8 Trik Membiasakan Anak untuk Tidur di Kamar Sendiri




Ketika anak Anda sudah berusia cukup besar untuk tidur di kamar sendiri, Anda akan menghadapi tantangan baru. Kebanyakan anak yang sejak bayi terbiasa untuk tidur bersama dengan orangtuanya akan kesulitan belajar tidur sendiri di kamar yang terpisah. Anda dan pasangan pun harus berjuang supaya anak mau tidur sendiri. Anak yang berani tidur sendiri akan menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Selain itu, Anda dan pasangan pun bisa tidur lebih nyenyak sehingga di pagi hari keluarga Anda akan bangun dengan penuh energi.


Perlu diingat, proses penyesuaian ini tidaklah mudah dan mungkin akan memakan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan sampai anak benar-benar terbiasa tidur sendiri. Maka, Anda dan pasangan juga harus menyiapkan diri dengan kesabaran dan berbagai trik agar anak mau tidur di kamar yang terpisah.


Trik agar anak mau belajar tidur sendiri


Biasanya anak yang tidak mau tidur sendiri di kamarnya akan menciptakan berbagai alasan supaya dia bisa tidur bersama dengan orangtuanya. Oleh karena itu, Anda harus pintar mengakali alasan-alasan yang diberikan anak Anda. Cobalah delapan trik berikut ini agar anak bisa cepat terbiasa tidur sendiri.


1. Mulai perlahan-lahan


Sebaiknya Anda sudah mempersiapkan anak Anda untuk belajar tidur sendiri jauh sebelum saatnya tiba supaya anak Anda tidak kaget. Usahakan untuk tidak menakut-nakuti anak dengan cerita seram atau menggunakan ancaman tidur sendiri sebagai senjata untuk mendisiplinkan anak. Anda justru harus menyiasati supaya anak merasa antusias dengan kamar barunya. Libatkan anak dalam menata kamar tidurnya mulai dari warna cat, pilihan sprei, dan berbagai perabot kamar lainnya.


Anda juga bisa menggunakan pancingan-pancingan yang menarik bagi anak seperti, Nanti di kamar barumu, kamu bisa membangun istana boneka sendiri. Anda harus membantu anak percaya bahwa tidur di kamarnya sendiri merupakan pengalaman yang menyenangkan dan membanggakan, bukan sebagai momok.


2. Ciptakan suasana kamar yang menyenangkan


Agar anak mau tidur di kamar sendiri, ia harus merasa aman dan nyaman dalam kamarnya. Maka, aturlah agar kamar anak terasa hidup tapi cukup tenteram untuk beristirahat. Siapkan boneka-boneka, bantal, dan guling supaya anak merasa aman dan tenang saat tidur. Biarkan juga anak Anda menyimpan beberapa mainan atau buku bacaan di kamar supaya timbul rasa memiliki dan anak cepat betah di kamar barunya.


3. Jangan memburu-buru anak untuk tidur


Apabila selama ini Anda mengantar anak tidur dengan terburu-buru, anak tidak akan merasa mengantuk dan ingin tidur. Ia justru akan merasa gelisah dan menganggap waktu tidur adalah saat-saat yang dibenci. Maka, pastikan bahwa waktu tidur anak menjadi prioritas bagi Anda atau pasangan. Tak perlu memburu-buru anak untuk buang air kecil, gosok gigi, atau berdoa sebelum naik ke tempat tidur. Siasati dengan memajukan jam tidur malam anak. Dengan begitu, persiapannya bisa lebih santai. Anak pun merasa rileks sebelum memejamkan mata. Supaya anak lebih senang ketika waktunya istirahat tiba, bacakan atau ceritakan kisah-kisah menarik untuk mengantarnya tidur.


4. Kurangi sumber gangguan


Anak biasanya akan semakin sulit tidur di malam hari jika ada banyak gangguan di kamarnya. Maka, sebisa mungkin jauhkan sumber gangguan yang bisa memancarkan cahaya seperti televisi, komputer, konsol permainan (PlayStation atau Xbox), dan alat-alat elektronik lainnya dari kamar anak. Jika anak Anda sudah memiliki smartphone sendiri, tawarkan untuk menyimpannya selama anak tidur dan berjanjilah untuk mengembalikannya lagi di pagi hari.


