Anak Menghadapi Masalah di Sekolah, Orangtua Harus Berbuat Apa




Sebagai orangtua, pernahkah Anda diberikan catatan oleh guru si kecil atau sampai dipanggil ke sekolah? Ya, ini bisa jadi pertanda baik dan juga tidak. Bisa jadi anak mengalami masalah di sekolah. Entah anak yang kurang memerhatikan pelajaran, tidak mengerjakan PR, atau berbuat nakal pada teman sekelasnya.


Ketika hal ini terjadi pada Anda, jangan panik. Agar lebih jelas bagaimana cara menghadapi masalah di sekolah anak, simak tipsnya berikut ini.


Mendampingi anak yang punya masalah di sekolah


1. Tenang dulu, jangan bertindak berdasarkan emosi


pelecehan seksual anak


Tidak semua orangtua paham bagaimana anak mengikuti pelajaran atau bergaul dengan temannya di sekolah. Bila Anda dipanggil ke sekolah untuk membicarakan perilaku atau prestasi anak di sekolah, dengarkan dengan baik penjelasan dari gurunya. Dengan begitu, Anda tahu apa yang menjadi masalah anak di sekolah.


Hadapi masalah di sekolah anak dengan kepala dingin. Ingat, pertemuan Anda dengan guru bertujuan untuk menemukan solusi yang terbaik. Jadi, jangan langsung sibuk mencari pihak yang bisa disalahkan atau marah-marah ketika Anda belum paham betul bagaimana duduk perkaranya.


2. Boleh membela si kecil, tapi perhatikan dulu konteks dan akar masalahnya


Sumber: Lively Minds Tutoring

Mungkin sudah menjadi naluri setiap orangtua untuk melindungi dan membela anak dari tuduhan atau cap yang negatif. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus menyalahkan orang lain dan membenarkan anak setiap saat. Cermati dulu konteks dan situasinya. Cari tahu kenapa anak punya masalah di sekolah, siapa saja yang terlibat, dan seperti apa peran guru-gurunya dalam masalah tersebut.


Kadang, bisa saja anak memang melakukan suatu kesalahan. Meski sulit untuk mengakuinya, Anda harus bersikap positif dan menjadi teladan bagi si kecil. Jangan malah mendukung anak atas pendapat atau perilakunya yang tidak benar, karena ia akan semakin merasa mendapat persetujuan dari orangtuanya untuk bikin masalah.


3. Bangun komunikasi yang baik dengan guru


alasan pergi ke konseling pernikahan


Sebagai orangtua, mengawasi perilaku anak itu penting. Namun, Anda tentu tidak bisa mengawasinya seharian penuh, apalagi saat anak berada di sekolah. Anda membutuhkan bantuan guru sebagai pendamping studi anak.


Itulah sebabnya penting untuk membangun komunikasi yang baik dengan guru untuk memantau bagaimana perilaku dan prestasi anak. Dengan begitu, anak lebih mudah untuk menghadapi masalah sekolah. Bahkan, permasalahan bisa diketahui lebih awal, misalnya saat anak menjadi korban bullying.


4. Tingkatkan komunikasi dengan anak di rumah



Bila Anda sibuk dan merasa kurang berkomunikasi dengan anak di rumah, maka sering-seringlah memulai obrolan ringan dengan anak. Tanyakan bagaimana anak menjalani hari-harinya di sekolah, apakah anak mendapatkan kesulitan atau tidak. Bukan cuma membangun kehangatan antara Anda dan anak, Anda juga menjadi lebih tahu berbagai hal yang dihadapi oleh anak. Termasuk bila ia mengalami masalah di sekolah.


Dengarkan dengan baik bagaimana anak Anda menjelaskannya, lalu tanyakan pendapat anak bagaimana solusinya. Bila solusinya kurang tepat karena pemikirannya yang masih sederhana, maka beri tahu cara terbaik untuk menyelesaikannya. Ini membantu anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan melatih rasa tanggung jawab anak.


0 Response to "Anak Menghadapi Masalah di Sekolah, Orangtua Harus Berbuat Apa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...