5 Khasiat Menakjubkan Echinacea untuk Kesehatan




Perubahan cuaca yang ekstrem dan tak menentu membuat tubuh mudah terserang penyakit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengambil manfaat echinacea, tanaman herbal yang bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh Anda.


Namun, sebelum mengetahui lebih jauh manfaat echinacea untuk kesehatan tubuh, ada baiknya Anda berkenalan dulu dengan tanaman herbal yang satu ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!


Apa itu echinacea?


Echinacea adalah sejenis tanaman berbunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika Utara. Echinacea sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun spesies Echinacea angustifolia cenderung lebih cocok dimanfaatkan oleh manusia ketimbang jenis lainnya.


Hampir seluruh bagian tanaman echinacea bisa digunakan sebagai obat herbal, baik bagian bunga, daun, hingga akarnya. Umumnya, echinacea dimanfaatkan bentuk teh. Namun, ramuan bunga ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk herbal kering ataupun suplemen.


Berbagai manfaat echinacea untuk kesehatan


1. Mengobati flu


cara mencegah sakit flu saat puasa


Saat daya tahan tubuh menurun, Anda akan lebih mudah terserang flu. Namun jangan khawatir, masalah kesehatan yang satu ini bisa diatasi dengan minum ramuan herbal echinacea.


Salah satu manfaat echinacea yang paling utama adalah membantu menangkal flu dan pilek. Dilansir dari Medical News Today, para ahli dari University of Connecticut School of Pharmacy mengungkapkan bahwa echinacea dapat menurunkan risiko flu dan pilek hingga 58 persen. Bahkan, echinacea juga dapat mengurangi durasi penyembuhan flu hingga satu setengah hari lebih cepat daripada tanaman obat lainnya. Kombinasi echinacea dan vitamin C diyakini dapat membantu menyembuhkan flu.


2. Memelihara daya tahan tubuh



Salah satu manfaat echinacea yang tak kalah penting adalah menjaga daya tahan tubuh tubuh tetap stabil.


Bunga echinacea mengandung campuran zat aktif yang dapat meningkatkan jumlah sel darah putih CD4. Banyaknya jumlah CD4 akan membuat tubuh lebih mudah melawan kuman dan infeksi penyakit. Selain itu, echinacea juga mengandung senyawa alkamida dan fenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.


3. Mengendalikan gula darah


baca hasil cek gula darah


Manfaat echinacea yang satu ini tak boleh dilewatkan oleh Anda yang memiliki masalah diabetes maupun prediabetes. Sebuah studi terbaru di tahun 2017 menunjukkan bahwa tanaman herbal echinacea dapat membantu mengendalikan gula darah.


Baik masalah gula darah tinggi maupun gula darah rendah, dua masalah tersebut sama-sama bisa dikendalikan oleh echinacea. Tapi ingat, hal ini tentu tidak bisa menggantikan terapi insulin atau pengobatan diabetes lainnya. Ramuan echinacea hanya bisa digunakan sebagai minuman herbal pendukung untuk membantu mengendalikan kadar gula darah.


4. Obat antiradang


penyakit rematik


Para ahli telah membuktikan secara klinis bahwa echinacea memiliki sifat antiradang yang baik untuk kesehatan. Karena itulah, echinacea dapat digunakan untuk mengobati rematik, bisul, penyakit Crohn, dan masalah kesehatan lainnya yang disebabkan oleh peradangan.


Kalau Anda terkena radang tenggorokan, cobalah untuk minum vitamin yang mengandung echinacea secara rutin selama masa penyembuhan. Pasalnya, echinacea mengandung senyawa aktif biologis yang dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh akibat bakteri.


Hal ini dibuktikan oleh salah satu penelitian pada jurnal Phytomedicine tahun 2010 yang menemukan bahwa echinacea secara efektif dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab pneumonia dan Steptococcus penyebab radang tenggorokan.


5. Mencegah penyebaran kanker


pemulihan kanker payudara setelah pengobatan kanker payudara


Seperti yang Anda ketahui, berbagai pengobatan kanker seperti kemoterapi biasanya menimbulkan efek samping yang cukup mengganggu pasien, seperti mual dan muntah. Kabar baiknya, efek samping kemoterapi tersebut bisa diredakan dengan echinacea.


Ini karena kandungan fitokimia pada echinacea berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel tumor jahat dan menghalangi penyebaran kanker dalam tubuh, seperti dilansir dari National Institutes of Health (NIH). Maka itu, echinacea termasuk suplemen yang baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada penderita kanker.


Akan tetapi kembali lagi, tanaman herbal ini hanya bisa digunakan sebagai suplemen pendamping dan tidak bisa menggantikan pengobatan utama kanker.


Kini sudah banyak beredar di pasaran suplemen daya tahan tubuh yang mengandung kombinasi echinacea, vitamin C, dan ginseng yang baik untuk membantu memelihara daya tahan tubuh Anda. Untuk memberikan efek perlindungan ganda pada tubuh, pastikan bahwa Anda telah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting tubuh lainnya dengan asupan vitamin A, vitamin B, vitamin E, magnesium, mangan, dan zinc. Dengan demikian, Anda jadi tak mudah sakit.


0 Response to "5 Khasiat Menakjubkan Echinacea untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...