Beragam Jenis Stimulasi yang Perlu Diberikan Pada Janin, Sesuai Usia Kehamilan




Tahukah Anda bahwa si kecil yang belum lahir menganggap bahwa rahim Anda adalah taman bermain sensoris (berhubungan dengan fungsi pancaindera) untuknya. Di usia kehamilan 10 minggu, bayi Anda sudah bisa menggerakan tungkai (seluruh kakinya dari pangkal paha ke bawah). Dan yang paling menakjubkan, pada usia kehamilan ke 23 minggu, janin sudah bisa mendengar suara Anda atau suara lain yang ia dengar dari luar rahim, bahkan merespon apa yang dia dengar dengan cara bergerak. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Apakah ini waktu yang tepat memberikan stimulasi janin?


Janin  sudah bisa mendengar sangat jelas pada usia 20 minggu kehamilan


Menurut sejumlah penelitian seperti yang dilansir WebMD, Anda bisa membantu perkembangan otak si kecil yang ada di dalam sana dengan berinteraksi, termasuk berbicara dan bernyanyi. Hanya dengan membaca cerita, bermain musik, atau bahkan hanya berbicara dengan si jabang bayi, Anda sudah mengajarinya tentang proses belajar dan hal ini bisa membantu perkembangan otak janin.


Sebenarnya, fungsi pendengaran bayi Anda akan sempurna baru di trimester ketiga. Namun, menurut penelitian anak Anda yang belum lahir bisa mendengar suara sejak usia kehamilan Anda menginjak 20 minggu. Bahkan janin akan kaget ketika mendengar suara keras di usia 25 minggu kehamilan. Suara yang sangat keras bisa menyebabkan perubahan pada denyut jantung dan gerakan bayi.


Menurut Robert Abrams, fisiolog janin di departemen kebidanan dan ginekologi di University of Florida mengatakan bahwa meskipun suara dari luar tubuh Anda sedikit teredam, namun janin masih bisa mendengarnya dengan sangat baik.


Menurut Dr. Rene Van de Carr, seorang dokter kandungan di California mengatakan bahwa melakukan stimulasi janin seperti memperdengarkan musik pada janin tidak hanya bisa meningkatkan perkembangan otak namun juga bisa meningkatkan koneksi antar saraf di otak. Namun, tentu tidak akan berpengaruh pada pintar atau tidaknya si kecil kelak.


Anda bisa melakukannya dua kali sehari dengan durasi waktu lima sampai sepuluh menit. Lalu, apakah harus musik klasik? Menurut Janet Dipietro, seorang psikolog yang mempelajari perkembangan janin di Johns Hopkins University, Anda tidak harus menggunakan musik klasik untuk melakukan stimulasi janin. Lebih baik lagi, Anda memperdengarkan musik yang beragam pada si kecil. Jadi, jika Anda bertanya kapan saya bisa melakukan stimulasi pendengaran pada janin, Anda bisa melakukan stimulasi janin seperti memperdengarkan musik pada usia ke 20 atau 25 minggu kehamilan.


perkembangan janin dapat mengenali wajah di dalam kandungan


Kapan janin bisa merasakan sentuhan, bau, dan rasa?


Bayi Anda sebenarnya sudah bisa merasakan sentuhan pada saat usia kehamilan 9 minggu. Janin akan merespon saat bibir atau daerah di sekitar mulutnya Anda sentuh. Menurut Julie Mennella, seorang psikobiolog di Monell Chemical Senses Center di Philadelphia, janin sudah bisa merasakan bau makanan yang Anda makan pada bulan ke empat kehamilan melalui cairan amnion. Melalui cairan ini juga bayi bisa mengenali bau Anda sebagai ibunya.


Pada trimester ke tiga, bayi sudah bisa mengetahui rasa pahit, manis, dan asam dan jika Anda penggemar salah satu rasa dalam makanan, hal ini bisa memengaruhi selera makan anak nanti setelah lahir dan dewasa.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang menyukai makanan yang beragam, semakin besar kemungkinannya si anak juga akan menyukai makanan yang beragam. Jadi, Anda bisa melakukan stimulasi janin soal rasa dan bau sejak usia 9 minggu kehamilan.


Gerakan yang dibuat oleh janin pada saat ada di dalam kandungan sebenarnya berpengaruh pada perubahan emosional bayi Anda. Apakah Anda tahu kenapa bayi bisa lebih tenang saat digendong dan diayunkan-ayunkan di tangan Anda, dibandingkan dibiarkan di tempat tidur? Hal ini sebenarnya terjadi secara alami sejak ia ada di dalam kandungan.


Hal ini menjelaskan kenapa ia banyak aktif bergerak di malam hari dan lebih banyak diam di siang hari saat Anda sedang beraktivitas karena saat Anda sedang aktif bergerak, si kecil merasa nyaman dengan gerak yang Anda lakukan.


janin aktif bergerak


Janin juga dapat merasakan stimulasi cahaya pada usia kehamilan ini


Penglihatan bayi akan sempurna mendekati hari kelahiran, tapi prosesnya sendiri sudah terbentuk sejak awal kehamilan. Kantung matanya akan terbentuk pada lima minggu kehamilan Anda. Pada bulan ke empat kehamilan, matanya sudah terbentuk. Kelopak mata janin akan terbuka pada usia kehamilan ketujuh, pada saat itu juga calon anak Anda bisa membuka, menutup, atau bahkan memutar matanya. Menstimulasi janin dengan memberi cahaya terang bisa menembus rahim dan membuat janin Anda lebih aktif. 


0 Response to "Beragam Jenis Stimulasi yang Perlu Diberikan Pada Janin, Sesuai Usia Kehamilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...