3 Tips Jitu Memilih Sunblock Anak yang Aman untuk Kulitnya




Bermain dan berlibur bersama anak memang seru. Apalagi kalau si kecil sedang senang-senangnya berenang atau bermain di halaman rumah. Namun, para orangtua tentu harus ingat bahwa kulit anak masih sangat sensitif dan mudah iritasi saat terkena sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya selalu oleskan tabir surya sebelum anak pergi ke luar rumah. Lantas, bagaimana cara memilih sunblock anak yang aman untuk kulitnya? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.


Tips memilih sunblock anak yang aman untuk kulitnya


cara kerja sunblock


Jangan asal membeli sunblock anak tanpa membaca labelnya terlebih dahulu. Pasalnya, salah memilih sunblock anak justru dapat merusak kulit sensitifnya dan malah membuat kulit anak cepat gosong.


Berikut ini cara memilih sunblock anak yang tepat dan aman, di antaranya:


1. Mengandung SPF 30 atau lebih


Sekarang ini sudah banyak sunblock yang dijual di pasaran dengan berbagai SPF yang ditawarkan. Ada yang memberikan perlindungan SPF 10, 15, 30, dan masih banyak lagi.


Sun Protection Factor (SPF) adalah angka penentu seberapa lama kulit anak akan terlindungi dari sengatan matahari UVB. Semakin tinggi angka SPF, maka kulit anak akan semakin lama terlindungi dari risiko kulit terbakar dan kanker kulit.


Namun, sebetulnya semakin tinggi angka SPF tidak selalu menunjukkan bahwa sunblock tersebut memberikan perlindungan yang kuat terhadap kulit anak. Angka SPF tinggi memang akan memblokir lebih banyak UVB, tapi tidak 100 persen menjamin kulit anak tidak akan gosong.


Meski begitu, Dr. Emma Wedgeworth, seorang konsultan dokter kulit sekaligus juru bicara British Skin Foundation mengungkap kepada Huffington Post bahwa sunblock yang baik untuk kulit anak adalah yang mengandung SPF tinggi, minimal SPF 30.


Walaupun kulit anak cenderung gelap, bukan berarti kulitnya aman dari sengatan matahari. Maka itu, terlepas dari warna dan jenis kulit anak, pastikan kulit si kecil tetap terlindungi dengan tabir surya yang mengandung SPF 30 atau lebih sebelum pergi ke luar rumah.


2. Bertuliskan Broad Spectrum pada label


Sebelum membeli sunblock anak, pastikan produk pelindung yang Anda pilih bertuliskan Broad Spectrum pada labelnya. Maksud Broad Spectrum itu sendiri adalah produk sunblock mampu melindungi kulit dari kedua jenis radiasi sinar matahari, yaitu ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB).


Huruf A pada UVA berarti Aging atau penuaan, sedangkan huruf B pada UVB artinya Burning atau pembakaran. Dengan memilih sunblock anak yang bertuliskan Broad Spectrum, ini artinya kulit anak akan terlindung dari kulit gosong dan penuaan dini.


3. Tahan air


Beberapa produk sunblock anak dapat luntur seketika saat terkena air atau keringat, apalagi kalau Anda mengoleskannya sebelum si kecil berenang. Hal ini tentu membuat upaya Anda dalam melindungi kulit anak jadi sia-sia.


Sebagai solusinya, pilihlah sunblock anak yang water-resistant alias tahan air. Dengan begitu, krim sunblock dapat menempel lebih lama pada kulit anak tanpa takut terbilas air atau kena keringat. Biasanya, jenis sunblock ini dapat bertahan 40 sampai 80 menit di dalam air.


Cara tepat mengoleskan sunblock pada kulit anak


sunblock bayi


Nah, sekarang Anda sudah tahu tips dan trik memilih sunblock anak yang aman untuk kulitnya. Kalau produk sunblock yang Anda beli sudah benar, cara pemakaiannya tentu juga harus tepat. Jangan sampai manfaat sunblock untuk melindungi kulit anak jadi tidak maksimal.


Tak perlu bingung. Berikut ini cara menggunakan sunblock anak yang benar:



  • Oleskan sunblock 15-30 menit sebelum si kecil bermain di luar. Tujuannya supaya kandungan sunblock dapat terserap lebih maksimal ke dalam kulit anak.

  • Oleskan pada telinga, tangan, kaki, pundak, dan belakang lehernya. Tetap oleskan sunblock pada bagian tubuh anak yang tertutup, misalnya pada lengan atas anak yang tertutup lengan baju pendeknya atau di sekitar pundak. Saat anak bergerak aktif, bajunya tentu akan bergeser-geser dan membuat kulitnya terkena sinar matahari.

  • Oleskan sunblock berulang kali, setidaknya setiap dua jam sekali. Terlebih kalau anak sering keringatan atau setelah berenang yang dapat melunturkan sunblock.


0 Response to "3 Tips Jitu Memilih Sunblock Anak yang Aman untuk Kulitnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...