Benarkah Polusi Udara Mengancam Kesehatan Mental Anak




Polusi udara dapat meningkatkan risiko anak untuk mengembangkan penyakit mental, berdasarkan temuan sebuah studi baru. Yang lebih mengkhawatirkannya lagi, kaitan ini tetap hadir bahkan di tingkat polusi udara yang lebih rendah.


Dari mana studi ini berasal?


Tim peneliti dari Ume University di Swedia menganalisis data paparan polusi udara dari lebih dari 500.000 partisipan anak di bawah usia 18 tahun. Para peneliti kemudian membandingkan data dengan catatan medis dan obat yang diresepkan untuk pengobatan penyakit mental. Obat-obatan ini berkisar dari obat penenang yang sederhana sampai ke antipsikotik.


Penelitian menemukan bahwa kenaikan yang relatif kecil pada tingkat polusi udara dikaitkan dengan peningkatan masalah yang signifikan dalam gangguan kejiwaan yang diobati. Mereka menemukan bahwa anak-anak yang tinggal di daerah dengan konsentrasi yang lebih tinggi dari nitrogen dioksida, atau NO2 polutan udara berbahaya lebih mungkin untuk menjalani pengobatan menggunakan obat-obatan resep yang terkait dengan penyakit mental jangka panjang.


Studi yang dipublikasikan dalam peer-review jurnal BMJ Open, adalah yang pertama untuk menawarkan bukti kuat dari hubungan antara polusi udara dan kondisi kejiwaan pada anak-anak. Penelitian ini kemudian mendukung penelitian-penelitian sebelumnya yang menghubungkan polusi udara terhadap penyakit mental dan menunjukkan bahwa kenaikan bahkan kecil di polusi udara dapat memiliki efek dramatis pada kesehatan mental dan kognitif anak, serta anak-anak terutama sangat rentan terhadap kualitas udara yang buruk.


Dampak tidak hanya muncul di kota yang berpolusi tinggi


Hasilnya bisa berarti bahwa konsentrasi yang lebih rendah dari polusi udara, terutama dari lalu lintas, dapat mengurangi gangguan kejiwaan pada anak-anak dan remaja, kata peneliti Anna Oudin yang memimpin tim peneliti, dilansir dari Tech Times.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Uni Eropa telah menetapkan batasan nitrogen dioksida sebesar 40 mcg/m3 (mikrogram per meter kubik). Namun, di banyak kota-kota Eropa seperti London, tingkat NO2 ditemukan melebihi batas yang ditentukan. Studi tersebut menemukan bahwa peningkatan sebesar 10 mcg/m3 dari NO2 dikaitkan dengan peningkatan kasus kondisi kejiwaan pada anak hingga 9 persen. Selain itu, jumlah peningkatan yang sama dari partikel PM2.5 dan PM10 telah dikaitkan dengan 4 persen peningkatan kasus gangguan kejiwaan.


Yang lebih mengkhawatirkan, bahkan di tempat-tempat yang memiliki tingkat polusi lebih rendah, seperti Swedia dengan batas pencemaran udara hanya berkisar 15 mcg/m3, studi tersebut tetap menemukan asosiasi serupa. Hal ini menunjukkan bahwa kota-kota yang lebih terpolusi membawa risiko jauh lebih tinggi.


Untuk perbandingan, menurut penelitian mahasiswa UI tahun 2012, tingkat pencemaran udara di DKI Jakarta oleh asap transportasi mencapai 98,3 mcg/m3 di tahun 2011 dan pencemaran akibat industri sedang dan besar mencapai 57,95 mcg/m3. Dilansir dari Detik, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan evaluasi tingkat polusi udara tahun 2014. Temuan menunjukkan bahwa Jakarta Utara menempati peringkat pertama sebagai kota dengan tingkat polusi udara terburuk dari 14 kota besar di Indonesia dengan skor hanya 3,80%.


