Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Ngompol




Ngompol merupakan salah satu masalah besar pada anak. Malu, sudah besar tapi masih ngompol, begitu katanya. Bagi beberapa anak, mungkin ia akan berhenti ngompol di usia tertentu, tetapi bagi anak lainnya, ngompol masih menghantuinya sampai ia tumbuh besar.


Ngompol bisa menjadi masalah besar bagi anak yang sudah masuk sekolah. Hal ini bisa mengganggunya ketika ada kegiatan sekolah yang mengharuskannya menginap dengan teman. Bisa-bisa ini membuat anak malu dengan temannya karena masih mengompol. Yang perlu Anda lakukan adalah memberi pengertian ke anak, Anda juga bisa berbagi pengalaman Anda ke anak.


Ngompol berhubungan dengan kontrol kandung kemih anak


Normal jika anak kecil masih buang air kecil di celana. Saat anak mulai beranjak besar, ibu tentu mengajarkannya untuk menggunakan toilet. Hal ini bertujuan agar anak mengerti apa yang harus dilakukan jika ingin pipis dan anak tidak pipis di celana lagi. Lama-kelamaan anak sudah bisa mengontrol kandung kemihnya dan menggunakan toilet sendiri.


Namun, satu hal yang mungkin anak masih perlu belajar untuk mengontrolnya adalah ketika anak pipis saat ia tidur (mengompol). Anak tidak sadar jika ia pipis saat ia tengah tertidur, dan ini perlu pembelajaran lagi agar anak tidak ngompol. Sebenarnya, mengontrol fungsi kandung kemih selama tertidur merupakan tahap terakhir dari latihan menggunakan toilet.


Usia anak ketika sudah mampu untuk mengontrol kandung kemihnya selama tidur berbeda-beda. Mengontrol kandung kemih merupakan proses yang rumit yang melibatkan kerjasama antara otot, saraf, tulang belakang, dan otak. Masalah ngompol biasanya dapat selesai dengan menunggu waktu. Biasanya usia anak berhenti ngompol sama dengan saat orangtuanya berhenti ngompol di waktu kecil.


Menurut Dr. Janjua, ngompol bukanlah suatu masalah sampai anak berusia 5 tahun, seperti yang dikutip dari laman Cleveland Clinic. Namun, ketika anak Anda sudah berusia lebih dari 5 tahun atau saat usia anak 7 tahun dan masih tetap mengompol, Anda perlu konsultasikan dengan dokter. Dikhawatirkan, ini merupakan indikasi dari kondisi kesehatan, seperti gangguan saluran kemih, atau karena kandung kemih anak belum matang dalam perkembangannya.


Bagaimana cara agar anak berhenti ngompol?


Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk melatih anak Anda agar tidak ngompol lagi di malam hari.


1. Atur asupan minum anak


Tingkatkan asupan minum anak di siang hari dan batasi minum anak di malam hari. Sebaiknya, anak tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, termasuk juga minuman bersoda dan minuman yang mengandung cokelat, seperti susu cokelat, pada malam hari. Hal ini dapat membuat anak lebih sering ingin pipis.


2. Biasakan anak melakukan rutinitas sebelum tidur


Rutinitas yang dapat anak lakukan sebelum tidur, seperti menggosok gigi, buang air kecil, cuci kaki, cuci tangan, dan cuci muka. Pastikan anak Anda ke toilet terlebih dahulu sebelum ia naik ke tempat tidur. Hal ini juga akan membuat tidurnya lebih nyaman. Jika anak terbangun tengah malam, tawarkan ia apakah ingin ke toilet atau tidak.


3. Jangan membangunkan tidur anak untuk pipis


Mungkin Anda berpikir jika anak ketiduran, Anda bisa membangunkannya kemudian memintanya untuk ke toilet terlebih dahulu. Namun, penelitian membuktikan bahwa hal ini tidak dapat menolong menghentikan kebiasaan ngompol anak. Justru, membangunkan anak saat ia tertidur hanya akan mengganggu tidurnya, dapat membuat anak sulit tidur lagi dan kesal.


4. Puji anak saat tidak mengompol, dan jangan marahi saat ia ngompol


Anda dapat memberikan hadiah kecil jika anak berhasil tidak ngompol dalam semalam atau beberapa malam. Namun, lebih baik untuk tidak memberikan hadiah ke anak dalam bentuk barang atau semacamnya. Memberikan satu bintang setiap anak tidak ngompol di malam hari atau memberikan pujian untuk anak juga sudah cukup untuk membuat anak senang dan merasa kerja kerasnya diperhatikan oleh orangtua. Sebaliknya, jangan pernah memarahi atau menghukum anak karena ia mengompol. Marah pada anak tidak akan membantunya belajar, malah dapat membuat hubungan Anda dan anak lebih buruk.


5. Bicara dengan anak


Anda dapat berbicara kepada anak manfaat dari menggunakan toilet dan tidak lagi menggunakan popok. Anda bisa mengatakan bahwa anak sudah besar jadi tidak perlu lagi memakai popok dan harus sudah bisa menggunakan toilet sendiri, serta tidak ngompol di malam hari. Dengan begitu, anak akan tertantang dan berusaha membuktikan bahwa dirinya sudah besar. Jika anak takut ke toilet pada malam hari karena gelap, minta anak untuk membangunkan Anda agar Anda bisa menemani anak ke toilet. Atau, Anda bisa menempatkan lampu tidur di kamar anak atau menyalakan lampu di lorong menuju toilet agar anak tidak takut lagi.


6. Hindari anak dari kehausan


Anak suka lupa sudah minum atau belum, sehingga terkadang anak merasa kehausan. Ingatkan anak untuk selalu minum, tentu minum air putih. Anda juga bisa menyediakan sebotol air minum khusus untuk anak.


7. Perhatikan berapa kali anak ke toilet dalam sehari


Sebaiknya Anda mengetahui berapa kali biasanya anak ke toilet dalam sehari, normalnya anak ke toilet sebanyak 4-7 kali dalam sehari. Jika anak sudah sekolah, tanyakan kepada anak apakah ia nyaman dengan toilet di sekolahnya. Buatlah ia nyaman dengan toilet di sekolahnya agar anak tidak enggan untuk pipis di toilet sekolah.


 


BACA JUGA



  • Tips Melatih Anak Agar Tidak Ngompol di Sekolah

  • 7 Penyebab yang Mungkin Menjadi Penyebab Anak Susah Tidur

  • 8 Hal yang Paling Sering Ditanyakan Seputar Mimpi Basah






0 Response to "Bagaimana Cara Agar Anak Tidak Ngompol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...