Kanker Prostat, Mimpi Buruk Pria

Kanker prostat adalah perkembangan kanker dalam kelenjar prostat pada sistem reproduksi laki-laki. Pada tahun 2012, kanker prostat adalah kanker paling sering didiagnosis kedua dan merupakan 15% dari semua kanker laki-laki serta penyebab keenam utama kematian akibat kanker pada laki-laki di seluruh dunia. Bisa dibilang kanker prostat adalah mimpi buruk pria. 
 
Kanker prostat adalah jenis kanker yang berkembang dengan lambat, namun dapat tumbuh tidak terkontrol dan menyebar ke jaringan lain. Kanker prostat harus diwaspadai karena prostat berhubungan dengan beberapa bagian vital, sehingga kanker prostat dan penanganannya dapat mengganggu fungsi perkemihan, pencernaan, dan seksual.
Sampai saat ini penyebab dari kanker prostat belum diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker prostat, antara lain: 
 
- Usia di atas 65 tahun. Lebih dari 65% kejadian kanker prostat terdeteksi pada pria berusia di atas 65 tahun. 
 
- Faktor genetik. Seorang pria dengan anggota keluarga terdekatnya (ayah dan saudara laki-laki) terkena kanker prostat memiliki risiko terkena kanker prostat dua kali lebih besar daripada yang tidak. Mereka dengan dua kerabat tingkat pertama yang terkena kanker prostat memiliki risiko lima kali lipat lebih besar dibandingkan dengan laki-laki yang tidak memiliki riwayat keluarga.
 
- Ras. Kanker jenis ini lebih sering mempengaruhi orang-orang di Afrika Amerika di Amerika dan laki-laki Karibia . Di Amerika Serikat, ras Afrika memiliki risiko lebih tinggi dari jenis kanker, dibandingkan orang Asia maupun Hispanik.
 
- Diet dan gaya hidup. Diet tinggi lemak jenuh, daging merah, sedikit buah dan sedikit sayuran, rendah tomat, rendah ikan dan atau rendah kedelai meningkatkan risiko terkena kanker prostat. Diet tinggi kalsium juga berhubungan dengan peningkatan risiko kanker prostat. Hubungan kanker prostat dengan obesitas masih kontroversial, namun obesitas berhubungan dengan tingginya grading kanker prostat.
 
Gejala kanker prostat
Pada tahap awal kanker prostat biasanya tidak memiliki gejala. Kemudian pada tahap berikutnya gejala yang dapat muncul :
 
- Sering buang air kecil, terutama pada malam hari
- Kesulitan memulai atau menghentikan buang air kecil
- Aliran kencing lemah atau terputus
- Nyeri atau sensasi terbakar pada saat kencing atau ejakulasi
- Darah dalam urin atau air mani.
- Kanker stadium lanjut dapat menyebabkan rasa sakit yang dalam di punggung bawah, pinggul, atau paha atas.
 
Kanker prostat stadium awal hamper selalu tanpa gejala. Untuk itu dianjurkan pemeriksaan Prostate-specific antigen (PSA) pada pria usia 50 tahun, sedangkan yang mempunyai riwayat keluarga dianjurkan untuk pemeriksaan PSA lebih awal yaitu 40 tahun. 
 
Pemeriksaan utama dalam menegakkan Kanker prostat adalah anamnesis perjalanan penyakit, pemeriksaan colok dubur, PSA serum serta ultrasonografi transrektal/ trans abdominal. Diagnosis pasti didapatkan dari hasil biopsy prostatat auspesimen operasi berupa adenokarsinoma. Selain itu pemeriksaan histopatologis akan menentukan derajat dan penyebaran tumor.
 
Penangangan kanker prostat di tentukan berdasarkan penyakitnya apakah kanker prostat tersebut terlokalisasi, penyakit kekambuhan atau sudah mengalami metastase/penyebaran kanker ke orgam lain. Selain itu juga perlu diperhatikan faktor-faktor prognostic seperti factor usia, volume tumor, grading dan lain-lain untuk melakukan terapi kanker prostat.
Pencegahan kanker prostat.
 
Pencegahan kanker adalah tindakan yang diambil untuk menurunkan kemungkinan terkena kanker. Dengan mencegah kanker, jumlah kasus baru kanker dalam kelompok atau populasi dapat diturunkan. 
 
Beberapa faktor risiko kanker bisa dihindari, namun banyak yang tidak bisa. Misalnya, merokok dan mewarisi gen tertentu merupakan faktor risiko untuk beberapa jenis kanker, tetapi hanya merokok dapat dihindari. Olahraga teratur dan diet yang sehat dapat menjadi faktor protektif untuk beberapa jenis kanker. Menghindari faktor risiko dan meningkatkan faktor protektif dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker prostat. (dr.Jezy Reisya Pranasari)
 
 
 
 

0 Response to "Kanker Prostat, Mimpi Buruk Pria"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...