5 Ramuan Alami untuk Mengatasi Kulit Kering




Banyak krim dan pelembap di pasaran yang digadang-gadang dapat mengatasi kulit kering. Namun kebanyakan produk biasanya dibanderol dengan harga mahal dan mengandung bahan kimia yang belum tentu cocok untuk semua orang.


Alternatifnya, Anda bisa menggunakan pengobatan rumahan. Selain murah, bahan-bahan alami ini juga sudah banyak diteliti ilmuwan dan lebih efektif dalam menutrisi dan melembapkan kulit kering agar kembali menjadi sehat. Apa saja itu? Berikut adalah 9 ramuan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk merawat dan mengatasi kulit kering Anda.


Merawat dan mengatasi kulit kering dengan bahan alami


1.Olive oil


extra virgin olive oil


Olive oil alias minyak zaitun mengandung banyak antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit. Minyak ini memberikan efek tenang bisa mengatasi kulit kering di seluruh tubuh Anda.


Cara menggunakannya:


Untuk mengatasi kulit wajah kering, oleskan sedikit minyak zaitun sebelum menggunakan pelembap yang biasa Anda pakai. Untuk tubuh, pakai minyak zaitun pada bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi.


Gosokkan minyak zaitun di tangan dan kaki Anda dan area kulit kering lain kemudian pijat perlahan. Sehabis itu, silakan mandi kemudian pakaikan lagi body lotion yang ringan.


2. Susu


minum susu saat sahur


Susu memiliki kandungan anti peradangan serta memberi sensasi menenangkan pada kulit yang bisa membantu menyembuhkan kulit kering dan gatal-gatal. Ditambah, asam laktat pada susu juga berfungsi meremajakan sel kulit mati dan meningkatkan kemampuan kulit untuk melembapkan. Susu juga dapat membantu Anda mencerahkan kulit.


Cara menggunakannya:


Celupkan kain lap bersih di susu dingin dan usapkan pada kulit kering Anda selama 5 hingga 7 menit. Perlahan cuci susunya dengan lap lain yang telah dicelupkan ke air hangat. Dengan cara ini kulit Anda akan mendapat pelembap alami. Lakukanlah setiap hari.


Tambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke 4 sendok makan susu. Balurkan ramuan ini ke seluruh tubuh Anda. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas tubuh Anda dengan air dingin. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari setiap hari.


3. Madu


manfaat madu


Madu dianggap sebagai salah satu pelembap alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba, serta, membantu mengunci kelembapan dalam kulit Anda sehingga terlihat lebih halus dan lembut. Ditambah lagi, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.


Cara menggunakannya:


Sebelum mandi, oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Ulangi setiap hari dan nikmati kulit yang lembap.


4. Minyak kelapa


minyak kelapa untuk rambut


Minyak kelapa adalah minyak alami yang bagus untuk perawatan mengatasi kulit kering.  Kandungan asam lemaknya membuatnya dapat melembapkan kulit.


Cara menggunakannya:


Balurkan minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang kering sebelum tidur. Cucilah di pagi hari. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulit Anda halus dan lembut.


Gunakan juga minyak kelapa pada kulit kering Anda setelah mandi. Ketika kulit masih hangat dan kenyal setelah mandi, minyak kelapa dapat lebih mudah diserap.


5. Lidah buaya


jus lidah buaya


Lidah buaya memiliki kandungan antiseptik, antifungal, dan sensasi sejuk. Selain itu,  gel lidah buaya juga bisa membantu mengatasi kuli t kering,gatal iritasi, dan mencegah kulit pecah-pecah.


Cukup sediakan gel lidah buaya asli, ini sudah bisa menjadi treatment alami harian yang akan melembapkan kulit membuat lapisan perlindungan alami kulit dari kotoran.


Cara menggunakannya:



  • Potong dan belah lidah buaya segar dan keluarkan gelnya

  • Oleskan gelnya ke kulit kering Anda. Biarkan selama 10 hingga 15 menit.

  • Bilas dengan air hangat dan lakukan 2 kali sehari.


Cobalah metode pengobatan ini untuk menghilangkan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kulit kering dan untuk mengembalikan kelembutan alami serta tekstur halus kulit.


0 Response to "5 Ramuan Alami untuk Mengatasi Kulit Kering"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...