Kelebihan Berat Badan Pada Anak-anak




Body Mass Index (index massa tubuh/BMI) adalah metode menggunakan pengukuran tinggi dan berat badan untuk mengetahui lemak tubuh seseorang, namun menghitung BMI sendiri mungkin sedikit rumit. Cara mudah menghitung BMI adalah dengan kalkulator BMI.


Saat BMI anak Anda sudah diketahui, BMI dapat dimasukkan ke tabel standar BMI. Anak-anak berusia 2 hingga 19 tahun jatuh ke dalam empat kategori:



  • Kekurangan berat badan: BMI di bawah 5 persen

  • Berat badan normal: BMI di antara 5 dan kurang dari 85 persen

  • Berat badan berlebih: BMI di antara 85 dan kurang dari 95 persen

  • Obesitas: BMI 95 persen ke atas


Perhitungan BMI tidak digunakan untuk mengetahui lemak tubuh pada bayi dan balita. Untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, dokter menggunakan grafik berat dan tinggi untuk mengetahui bagaimana berat badan bayi dibandingkan dengan tinggi badannya. Anak yang berada pada atau di atas 85 persen dapat dikatakan kelebihan berat badan.


Dokter, perawat, dan penyedia layanan kesehatan lain dapat memeriksa apakah anak Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas dengan menghitung BMI mereka. BMI adalah ukuran berat badan yang dihubungkan dengan tinggi badan. BMI dihitung dengan membagi berat anak Anda dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter persegi (berat badan (kg)/tinggi (m2). Namun demikian, penting untuk mengetahui BMI anak tidak diinterpretasikan dengan cara yang sama seperti BMI orang dewasa. BMI anak dipetakan dalam grafik pertumbuhan khusus. Grafik ini dapat menunjukkan bagaimana BMI anak Anda dalam perbandingan dengan kisaran normal untuk anak-anak berdasarkan usia, jenis kelamin, dan latar belakang etnis yang serupa.


Tergantung dari BMI anak Anda (atau ukuran berat-tinggi), usia, dan kondisi kesehatan, dokter dapat merujuk Anda untuk mengunjungi ahli nutrisi untuk saran tambahan, dan mungkin akan menyarankan program manajemen berat badan komprehensif.


Risiko kesehatan pada Anak dengan berat badan berlebih


Seorang anak yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena:



  • Masalah sendi, termasuk sobek (osteoarthritis) dan terpisahnya bolah dari sendi pinggul dari ujung atas tulang paha (slipped capital femoral epiphysis). Anak-anak yang obesitas juga memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki bow leg (bentuk kaki seperti huruf O) dan lebih memungkinkan untuk terkena patah tulang

  • Masuk masa puber lebih awal

  • Masalah pernapasan, termasuk asma yang lebih parah, kesulitan bernapas saat tidur (obstructive sleep apnea) dan sesak napas saat berolahraga

  • Kekurangan zat besi dan vitamin D

  • Kelebihan berat badan atau obesitas saat dewasa (lebih dari setengah dari anak-anak yang obesitas tumbuh menjadi orang dewasa dengan obesitas juga)

  • Memiliki masalah jantung saat dewasa


Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas saat anak-anak atau remaja dapat mengakibatkan efek psikologis pada beberapa penderitanya. Hal ini kemudian mengakibatkan perasaan rendah diri dan kurang kepercayaan diri. Anak-anak dapat menjadi korban bullying karena berat badannya. Mereka dapat menarik diri dan menhindari kontak sosial. Hal ini dapat berujung ke suasana hati yang buruk dan, dalam kasus yang parah, depresi.


Apabila kelebihan berat badan dan obesitas diketahui dan diatasi pada masa kanak-kanak dan remaja, beberapa masalah kesehatan ini dapat menghilang, atau bahkan dicegah. Anak tersebut juga memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk tumbuh menjadi orang dewasa dengan berat badan ideal


Apa yang harus dilakukan


Apabila Anda mencoba untuk membantu anak Anda yang memiliki berat badan berlebih untuk menurunkan berat badannya dengan aman, Anda harus mengacuhkan buku-buku diet yang populerdan terkadang insting Anda sendiri. Meskipun Anda merasa harus memaksa Anak anda diet, para ahli umumnya tidak menganjurkan pendekatan tersebut.


Untuk membantu anak yang memiliki berat badan berlebih, Anda dapat memulai dengan perubahan-perubahan kecil dalam pola makan dan gaya hidup keluarga Anda untuk menyehatkan semuanya.


