5 Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda




Kulit yang sehat berasal dari dalam diri Anda. Ya, pasalnya, setiap makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh akan tercermin pada kulit. Kebiasaan mengonsumsi makanan olahan dapat membuat kulit terlihat kusam, berminyak, bahkan dapat mengubah warnanya. Begitu pula sebaliknya. Membiasakan diri untuk makan makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral, akan memperlihatkan penampilan tubuh yang sehat dan bugar. Lalu, apa saja vitamin untuk kulit, agar sehat dan tetap terlihat awet muda?


Jenis vitamin untuk kulit yang Anda butuhkan setiap hari


Faktanya, ada banyak jenis vitamin yang dibutuhkan kulit untuk tetap sehat dan cerah. Berikut adalah jenis vitamin untuk kulit yang harus Anda penuhi setiap hari, yaitu:


1. Vitamin E


Vitamin E sudah sangat dikenal pamornya sebagai vitamin untuk kulit. Vitamin ini bisa diandalkan untuk:



  • Menyembuhkan kulit yang kasar dan kering

  • Menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembut

  • Mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV dari matahari

  • Menghilangkan bekas luka membandel

  • Mengatasi iritasi kulit


Kebutuhan harian vitamin E untuk orang dewasa menurut angka kecukupan gizi adalah sebesar 15 mg. Tak perlu repot kok. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari berbagai bahan makanan seperti bayam, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Vitamin E juga dapat Anda temukan di dalam berbagai produk perawatan kecantikan.


Jika memang Anda merasa kebutuhan vitamin E tidak tercukupi dengan makanan, Anda bisa mengonsumsi suplemen. Namun, konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda menggunakannya. Terlalu banyak vitamin E di dalam tubuh juga akan menyebabkan diare, perut kram, hingga sakit kepala.


2. Vitamin A


Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mungkin itu sebabnya banyak orang yang belum tahu kalau vitamin A juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Salah satu peran penting dari vitamin ini adalah untuk pemeliharaan dan perbaikan jaringan kulit.


Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa vitamin A punya banyak manfaat untuk kesehatan kulit seperti:



  • Mengurangi kerutan dan garis halus

  • Mengatasi bercak kusam pada wajah

  • Menghaluskan kulit

  • Membantu mengendalikan jerawat


Orang dewasa membutuhkan vitamin A sebanyak 600 mikrogram setiap harinya. Anda bisa mendapatkan asupan harian vitamin A melalui beragam jenis makanan, di antaranya ubi jalar, wortel, dan sayuran berdaun hijau tua. Biasanya, jenis vitamin untuk kulit ini juga terdapat pada berbagai jenis perawatan kecantikan, misalnya krim malam atau krim mata.


Hati-hati dengan penggunaan suplemen, karena kelebihan vitamin A di dalam tubuh juga tidak baik dan akan menimbulkan gejala seperti menurunnya nafsu makan, gangguan kesehatan tulang, mual dan muntah, hingga penglihatan kabur.


3. Vitamin B kompleks


Vitamin B kompleks terkandung dalam beragam jenis makanan, seperti oatmeal, beras, telur, dan pisang. Vitamin B kompleks mengandung biotin yang merupakan dasar pembentuk kuku, kulit, dan sel rambut. Kekurangan vitamin ini, dapat menyebabkan dermatitis dan rambut rontok.


Ada berbagai jenis vitamin B dan masing-masing vitamin dibutuhkan dalam jumlah yang berbeda, seperti:



  • Vitamin B1: 1-1,2 miligram

  • Vitamin B2: 1,3-1,6 miligram

  • Vitamin B3: 12-15 miligram

  • Vitamin B5: 5 miligram

  • Vitamin B6: 1,3-1,5 miligram

  • Vitamin B12: 2,4 mikrogram


Kebutuhan vitamin B kompleks juga tergantung dengan usia dan kondisi kesehatan masing-masing orang. Jadi, untuk mengetahui kebutuhan dari vitamin B yang Anda butuhkan, sebaiknya konsultasikan ke dokter.


Ada banyak krim perawatan kulit yang mengandung vitamin B kompleks. Biasanya, krim tersebut mudah diserap ke dalam sel kulit dan membuat kulit menjadi terlihat lebih bercahaya. Menggunakan krim yang mengandung vitamin B juga telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membuat warna kulit berseri.


Bila Anda memutuskan untuk menggunakan suplemen tambahan, maka lebih baik diskusikan dulu dengan dokter. Kelebihan vitamin B kompleks juga dapat menyebabkan keracunan dan berbagai gangguan fungsi tubuh.


4. Vitamin C


Jenis vitamin untuk kulit yang satu ini kerap kali disebut sebagai antioksidan. Ya, vitamin C tak hanya bisa bikin Anda kebal dari serangan penyakit infeksi, tapi juga baik bagi kesehatan kulit. Sebenarnya, vitamin ini terkandung di dalam kulit bagian luar dan dalam.


Beberapa manfaat vitamin C untuk kulit, yaitu:



  • Meningkatkan produksi kolagen, sehingga dapat mencegah penuaan dini

  • Mengurangi kerutan di wajah

  • Mencegah dan mengatasi kulit kering

  • Membantu menyamarkan noda hitam di kulit


Dalam satu hari, vitamin C yang harus didapatkan orang dewasa adalah sebanyak 90 miligram untuk laki-laki dan 75 miligram untuk wanita.


Vitamin C bisa ditemukan pada beragam jenis buah dan sayuran seperti, jeruk, paprika, kembang kol, dan sayuran hijau. Karena vitamin ini dapat melembapkan kulit, maka biasanya vitamin C juga dapat Anda temukan dalam produk pelembap.


Menggunakan suplemen atau suntik vitamin C juga dapat meningkatkan jumlah vitamin ini di dalam tubuh. Jika berlebihan, Anda akan mengalami gangguan seperti diare, mual, dan muntah.


5. Vitamin K


Vitamin K sering jadi salah satu komposisi dari krim steroid yang merupakan obat jerawat atau masalah kulit lainnya. Vitamin ini sendiri sudah terbukti dapat membantu atasi masalah kulit seperti:



  • Stretch mark

  • Bekas luka

  • Bintik hitam

  • Lingkaran hitam di bawah mata

  • Memar


Vitamin K yang dibutuhkan oleh orang dewasa dalam satu hari adalah 65 mikrogram untuk laki-laki dan 55 mikrogram untuk wanita.


Jadi, menggunakan lotion yang mengandung vitamin ini bisa membantu pudarkan perubahan warna pada kulit dan mengurangi keriput. Perkaya asupan vitamin K Anda dengan mengonsumsi beragam jenis makanan seperti sayuran hijau berdaun hijau tua, seperti bayam, brokoli, dan sawi.


Sementara itu, kelebihan vitamin K juga tidak baik. Pasalnya, efek samping dari terlalu banyak vitamin K adalah darah menjadi menggumpal. Jika Anda sedang mengonsumsi obat untuk mencegah penggumpalan darah, maka mengonsumsi vitamin K berlebihan bisa mengganggu pengobatan Anda.


Jangan kebanyakan minum suplemen vitamin


Sekali lagi, terlalu banyak mengonsumsi vitamin juga akan menyebabkan efek samping bagi tubuh Anda. Maka itu, pastikan jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui pasti kebutuhan harian serta suplemen apa yang cocok dan aman digunakan (bila ingin menggunakan suplemen tambahan).


0 Response to "5 Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...