dan membuka telinga untuk mendengar Si Anak. Dengarkanlah pandangan anak mama tercinta mengenai dunia sekolah, kesuliatan yang dihadapinya serta hal-hal yang didambakannya.

Dari sini, Mama dapat mengerti keadaan anak mama tercinta sekaligus kebutuhan yang diperlukan untuk membantu Si Anak memiliki target untuk diraih di sekolah. Ayo, dorong anak mama tercinta untuk mengemukakannya dan dengarkanlah kata-katanya dengan cermat.

3. Berikan pemahaman mengenai target yang penting dan tidak

3. Berikan pemahaman mengenai target penting tidak
Pixabay/publicdomainpictures

Ketika Si Anak sudah mulai mengemukakan pandangannya mengenai dunia sekolah, ia pasti akan turut terdorong untuk memberi tahu Mama mengenai targetnya.

Tidak menutup kemungkinan, hal-hal tersebut bisa saja meliputi hal-hal yang tidak penting atau tidak masuk akal sebagaimana anak seusia anak mama memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang tinggi.

Maka dari itu, Mama dianjurkan untuk memberikan pemahaman mengenai target yang penting dan tidak penting dengan memberikan contoh yang konkret dan penjelasan yang masuk akal. Hal ini akan membantu Si Anak mengenal target mana yang sebaiknya menjadi fokusnya.

4. Buatlah daftar target sebagai perencanaan

4. Buatlah daftar target sebagai perencanaan
Pixabay/terovesalainen

Setelah Mama melakukan pendekatan dengan anak mama, ia seharusnya sudah memahami betul mengenai pentingnya sebuah target untuk diraih di sekolah sekaligus target-target tertentu yang diketahuinya ingin dicapai.

Akan tetapi, ia tentu membutuhkan bimbingan dari Mama untuk bisa melakukan hal yang tepat dalam rangka meraih target-target tersebut. Mama bisa mulai membimbingnya dengan membuat daftar rencana bersama-sama. Dalam daftar tersebut, tulislah target-target penting yang ingin dicapai anak mama.

Ingat, apabila ada banyak target yang disadari Si Anak penting untuk dicapai, fokuslah pada beberapa target yang sangat penting supaya tidak memberatkan.

Dari situ, Mama bisa mendiskusikan langkah-langkah yang tepat untuk dilakukan Si Anak dalam meraih targetnya.

5. Buat pengingat visual untuk meraih target

5. Buat pengingat visual meraih target
Pixabay/geralt

Mama dan Si Anak telah sukses bekerja sama dalam menentukan target penting untuk dicapai di sekolah, berikut dengan langkah-langkah yang sebaiknya diupayakan. Namun, daya konsentrasinya yang masih berkembang membuatnya gampang teralihkan dan lupa akan fokusnya.

Untuk itu, Mama sangat disarankan untuk membuat sebuah reminder yang bisa dilihat Si Anak. Sebagai contoh, Mama bisa membuat daftar target pada sebuah papan untuk digantung di dalam kamar Si Anak. Setiap melihat papan tersebut, anak mama akan kembali teringat dan fokus. 

6. Catat proses yang dilalui Si Anak

6. Catat proses dilalui Si Anak
Pixabay/kaboompics
Menulis jurnal itu bermanfaat sekali, lho!

Dalam rangka memastikan bahwa anak mama sukses melakukan upaya untuk meraih target yang ingin dicapai di sekolah, Mama dianjurkan untuk melakukan pengawasan serta pendampingan .

Jangan lupa, catat juga proses yang dilalui Si Anak, seperti usaha yang dilakukannya dan hasil yang didapatkannya dari berbagai tes atau ujian. Dari situ, Mama bisa mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan untuk membantunya meraih sukses.

7. Jangan berhenti mendukung anak

7. Jangan berhenti mendukung anak
Pinterest.com/tishamorris

Hal yang sangat tidak boleh dilupakan adalah Mama patut berada di samping anak mama. Bukan semata-mata untuk melakukan pengawasan atau pendampingan. Sebaliknya, Mama dianjurkan untuk terus menerus memberikan dukungan kepadanya.

Saat anak mama menunjukkan indikasi bahwa dirinya merasa lelah atau tidak termotivasi, berikanlah dukungan berupa kata-kata positif dan hal-hal yang menginspirasinya. Begitu juga saat anak mama mungkin tidak mendapatkan hasil yang diharapkannya.

Pada intinya, baik saat anak mama menunjukkan perkembangan yang diharapkan maupun tidak, tetaplah beri dukungan dengan penuh cinta kasih dan kesabaran yang sangat dibutuhkannya.

Sekarang, Mama telah mengetahui bagaimana caranya membantu Si Anak memiliki target untuk diraih di sekolah sekaligus membantunya mencapainya. Good luck!

Baca Juga: 7 Cara Mendorong Anak untuk Mau Belajar

Baca Juga: 8 Langkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak

 

0 Response to "Yuk, Bantu Si Anak Memiliki Target untuk Diraih di Sekolah!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...