Mulai dengan satu atau dua langkah dan perlahan masuk ke dalam gaya hidup sehat. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan anak Anda untuk mencapai tujuan atau panduan untuk berat badan ideal/target.


Untuk anak-anak yang lebih muda dan anak-anak yang masih akan tumbuh besar, tujuannya lebih untuk mempertahankan berat badan, bukan menguranginya. Ini dapat memudahkan anak-anak yang kelebihan berat badan untuk tumbuh ke dalam berat idealnya. Mengurangi kalori pada anak-anak yang masih tumbuh untuk mengurangi berat badan bukanlah ide yang baik kecuali bila disarankan oleh dokter Anda.


Beberapa cara lain yang bisa dilakukan adalah:




  • Bantu keluarga Anda menjalani gaya hidup yang lebih sehat




Jadilah pendukung setia keluarga Anda. Jadikan gaya hidup sehat hal yang menyenangkan, dapat dinikmati, dan positif. Kemudian temukan pendukung tambahanpasangan atau anak Andauntuk membantu menjaga motivasi keluarga Anda.




  • Makan di meja makan




Meskipun makan di depan TV terdengar menarik, atau tiap anggota keluarga memiliki waktu makan sendiri, cobalah untuk menyisihkan waktu untuk makan bersama di meja makan setidaknya 5-6 kali seminggu. Anak-anak yang makan bersama keluarga memiliki risiko lebih kecil untuk memiliki berat badan berlebih.




  • Fokus pada sayuran dan buah-buahan




Ketahui berapa banyak porsi sayur dan buah yang dimakan oleh anak Anda. Tujuan Anda adalah agar anak Anda memakan sayur dan buah sebanyak lima porsi atau lebih dalam sehari. Cara yang lebih mudah agar anak Anda memakan sayur dan buah adalah dengan membuat sayur dan buah lebih terlihat.




  • Hindari minuman bergula seperti soda, minuman berenergi, dan fruit punch.




Sulit untuk menghilangkan kebiasaan meminum minuman bergula setiap hari. Apabila mereka biasanya meminum 4 minuman bergula sehari, cobalah untuk mengurangi menjadi 3 kali sehari selama seminggu. Kemudian kurangi menjadi 2 minuman sehari minggu depannya, dan seterusnya.




  • Batasi frekuensi keluarga Anda minum sari buah 100%




Sari buah memiliki vitamin, mineral, dan nutrisi lain lebih banyak dari minuman soda atau minuman buah seperti fruit punch. Namun demikian sari buah 100% juga memiliki kadar gula yang tinggi dan seringnya memiliki kalori yang setara dengan soda.




  • Pastikan anak Anda sarapan setiap hari




Apabila tak ada waktu, pilihlah makanan untuk dimakan dalam perjalanan. Apabila anak Anda tidak suka rasa makanan yang biasa dihidangkan pada waktu sarapan, pilihan sehat apapun boleh dikonsumsitidak harus makanan sarapan




  • Kurangi waktu menonton TV menjadi kurang dari dua jam per hari




Sebagai gantinya, lakukan aktivitas fisik. Untuk membantu memotivasi anak dengan berat badan berlebih, ajak anak untuk membuat daftar aktivitas yang dia sukai dan dapat dilakukan sebagai ganti waktu menonton.




  • Tingkatkan aktivitas fisik harian anak Anda




Secara perlahan tingkatkan aktivitas fisik anak Anda hingga setidaknya satu jam setiap hari.




  • Lebih sering menyiapkan makanan di rumah dan menjadi juru masak




Saat Anda memasak di rumah, Anda dapat mengontrol apa yang Anda masukkan di dalam makanan. Di rumah, Anda dapat membaca label, menggunakan bahan yang lebih sehat, dan mengontrol berapa banyak gula yang digunakan.


Apabila setelah tiga-enam bulan perubahan tersebut belum cukup untuk membantu anak Anda mempertahankan berat badan seiring dengan pertumbuhannya, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli nutrisi untuk anak-anak.


Saat perubahan gaya hidup intensif tidak dapat membantu anak Anda mengurangi berat badan dalam enam bulan, penyedia layanan kesehatan anak Anda memiliki pilihan lain untuk membantu, termasuk program-program yang lebih terstruktur dan diawasi secara medis yang dirancang untuk anak-anak.






0 Response to "Kelebihan Berat Badan Pada Anak-anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...