5 Makanan yang Tidak Baik Untuk Bayi




Saat si kecil berusia sekitar enam bulan, Anda dapat mulai memperkenalkan berbagai jenis makanan sebagai alternatif bubur bayi. Berikan bayi Anda makanan sehat dan seimbang sehingga ia memiliki asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh. Jadi, makanan dan minuman apa yang harus Anda batasi saat bayi Anda sedang dalam masa pertumbuhan? Di bawah ini adalah daftar makanan dan minuman tersebut.


1. Keripik dan kue kering


Anak Anda akan makan banyak keripik dan kue kering untuk memuaskan seleranya, sehingga meninggalkan sedikit ruang untuk makanan kaya gizi lainnya. Selain itu, banyak produk makanan keripik dan kue kering olahan biasanya mengandung garam yang tinggi.


Bayi hanya memerlukan jumlah garam yang sedikit. Anak Anda hanya membutuhkan kurang dari 1 gram (0.4g sodium) sehari sampai mereka berusia 12 bulan, karena ginjal anak Anda tidak bisa mengatasi kandungan garam yang lebih dari kadar ini. Sebelum bayi Anda berusia enam bulan, dia akan mendapatkan semua garam yang ia butuhkan dari ASI atau susu formula. Setelah bayi Anda mulai makan makanan padat, Anda sebaiknya tidak menambahkan garam ke makanan bayi buatan rumahan atau makanan bayi siap saji, bahkan walaupun Anda merasa makanannya terasa hambar. Jika Anda memasak dengan bumbu penyedap rasa, pilihlah penyedap dengan garam yang rendah.


Balita masih membutuhkan sangat sedikit garam. Setelah ulang tahun pertama bayi Anda, kebutuhan maksimum garam harian yang direkomendasikan sampai dia berusia tiga tahun adalah 2g hari (0.8g natrium). Jika balita Anda menyukai makan keripik untuk sesekali, berikanlah ia tiga keripik atau empat keripik dan jangan memberikan seluruh isi kantong keripik. Buah segar atau potongan sayuran adalah pilihan yang jauh lebih baik jika si kecil membutuhkan camilan yang cepat. Kue beras dan mini-sandwich juga akan menjadi alternatif yang lebih baik.


2. Makanan siap saji untuk anak-anak atau orang dewasa


Makanan siap saji untuk orang dewasa dan anak-anak yang lebih tua biasanya memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi. Oleh karena itu makanan ini tidak cocok untuk bayi. Buatlah makanan yang sama di rumah yang lebih sehat dan lebih murah. Tentu saja, sebagai ibu yang sibuk Anda mungkin tidak selalu punya waktu untuk mempersiapkan makanan dari awal. Jika Anda membeli makanan siap saji untuk bayi Anda, pastikan makanan itu cocok untuk bayi, dan bukan untuk balita atau anak-anak yang lebih tua. Selain itu jangan pernah berbagi makanan siap saji Anda sendiri dengan bayi Anda.


3. Permen dan cokelat


Sulit untuk menjaga si kecil jauh dari permen dan gulali. Permen dan cokelat mengandung kadar gula yang tinggi pada, sebaiknya makanan ini dihindari. Gula dapat membuat asam yang merusak enamel gigi di mulut anak Anda. Jika Anda ingin memberikan anak Anda sedikit permen, berikan hanya pada waktu makan. Ketika kita makan, jumlah air liur dalam mulut kita meningkat. Air liur akan membantu menetralkan efek asam yang merusak gigi.


Coklat dan cake tidak begitu berbahaya bagi gigi bayi Anda dibandingkan permen karena kedua jenis makanan ini larut lebih cepat.


Jika Anda memberikan permen kepada bayi Anda, ajarilah dia untuk makan semua permen dalam satu kali makan. Sebagian dari permen yang memiliki rasa asam, jika dimakan dalam waktu 10 menit tidak begitu berbahaya bagi gigi daripada makan satu setiap setengah jam selama dua jam. Anda bisa memberikan bayi Anda sepotong keju sesegera mungkin setelah ia selesai makan permen untuk menetralisir gula. Selain itu pastikan bahwa ia menyikat giginya secara menyeluruh setelah mengonsumsinya.


4. Minuman bersoda


Bayi Anda tidak perlu minum minuman bersoda dan minuman ringan lainnya. Minuman ini tidak bermanfaat, dan keasaman yang terkandung dalam minuman ini dapat merusak gigi bayi. Selain itu, tingkat gula yang tinggi pada beberapa minuman bersoda, seperti cola, mengandung kafein. Bayi Anda perlu minum susu biasa ditambah minum air putih.


Minuman bersoda membuat bayi cepat merasa kenyang. Jika bayi Anda minum minuman bersoda untuk memuaskan rasa haus, hal ini dapat merusak nafsu makan untuk makanan bergizi yang dia butuhkan. Selain itu, minuman manis yang tinggi kalori dapat menyebabkan bayi Anda mungkin menjadi kelebihan berat badan di masa balita jika ia secara teratur minum minuman tersebut


5. Jus buah dalam kemasan


Jus buah mungkin terdengar seperti pilihan yang sehat. Namun sebaiknya jangan memberikan jus buah dalam kemasan kepada bayi Anda karena alasan yang sama saat Anda harus menghindari soda dan minuman ringan. Jus buah mengandung gula alami yang tinggi dan bersifat asam, yang berarti mereka dapat merusak gigi bayi Anda.


Air dan ASI atau susu formula adalah minuman terbaik untuk bayi Anda sampai dia berusia satu tahun. Setelah itu, ia dapat minum susu sapi penuh lemak sebagai minuman utama. Susu mengandung mineral dan vitamin penting, seperti kalsium, vitamin B2, dan vitamin B12. Setelah Anda mulai memberikan bayi Anda makanan padat, maka dia bisa makan buah yang dihaluskan atau jus sayuran pada waktu makan meskipun ia tidak terlalu membutuhkannya. Pengenceran jus dengan air yang baik setidaknya menggunakan perbandingan 1:10.


Untuk melindungi gigi bayi Anda, tawarkan jus yang diencerkan dalam gelas atau cangkir pada waktu makan saja, bukan dalam botol atau sebelum tidur. Jika Anda membesarkan bayi Anda dengan menu vegetarian, vitamin C dalam jus buah yang diencerkan dan dicampur dengan makanan akan membantu dia untuk menyerap zat besi dari makanan. Memberikan buah dan sayuran pada bayi Anda bersamaan dengan daging akan menjadi pilihan yang lebih baik.


Sekarang Anda telah mengetahui apa yang tidak baik untuk bayi Anda, carilah pilihan makanan terbaik lainnya untuk bayi Anda sebagai ganti dari makanan yang tidak baik seperti yang telah dijelaskan.


BACA JUGA:



  • Minuman sehat dan tidak sehat untuk anak Anda

  • 5 cara agar anak tak sering makan junk food

  • Daftar makanan yang tidak boleh diberikan pada bayi






0 Response to "5 Makanan yang Tidak Baik Untuk Bayi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...