Kenapa polusi udara lebih fatal akibatnya pada anak?


Apa persisnya senyawa di udara lingkungan yang paling mempengaruhi kesehatan anak, dan bagaimana paparan ini menghasilkan pertumbuhan janin yang terbatas, kelahiran prematur, dan perkembangan penyakit pernapasan sebagian besar masih belum diketahui. Studi tentang dampak polusi udara terhadap hasil reproduksi masih berupa area berkembang dari ilmu pengetahuan dengan banyak pertanyaan penting yang belum terjawab, tetapi semakin banyak bukti yang muncul bahwa paparan polusi udara pada anak usia dini menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi dari dampak kesehatan yang merugikan, terutama asma dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).


Ada beberapa alasan biologis mengapa anak-anak kecil mungkin lebih rentan terhadap efek polusi udara ini. Paru-paru, sistem kekebalan tubuh, dan otak anak belum matang saat lahir dan terus berkembang cepat sampai sekitar usia 6, dan lapisan sel yang melapisi bagian dalam saluran pernapasan sangat mudah ditembus selama periode usia ini. Dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak juga memiliki luas permukaan paru-paru yang lebih besar dalam kaitannya dengan berat badan mereka, dan bernapas 50% lebih banyak udara per kilogram berat badan.


Proses pertumbuhan awal dan pengembangan penting bagi kesehatan anak secara umum, dan karena itu juga dapat menjadi waktu yang penting ketika ekspos terhadap polusi udara dapat memiliki efek yang berlangsung pada kesehatan masa depan. Selain itu, anak-anak cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah melakukan aktivitas berat, seperti bermain olahraga, sehingga mereka menghirup udara lebih luar dibandingkan dengan orang dewasa, yang menghabiskan rata-rata sekitar 90% dari waktu mereka di dalam ruangan.


Dampak negatif polusi udara yang telah terbukti pada kesehatan anak


Dikutip dari UCLA Institute of the Environment and Sustainability, salah satu studi jangka panjang yang paling komprehensif sampai saat ini yang meneliti dampak paparan polusi udara pada kesehatan pernapasan anak-anak adalah penelitian Childrens Health study dari University of Southern California. Tim peneliti mengumpulkan data dari lebih dari 6.000 anak-anak yang menghadiri sekolah umum di 12 komunitas Southern California yang dipilih dengan berbagai tingkat polusi udara untuk jangka waktu 8 tahun atau lebih. Penelitian ini telah melaporkan beberapa temuan penting, termasuk efek jangka pendek dari polusi udara, seperti penyakit pernapasan akut dan serangan asma, dan efek kesehatan jangka panjang, seperti penyakit pernapasan kronis dan perkembangan asma.


Misalnya, peneliti menemukan bahwa kenaikan jangka pendek dalam konsentrasi ozon dikaitkan dengan peningkatan absensi sekolah karena penyakit pernapasan. Sekarang ada banyak bukti dari ini dan banyak penelitian lain yang menunjukkan bahwa ozon dan partikel memperburuk gejala pada anak-anak asma. peneliti CHS juga melaporkan fungsi paru-paru berkurang dan peningkatan batuk kronis dan bronkitis kronis pada anak-anak dan remaja yang terkena tingkat tinggi polusi udara, terutama mereka yang tinggal di daerah dengan konsentrasi partikel yang tinggi.


Umumnya peneliti setuju bahwa polusi udara dapat memicu serangan asma dan memperburuk gejala asma, namun studi belum memberikan bukti tegas bahwa hal itu dapat menyebabkan asma untuk berkembang.


BACA JUGA:



  • Pentingnya Menggunakan Kursi Mobil Khusus Anak

  • Membedakan Muntah Darah Dengan Batuk Darah

  • Apa Bedanya Asma Pada Anak-anak dan Orang Dewasa?





0 Response to "Benarkah Polusi Udara Mengancam Kesehatan Mental Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...