Apakah Benar Menyusui Dapat Menurunkan Berat Badan




Saat kehamilan, berat badan ibu bertambah dan ibu terlihat lebih gemuk. Beberapa ibu sangat khawatir terhadap bentuk tubuhnya yang tidak lagi seperti sebelum kehamilan. Tak heran jika beberapa ibu berpikiran untuk menurunkan berat badan selepas kelahiran bayi mereka. Mungkin Anda akan berpikiran untuk melakukan diet, tapi tunggu dulu, Anda masih mempunyai tugas, yaitu menyusui, di mana masih membutuhkan asupan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan si buah hati.


Ya, diet bukan merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan. Yang tak disangka-sangka adalah ketika Anda menyusui, sebenarnya Anda juga sedang membantu diri Anda untuk menurunkan berat badan. Benarkah menyusui dapat menurunkan berat badan?


Penelitian tentang menyusui dan penurunan berat badan


Menyusui terbukti dapat membantu Anda menurunkan berat badan setelah melahirkan, tetapi ini tergantung dari Anda. Beberapa ibu terbantu dengan menyusui dalam menurunkan berat badannya setelah melahirkan dan bisa mendapatkan berat badannya kembali seperti sebelum hamil dengan lebih cepat. Namun, beberapa ibu juga mempunyai kesulitan dalam menurunkan berat badannya,walaupun ia sudah menyusui.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Jennifer L Baker dan kawan-kawannya (2008), penelitian tersebut menunjukkan bahwa menyusui berhubungan dengan berat badan setelah melahirkan yang lebih rendah pada semua kategori BMI yang dimiliki ibu sebelum kehamilan.


Penelitian lain yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition dan melibatkan 25000 ibu juga menunjukkan bahwa menyusui eksklusif selama 6 bulan dapat menurunkan berat badan yang diperoleh selama kehamilan. Penelitian ini juga memperkirakan bahwa ibu yang menyusui mempertahankan berat badan setelah melahirkan hanya kurang dari 2 kg dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui selama 6 bulan setelah melahirkan.


Jumlah berat badan yang dapat Anda turunkan setelah melahirkan dan menyusui tampaknya juga tergantung dari banyak faktor, seperti berat badan sebelum hamil, banyaknya kenaikan berat badan yang Anda peroleh selama kehamilan, pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Menyusui yang dikombinasikan dengan pola makan seimbang dan olahraga teratur merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan Anda setelah melahirkan.


Bagaimana menyusui dapat membantu menurunkan berat badan?


Menyusui meningkatkan kebutuhan asupan makan Anda karena Anda membutuhkan energi tambahan untuk memproduksi ASI, sehingga Anda didorong untuk makan lebih banyak. Selain itu, hormon yang membantu produksi ASI Anda (hormon prolaktin) juga dapat merangsang nafsu makan Anda, sehingga Anda juga terdorong untuk lebih banyak makan ketika menyusui. Lalu, bagaimana menyusui dapat membantu menurunkan berat badan?


Jangan khawatir, kalori yang masuk ke tubuh Anda ini nantinya akan hilang saat Anda menyusui. Menyusui dapat membakar kalori Anda sebanyak 300-500 kalori dalam sehari, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Anda mungkin membutuhkan waktu setidaknya 6 bulan untuk mendapatkan berat badan Anda seperti semula. Jika kalori yang Anda makan sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan dan Anda menyusui secara eksklusif, Anda akan kehilangan berat badan sekitar 0,5 kg setiap satu atau dua minggu.


Menyusui tidak hanya membantu Anda menghilangkan berat badan tambahan, tetapi juga membantu Anda menurunkan berat badan sesaat setelah melahirkan. Menyusui sesaat setelah melahirkan dapat merangsang kontraksi pada rahim Anda, sehingga rahim Anda lebih cepat menyusut kembali ke ukuran sebelum Anda hamil. Setidaknya 6 minggu setelah melahirkan, rahim Anda akan kembali ke ukuran seperti semula jika Anda menyusui bayi Anda.


Tips untuk menghilangkan berat badan selama menyusui


Membatasi asupan makanan bukan cara yang baik dalam menurunkan berat badan saat menyusui. Hal ini justru dapat membuat Anda kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh Anda dan bayi Anda. Asupan kalori yang sangat rendah dalam waktu lama juga dapat menyebabkan produksi ASI Anda berkurang.


Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan agar Anda dapat menurunkan berat badan saat menyusui, tanpa membatasi asupan makan Anda.


1. Mulailah dengan perlahan


Anda bisa mulai menurunkan berat badan pada waktu 6 minggu setelah kelahiran. Jika asupan Anda tidak lebih dari rekomendasi kalori yang Anda butuhkan, berat badan Anda akan turun sekitar 1-1,5 kg per bulan secara bertahap. Cobalah untuk menerapkan pola makan sehat, yaitu 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan di antara waktu makan utama. Konsumsilah makanan yang mengandung zat gizi lengkap, yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.


2. Batasi atau hindari makanan junk food


Makanan junk food hanya akan menambah asupan kalori harian Anda, tetapi tidak dapat memberikan zat gizi yang Anda perlukan. Jika dimakan secara berlebihan dan dalam waktu yang sering, makanan junk food justru akan menyebabkan kenaikan berat badan, menjauhkan Anda dari penurunan berat badan


3. Lakukan olahraga secara teratur


Enam minggu setelah Anda melahirkan (jika Anda melahirkan normal), mungkin Anda sudah dapat mulai melakukan olahraga. Jika Anda melahirkan caesar, mungkin Anda harus menunggu lebih lama untuk bisa melakukan olahraga. Lakukan olahraga secara teratur agar kalori yang masuk ke tubuh Anda dari makanan sama dengan kalori yang Anda keluarkan melalui aktivitas fisik yang Anda lakukan.


4. Tidur yang cukup


Mungkin sulit bagi Anda yang baru melahirkan, tetapi cobalah untuk melakukannya. Waktu tidur yang kurang berhubungan dengan kesulitan menurunkan berat badan. Tidur yang cukup dapat menjauhkan Anda dari kelelahan, sehingga Anda dapat mengontrol pola makan Anda lebih baik.


 


BACA JUGA



  • Benarkah Menyusui Dapat Mencegah Kanker Payudara?

  • Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Menyusui

  • Efektifkah Menyusui untuk Mencegah Kehamilan?






0 Response to "Apakah Benar Menyusui Dapat Menurunkan Berat Badan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...