5. Mengatasi rasa takut


Beberapa anak tidak mau tidur sendiri karena takut gelap atau hantu. Untuk mengatasi rasa takutnya Anda bisa menyediakan banyak boneka, bantal, atau selimut yang mengelilingi tempat tidur agar anak merasa aman. Berpura-puralah meminta bantuan salah satu boneka anak Anda untuk menjaganya selama ia tidur supaya lebih tenang dan merasa terlindungi. Yakinkan anak bahwa Anda atau pasangan berada tak jauh dari kamar anak sehingga bisa selalu memantau dirinya.


Jika anak masih takut, Anda bisa mengecek ke kamar tidur anak setiap 10 sampai 15 menit sekali. Saat Anda mengecek dan anak masih bangun, pujilah keberaniannya karena tetap tenang di tempat tidur dan tidak menyusul Anda atau pasangan. Setelah itu, tunggulah lebih lama untuk mengecek lagi anak di kamarnya, kira-kira selama setengah jam atau satu jam. Biasanya saat itu anak sudah tertidur pulas.


Kalau anak Anda takut gelap, siasati dengan lampu tidur dengan cahaya yang lembut. Ajak anak untuk menempelkan stiker-stiker yang bisa menyala dalam gelap untuk mengalihkan rasa takut dari pikirannya di malam hari. Bila kamar Anda berdekatan dengan kamarnya, Anda juga boleh membuka sedikit daun pintunya agar ada cahaya yang masuk dan anak masih bisa merasakan kehadiran Anda dan pasangan.


6. Tetap tegas dan konsisten


Inilah yang tak boleh terlupakan ketika Anda dan pasangan berusaha membiasakan anak belajar tidur sendiri. Ketika anak tak bisa tidur dan menyusul ke kamar Anda, dengan lembut ajaklah dan temani anak untuk kembali ke tempat tidurnya sendiri. Sampaikan pada anak dengan tegas bahwa dia harus kembali tidur karena sudah malam. Kalau Anda membiarkannya tidur bersama Anda dan pasangan, akan semakin susah bagi anak untuk belajar mandiri.


Namun, apabila anak mengalami mimpi buruk, segera tangani dengan menanyakan mimpinya dan meyakinkan bahwa hal tersebut hanyalah bunga tidur yang tidak nyata. Anda harus tetap mengajak anak untuk kembali tidur. Jangan sampai anak Anda menggunakan alasan mimpi buruk sebagai senjata untuk menghindari tidur sendiri di kamarnya.


7. Atur waktu tidur yang tepat


Anak Anda akan susah tidur kalau jam biologisnya berantakan. Maka, Anda harus memastikan bahwa anak tidur pada waktunya. Jangan memaksanya untuk tidur terlalu cepat, tapi usahakan agar anak tidak tidur melampaui jam tidurnya. Jika anak sulit terlelap di malam hari, Anda bisa memotong atau memajukan jam tidur siangnya. Pastikan juga anak Anda sudah kenyang dan sudah ke kamar mandi sebelum tidur agar dia tidak menjadikan hal-hal ini sebagai alibi untuk keluar dari kamarnya di malam hari.


8. Hargai usaha anak


Supaya anak lebih semangat untuk belajar tidur sendiri, Anda bisa memberikan imbalan setelah ia berhasil tidur sendiri di kamarnya. Pastikan imbalan tersebut bersifat sederhana dan tidak terlalu berlebihan, misalnya dengan memberikan ciuman, pujian, dan ucapan terima kasih di pagi hari. Anda juga bisa menghidangkan menu sarapan favoritnya sebagai bentuk apresiasi. Dengan begitu, anak akan semakin terpacu untuk belajar tidur sendiri.


BACA JUGA:



  • Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Ngompol?

  • 7 Cara Menjadikan Rumah Tempat yang Aman Bagi Anak

  • Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari Tidur Ayam Hingga Tidur Pulas






0 Response to "8 Trik Membiasakan Anak untuk Tidur di Kamar Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...